Sponsors Link

8 Cara Budidaya Ikan Cupang Koi Mudah Bagi Pemula

Sponsors Link

Budidaya ikan cupang koi sangat mudah dengan menyediakan tempat yang terpisah untuk pemijahan dan perkawinan. Ikan cupang sudah banyak dikenal terutama sebagai ikan yang sukai oleh anak – anak. Ikan cupang koi memiliki daya tarik keindahan pada ekor dan tubuhnya.

ads

Warna dan corak pada ikan koi sangat cantik dan menarik. Hal ini menjadikan ikan cupang koi kini banyak digunakan sebagai penghias rumah. Hal yang harus diperhatikan saat memelihara ikan cupang koi harus dilakukan didalam satu wadah. Begitu juga dengan  Budidaya Ikan Cupang Aduan.

Satu individu hanya dapat ditempatkan dalam satu wadah. Hal tersebut terjadi karena ikan cupang koi cenderung beradu atau bertengkar jika berada di dalam satu wadah. Pertengkaran biasanya terjadi pada ikan dengan jenis kelamin yang sama. Ikan cupang adu dan ikan cupang hias memang memiliki spesifikasi yang berbeda. Namun keduanya memiliki naluri beradu yang hampir sama. Berikut adalah cara budidaya ikan cupang koi yang mudah untuk dilakukan seperti cara budidaya ikan guppy.

1. Pemilihan Bibit

Budidaya ikan cupang koi yang pertama dengan melakukan pemilihan bibit. Ikan cupang koi sangat mudah ditemukan di tempat para penjualan ikan hias. Bibit yang baik dapat dilihat dari kesempurnaan warna dan tubuh ikan. Ikan juga cukup aktif dan cukup agresif. Sikap yang agresif merupakan sikap alami dari ikan cupang. Umur ikan cupang koi dapat dikonsultasikan kepada penjual.

Peternak pemula juga dapat membeli bibit pada pembudidaya yang telah berpengalaman. Pengambil banyak ilmu dari peternak berpengalaman akan sangat bermanfaat untuk pemula. Pengembangan dan pertumbuhan ikan cupang koi cukup bergantung pada bibit. Bibit ysng berasal dari lokasi dengan kondisi alam yang mirip akan mempermudah masa adaptasi sehingga mudah menerapkan cara merawat ikan hias dalam toples.

2. Pemilihan Tempat Ikan

Budidaya ikan cupang koi harus memperhatikan tempat dari pemeliharaan pada cara budidaya ikan air tawar. Tempat ikan koi pembesaran akan berbeda dengan pemijahan dan juga perkawinan. Pada pembesaran, ikan koi cupang memiliki hasrat adu sehingga dapat merusak bagian tubuh ikan yang lain. Hal ini harus dipahami oleh para peternak. Berbeda dengan peternak pada ikan lain yang membutuhkan tempat cukup besar.

Pada ikan cupang koi yang mendewasa membutuhkan tempat meyendiri. Jadi tempat yang disediakan sebaiknya tempat yang ukuran kecil namun memiliki jumlah yang banyak. Saat menyendiri kondisi ekor dan tubuh akan lebih terjga karena terhindar dari insting adu yang beresiko untuk merusak bagian tubuhnya. Jika bagian tubuh rusak, maka yang akan terjadi menurunnya harga jual ikan.

3. Pemasangan Peralatan

Budidaya ikan cupang koi dengan memasang peralatan yang dibutuhkan berbeda dengan budidaya ikan bawal di kolam terpal. Ikan cupang koi memiliki kelebihan untuk bertahan pada kondisi air yang berada di dalam wadah minim oksigen. Jika menggunakan aerator sebagai aerasi akan membantu metabolisme pada tubuh ikan menjadi maksimal. Jika tidak menggunakan aerator untuk aerasi maka ikan masih dapat bertahan. Hal itu yang menjadi alasan ikan ini banyak disenangi oleh anak – anak.

Ikan lain yang juga dapat bertahan hidup saat dalam keadaan oksigen sedikit adalah ikan koi, ikan guppy dan lain – lain. Ikan cupang sehingga dapat dimasukan ke dalam toples – toples lucu yang berguna menghiasi rumah. Warna dari ikan cupang hias yang beragam akan menambah elok ruangan – ruangan anda.

