Sponsors Link

Antibiotik Untuk Kucing Luka Yang Dapat Membantu Proses Penyembuhan

Sponsors Link

Berbagai macam permasalahan kesehatan pada tubuh kucing dapat terjadi baik yang berbahaya mapun yang tidak menimbulkan resiko buruk bagi kucing. Salah satu bentuk permasalahan yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kucing karena adanya resiko menganggu kesehatan tubuh kucing adalah adanya luka pada sekujur tubuh kucing. luka pada sekujur tubuh kucing tersebut dapat terjadi akibat akivitas kucing diluar rumah atau karena bertarung dengan kucing lain.

ads

Luka yang muncul pada tubuh kucing tidak boleh diangap sepele dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengobatan. Luka pada tubuh kucing dapat memicu terjadinya infeksi sebagai sumber permasalahan kesehatan lebih besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang lebih besar dan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh kucing adalah dengan menggunakan antibioti. Beirkut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat antibiotik untuk kucing luka dan beberapa jenisnya. (Baca juga : cara mengobati luka pada kucing)

  1. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan antbiotik penisilin yang memang biasa digunakan untuk mengatasi luka. Amoxicillin dikenal sebagai salah satu obat antibiotik yang banyak digunakan oleh para pecinta kucing untuk menghindari terjadinya infeksi pada luka terbuka akibat sebab tertentu. Penggunaan amoxicillin memang terkadang tanda harus menggunakan resep dokter dan sudah biasa digunakan oleh para pecinta kucing dalam mempercepat penyembuhan luka terbuka meskipun terkadang secara medis pemberian amoxicillin tersebut tidak dibenarkan (Baca juga : cara menyembuhkan luka pada anak kucing)

  1. Tetrasiklin

Selain amoxicillin, antibiotik lain yang juga sering digunakan dalam pengobatan luka pada kucing adalah tetrasiklin. Tetrasiklin dapat digunakan sebagai antibiotik yang dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Penggunaan tetrasiklin sebagai antibiotika luka tersebut biasanya digunakan langsung dengan menaburnya pada luka kucing. Penaburan pada luka terbuka secara langsung tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rasa sakit pada kucing dan memang bukan merupakan cara yang tepat dalam pemakaian jenis antibitotik tersebut. (Baca juga : cara mengatasi luka bakar pada kucing)

  1. Gentamicin

Jenis antibiotik lain yang juga dapat digunakan dalam pengobatan luka adalah gentamicin. Agar penggunaannya benar, gentamincin yang dipilih sebaiknya dalam bentuk sediaan salep. Salep gentamicin secara indikasi digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri disekitar kulit. Penggunaan antibiotik untuk kucing luka tersebut memang lebih jarang dibandingkan dengan dua antibiotik sebelumnya. (Baca juga : cara agar luka kucing cepat sembuh)

  1. Erythromicin

Erythromicin juga dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan luka bagi kucing dan bertindak sebagai antibiotika. Bentuk sediaan salep juga tersedia untuk golongan antibiotika yang digunakan khusus terutama pada mereka yang memiliki riwayat alergi pada turunan penisilin.

Itulah beberapa jenis antibiotik untuk kucing luka yang sering digunakan dalam mempercepat penyembuhan dan menghindari terjadinya infeksi pada luka tersebut. Selain antibiotik, beberapa obat yang juga digunakan dalam penyembuhan luka diantaranya seperti :

  • Obat merah antiseptik, merupakan obat yang penting dalam menghindari terjadinya infeksi awal dan membersihkan bekas luka. (Baca juga : cara mengobati bengkak pada kaki kucing)
  • Cairan normal salin, digunakan sebagai cairan steril yang dapat membantu membersihkan luka terbuka yang dimiliki oleh kucing.

Penggunaan antibiotik pada kucing memang mungkin sudah menjadi sebagai sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para pecinta kucing namun sebaiknya dihindari mengingat adanya resiko resistensi dan efek samping yang dimiliki oleh antibiotik.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Tuesday 16th, October 2018 / 09:06 Oleh :
Kategori : Kucing