Sponsors Link

8 Cara Agar Ikan Koi Mau Makan

Sponsors Link

Banyak sekali jenis ikan hias yang terjual di pasaran mulai dari ikan hias discus, ikan mas koki, sampai dengan ikan cantik si koi yang mempunyai corak khas berbeda dari kebanyakan ikan lain.

ads

Koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinuscarpio yang cukup populer.

Ikan ini merupakan hewan peliharaan cantik yang banyak di sukai orang dan sering di jumpai di beberapa tempat elit khususnya. Selain indah di pandang, ikan koi juga menjadi salah satu ikan yang bisa di kompetisikan.

Menariknya, berdasarkan kepercayaan masyarakat Jepang, ikan koi mampu menjadi simbol persahabatan dan simbol cinta. Oleh karenanya tak heran apabila ikan koi ini juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh sampai dengan corak warna yang dimilikinya.

Memelihara ikan koi adalah hal yang bisa di bilang gampang namun juga susah dan sebaliknya, susah namun gampang.

Adalah mudah jika anda menerapkan cara yang benar untuk perawatannya. Sedangkan menjadi sulit jika anda sendiri masih mencari tahu bagaimana cara agar Ikan Koi mau makan.

Banyak cara untuk membuat ikan koi mau makan, adapun faktor yang membuat ikan tersebut sulit makan adalah seperti stress, sakit, sampai dengan rasa tidak nyaman. Berikut ini adalah cara agar Ikan Koi mau makan:

  1. Membersihkan Kolam atau Aquarium

Bersihkan tempat habitat ikan koi, baik kolam atau di aquarium. Lingkungan tempat yang bersih akan senantiasa membuatnya nyaman dan tenang. Dengan begitu para koi bisa menikmati makanan yang telah anda berikan. (Baca Juga: Pengobatan Penyakit Pada Ikan Koi)

  1. Pemilihan Makanan yang Tepat

Mengapa ikan koi tidak mau makan? Bisa jadi pakan yang anda berikan tidak sesuai dengan kesukaan mereka.

Lebih tepatnya bukan kesukaan koi, namun pakan yang seharusnya di berikan. Adapun pakan yang baik untuk ikan koi berupa pelet yang bisa anda beli di kedai pakan ikan. Pilihlah pelet yang menggunakan bahan dasar dari sayuran, sampai dengan buah-buahan.

Sponsors Link

  1. Kualitas Air

Memperhatikan kualitas air juga menjadi salah satu tips terpenting supaya Ikan Koi mau makan. Agar ikan koi anda bisa tumbuh dengan baik, kualitas air kolam sendiri juga harus selalu dijaga. Pertumbuhan ikan koi akan berjalan dengan sangat lambat lantaran kualitas air kolam atau aquarium yang kurang baik.

Oleh sebab itu lebih baik pastikan terlebih dahulu jika airnya selalu di ganti atau di kuras setidaknya satu kali dalam seminggu. Akan tetapi jika belum 1 minggu dan air sudah berubah warna menjadi keruh, maka hal ini tetap harus anda ganti.

Jika air kotor tidak segera bersihkan (dikuras), maka ikan koi yang ada di kolam atau aquarium akan semakin lemas. Akibatnya mereka tidak mau makan dan seperti sedang sakit.

Tingkat keasaman juga harus di perhitungkan, yakni untuk tingkat idealnya adalah 7.0 sampai dengan 8.0 dan ikan koi tidak akan bisa bertahan hidup apabila PH air berada dibawah 5.0 atau diatas 10.0. (Baca Juga: Cara Mengatasi Ikan Koi yang Stress)

  1. Perhatian Vitamin

Selain pakan, anda juga harus memperhatikan asupan vitamin yang akan di berikan pada ikan koi. Jangan karena sudah memberikan pakan maka anda mengabaikan vitamin untuk koi.

Pemberian nutrisi seperti vitamin tetap harus berlangsung secara teratur, karena tujuan pemberian vitamin sendiri adalah untuk membuat koi mempunyai nafsu makan cukup tinggi. Sehingga hal itu mempercepat proses perkembangan serta pertumbuhan mereka.

Sebagai informasi, koi merupakan jenis hewan omnivora yang membutuhkan banyak jenis makanan seperti selada, ganggang, ulat, udang kecil dan sebagainya.

Jadwal pemberian pakan bisa dilakukan 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari, namun ikan koi akan makan lebih sedikit ketika cuaca berubah menjadi lebih dingin.

Makanan koi yang mengandung cukup nutrisi bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran, cacing, roti dan beberapa jenis buah-buahan tertentu.

  1. Kenyamanan Ikan Koi

Salah satu yang membuat ikan koi tidak mau makan karena stres. Adapum stres bisa di picu oleh tindak manusia sendiri seperti sering di pegang, mengobok-ngobok air, membawa dalam perjalanan jauh dan sebagainya.

Nah, sebaiknya jika tidak perlu-perlu amat jangan membuat ikan koi kurang kenyamanan. Biarkan mereka bergerak sesuka hari di lingkungannya, jangan sering di pegang atau di ganggu. (Baca Juga: Penyakit Pada Ikan Koi)

  1. Kapasitas Air

Cara lain untuk membuat koi nyaman dan nafsu makan bertambah adalah dengan memperhatikan kapasitas air. Tergantung seberapa besar ukuran kolam anda, jika memang besar sekali san muat untuk menampung koi dalam jumlah besar tidak masalah.

Namun pastikan airnya berisi cukup banyak. Keadaan dimana kolam lebih kecil dari banyaknya ikan koi dan di tambah kapasitas air yang sedikit akan membuat ikan sesak dan tidak mau makan. Alhasil ujung-ujungnya mati.

Sponsors Link

  1. Pemasangan Filter

Agar mendapatkan kualitas air terbaik, maka anda perlu menambah filter pada kolam ikan atau aquarium. Seperti yang di sebutkan, bahwa keadaan air kolam yang keruh bisa membuat ikan tak nyaman. Hal ini juga terjadi karena beberapa faktor seperti sisa makanan, lumut, kotoran ikan, alga sampai dengan dedaunan yang masuk ke dalam kolam.

Keadaan air kolam yang seperti ini akan membuat kadar oksigen air berkurang dan menyebabkan koi rebutan oksigen. Kotoran bisa menyebabkan amonia yang akan membahayakan bagi koi. Cara terbaik untuk memberantasnya adalah dengan memberikan filter. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah)

  1. Antibiotik

Tambahan lain sebagai cara untuk membuat ikan koi bisa makan adalah dengan memberikan antibiotik. Ini untuk memberikan kekebalan tubuh koi dan menjaga kesehatannya, sehingga ikan koi bisa mempunyai nafsu makan baik.

Demikian cara agar Ikan Koi mau makan banyak yang bisa Anda terapkan untuk membuat ikan kesayangan Anda lebih sehat dan cepat mengalami pertumbuhan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 28th, August 2018 / 07:41 Oleh :
Kategori : Ikan