Sponsors Link

4. Pemberian Makan

Budidaya ikan cupang koi adalah dengan memberikan makan pada ikan cupang koi. Ikan ini pada umumnya makan cacing kering yang telah dikemas menjadi dadu berbeda dengan budidaya ikan nila di drum plastik. Cacing itu bisa dengan mudah dibeli dari berbagai toko yang menjual perlengkapan hewan peliharaan. Ika juga dapat diberi makanberpa pelet ikan.

Makanan untuk ikan cupang sangat simpel dan mudah untuk didapat. Porsi makan ikan cupang koi juga tidak terlalu rakus. Kita bisa memberi makan secukupnya. Jangan terlalu banyak karena rentan membuat air menjadi keruh. Air yang keruh akan berakibat pada ikan yang mudah terserang penyakit. Pemelihara juga akan menjadi sering menguras air.

5. Pemberian Obat

ads
Pemberian obat berupa methylen blue mungkin sering di tampak digunakan oleh para pemelihara ikan cupang. Hal ini juga sangat bermanfaat untuk ikan cupang koi. Ikan cupang koi akan menjadi terhindar dari berbagai parasit, bakteri, dan jamur. Parasit dapat hidup di sisik ikan.

Jika parasit tidak dihindari dan disembuhkan maka yang akan terjadi adalah ikan cupang koi nutrisi dalam tubuh berebut atau terhisap oleh parasit tersebut. Ikan akan menjadi lemah dan kemudian akan beresiko untuk mengalami kematian.

Ada banyak jenis obat yang dapat menjadi alternatif sebagai pencegahan dan pengobatan. Hal ini dilakukan tidak dengan berlebihan karena dapat meracuni ikan. Pemberian obat ini juga sangat sederhana hanya dengan menuangkan pada bagian air.

6. Pemanenan Ikan Cupang Koi

Ikan dengan umur remaja hingga dewasa sudah dapat dijual kepada peminat atau dijual ke toko hewan peliharaan. Harga yang akan ditawarkan disesuaikan dengan ukuran dan keindahan dari ikan cupang koi. Warna dan corak serta keindahan dai ekor cupang koi yang akan menjadi perbandingan untuk harga ikan tersebut. Budidaya ikan ccupang koi dinilai cukup menguntungkan.

Harga jual ikan cupang koi memang tidak semahal ikan jenis lain, namun peminat ikan koi yang banyak sehingga jumlah ikan cupang koi berpeluang besar saat dijual. Keuntungan dari penjualan yang banyak akan menjadi besar jika dijumlahkan. Saat ini peluang .pasar masih terbuka dengan lebar. Jadi jika berminat untuk membudidayakan dapat dilakukan dengan mudah dan peralatan yang tersimpan di rumah.

7. Pemilihan Induk Cupang Koi

Pemilihan induk ikan koi dilakukan berdasarkana warna, ukuran, dan keindahan ekor. Hal itu yang menjadi daya tarik ikan koi. Tempat pada perkawinan harus dibuat dengan khusus agar tidak terganggu. Induk jantan pada umumnya memiliki ekor yang lebih menarik dan warna mencolok untuk menarik perhatian betina. Pada betina umumnya memiliki ekor yang lebih sederhana. Peternak dapat berkreasi corak dan warna sesuai dengan induk yang dimilikinya.

8. Pemijahan Ikan Cupang Koi

Tak ubahnya dengan  Budidaya Ikan Bawal , Saat pemijahan sebaiknya induk dipisahkan kembali. Ikan cupang yang mulai bertelur ditempatkan pada wadah semula. Hal ini agar tidak adanya gangguan pada perkembangan dan pertumbuhan telur. Telur ikan cupang koi yang banyak tidak akan tumbuh dengan normal semuanya. Hal ini dapat dipisahkan oleh peternak.

Berikut ini terdapat langkah langkah pemijahan ikan cupang koi dalam bentuk video yang memudahkan anda melakukan pemijahan.

Demikian penjelasan terkait apa saja cara atau langkah – langkah budidaya ikan cupang koi bagi pemula agar menghasilkan. Semoga dengan adanya artikel ini membantu Anda dalam melakukan budidaya cupang.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 06th, December 2017 / 08:51 Oleh :
Kategori : Ikan