Sponsors Link

5 Cara Agar Anjing Tidak Takut

Sponsors Link

Dalam proses memilihara seekor hewan peliharaan tentu pemilik harus memahami beberapa cara yang benar agar hewan dapat dipelihara dengan baik. Salah satu hal yang mungkin perlu dipelajar setiap pemilik hewan peliharaan seperti anjing adalah cara membuatnya dapat beradaptasi dengan baik terhadap kondisi lingkungan barunya terutama jika anjing yang dipelihara tersebut masih memiliki usia muda. Anjing dengan usia muda tentu akan mudah merasakan takut ketika masuk ke lingkungan baru. Berikut ini beberapa cara agar anjing tidak takut sehingga dapat beradaptasi dengan cepat dalam uraian penjelasan dibawah ini.

ads
  1. Bersikap tenang

Anjing merupakan suatu hewab yang belajar sesuatu dengan meniru dari anjing lain atau ketika sudah ada manusia yang memilikinya maka ia juga akan meniru apa yang dilakukan pemiliknya. Untuk mengatasi anjing yang penakut maka hal yang harus dilakukan oleh pemilik adalah bersikap dengan tenang sehingga seoalah olah mengajarkan anjing agar juga dapat bersikap tenang dan tidak ketakutan. Cara agar anjing tidak takut tersebut merupakan langkah awal yang harus dilakukan. (Baca juga : tips memelihara anjing untuk pemula)

  1. Jauhkan dari penyebab ketakutan

Langkah selanjutnya tentu jelas yakni pastinya setiap anjing yang mengalami ketakutan dikarenakan kondisi tertentu yang diantaranya seperti adaptasi lingkungan baru, adanya suara keras di sekitar anjing seperti suara petir dan rintik hujan. Dengan memahami penyebab dari munculnya rasa takut tersebut pemilik dapat setidaknya menjauhkan anjing dari pemicu rasa takut terlebih dahulu dan kemudian menenangkannya. Selagi anjing masih takut dengan pemicu ketakutan tersebut maka sebaiknya hindarkan anjing dari penyebab ketakutan itu.  (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)

  1. Minimalisir kecemasan

Beberapa penyebab ketakutan pada anjing sering kali tidak dapat dijauhkan dari anjing. Jika kondisi tersebut terjadi maka pemilik anjing dapat meminimalisir kecemasan yang dirasakan oleh anjing dengan beberapa cara seperti menutup pintu dan gorden yang mengarah keluar, mendengarkan anjing musik, dan mengajaknya bermain agar setidaknya lupa dengan hal yang membuatnya takut.  (Baca juga : cara mengatasi hidung tersumbat pada anjing)

  1. Alihkan perhatian anjing

Hal selanjutnya yang dapat menjadi cara agar anjing tidak takut adalah dengan mengalihkan perhatian anjing ke hal hal yang lebih positif dan merupakan kesukaannya. Mengalihkan perhatian anjing memang mungkin perlu usaha karena tidak semua anjing mudah mengalihkan fokusnya pada hal lain. Cara mengalihkan anjing yang sering dilakukan adalah dengan memberikan hal menyenagkan pada anjing dan mengajak anjing bermain.  (Baca juga : cara mengatasi anjing keracunan)

  1. Elus elus bulu anjing

Hal yang juga harus dilakukan para pemilik anjing ketika kondisi anjing mengalami rasa takut adalah dengan menemaninya setiap waktu sampai anjing dapat tenang kembali. Selama menemani anjing tersebut, pemilik anjing dapat memberikan stimulus agar anjing merasa tenang. Salah satu bentuk stimulus yang dapat diberikan kepada anjing agar merasa tenang diantaranya seperti menyuapi anjing dengan makanan kesukaannya, mengelus elus anjing secara halus dan penuh kasih sayang , serta beberapa cara lainnya.  (Baca juga : cara menjinakkan anak anjing)

Itulah beberapa cara agar anjing tidak takut yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik anjing. Mengatasi masalah ketakutan pada anjing dapat menghindarkannya dari kondisi liar yang tidak dapat diatur sehingga dapat membahayakan kondisi anjing maupun manusia disekitarnya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 07th, October 2018 / 03:23 Oleh :
Kategori : Anjing