Sponsors Link

12 Cara Agar Kucing tidak Berak Sembarangan

Sponsors Link

ads

Memiliki kucing yang sudah terbiasa tinggal di dalam rumah sejak kecil dan terbiasa buang kotoran atau berak di kotak pasir yang telah disediakan mungkin suatu hal yang biasa sebab sudah memiliki

kebiasaan baik yang akan terus dilakukan hingga kucing tersebut dewasa. Namun jika sobat memelihara kucing baru yang belum memiliki kebiasaan baik tersebut,

tentu menjadi perhatian tersendiri bagi sobat dan melatihnya untuk bisa buang kotoran di tempatnya agar tidak menimbulkan penyakit pada kucing itu sendiri dan pada makhluk hidup atau lingkungan di sekitarnya,

nah sobat, untuk bisa melakukannya dapat diterapkan langkah berikut, Cara Agar Kucing tidak Berak Sembarangan.

1. Siapkan Kotak Pasir di Tempat yang Tenang

Salah satu trik cara melatih kucing peliharaan atau cara untuk kucing tidak berak sembarangan yang efektif ialah menaruh kotak kotoran yang mudah dijangkau kucing, tidak ramai dan kalau bisa bebas dari aktifitas hewan ataupun manusia. (Baca juga mengenai cara mengobati kucing pipis terus)

Pastikan kotak tersebut ditaruh dimana kucing peliharaan lebih sering menghabiskan waktunya, misalnya di kandang, ataupun ruangan khusus si kucing peliharaan. Ini dilakukan supaya kucing bisa melihat kotaknya terus dan jika kucing berak akan berak di tempat tersebut. Selain itu pikirkan juga bahwa kucing hidup butuh privasi, khususnya kucing peliharaan.  (Baca juga mengenai cara mengobati kucing pincang)

Saat cara untuk kucing tidak berak sembarangan ia pasti lebih suka sembunyi sembunyi entah di kolong, di balik sofa, sudut sudut yang jarang terlihat dsb. Jika sobat baru mulai melatih si kucing peliharaan tetapi harus memindahkan kotak kotoran, lakukan secara perlahan, beberapa meter setiap harinya.  (Baca juga mengenai cara mengobati kucing keracunan racun tikus)

Memindahkan kotak ke ruangan berbeda keesokan harinya bisa membingungkan si kucing peliharaan dan menyulitkan cara untuk kucing tidak berak sembarangan. Sobat bisa menaruh mangkuk makanannya di tempat kotak tersebut dahulu berada karena kebanyakan kucing peliharaan keberatan berak di dekat tempat mereka makan.  (Baca juga mengenai cara mengobati kucing belekan)

2. Taruh Kucing Peliharaan di Kotak Pasir

Ada proses dimana sobat harus mencoba untuk menaruh si kucing peliharaan ke Kotak pasir supaya kucing terbiasa dengan aroma di dalamnya. Walau bukan saatnya menggunakan untuk berak, tetap biarkan kucing menghabiskan beberapa menitnya di sana. Pastikan untuk menaruhnya dengan sering setelah kucing makan, bangun tidur atau waktu lainnya dimana kucing biasanya berak.  (Baca juga mengenai cara mengawinkan kucing yang baru kenal)

Kalau kucing udah berjongkok di suatu tempat yang merupakan tanda tanda dia ingin berak, pindahkan kucing segera ke Kotak pasir. Hal tersebut tentunya untuk membiasakan si kucing peliharaan agar melakukan cara untuk kucing tidak berak sembarangan melainkan berak di Kotak pasir.

Sponsors Link

3. Beri Kucing Kasih Sayang

Salah satu tips yang manjur dalam cara melatih kucing peliharaan mau menggunakan Kotak pasir, berikan ia kasih sayang atau pujian berupa mengelus elus kepalanya. Jangan sesekali sobat memarahinnya ya, bukannya patuh malah bisa bisa kucing akan takut. Kucing berak sembarangan bukan karena sengaja, namun karena memang dia belum tahu caranya yang benar sehingga tugas sobat untuk melatihnya.

4. Jika Memiliki Kucing Lebih dari Satu

Misalnya sobat punya seekor kucing peliharaan dan 2 kotak kotoran, terus sobat nambah 1 lagi kucing peliharaannya, tambahkan satu lagi tidak masalah agar kucing terbiasa menggunakan kotak pasirnya sendiri sendiri dan tidak berak sembarangan.

ads

5. Jangan Biarkan Sering Keluar Rumah

Lakukan maksimal 1 minggu saja ya sobat, sebab jika kelamaan kucing bisa stres, ini untuk mempercepat proses adaptasinya saja agar tidak berak sembarangan. Pisahkan tempat tidur, kotak kotoran dan kotak tempat makanan di sudut yang berbeda. Dan pastikan jangan ada karpet di ruangan tersebut, takutnya kucing malah berak di karpet.

6. Bersihkan Pasir di Kotak Kotoran Setiap Hari

Ini adalah penting karena kebanyakan kucing peliharaan tidak suka berak sembarangan di tempat yang kotor. Jadi sehari sekali sobat pastikan membersihkan Kotak pasirnya dan emngganti dengan pasri yang baru.

7. Bersihkan seluruh kotak kotoran dengan rutin

Sobat harus membersihkan kotakpasir kotoran secara menyeluruh seminggu sekali. Buang kotorannya dan bersihkan, kalau kotaknya kosong langsung cuci dengan pembersih yang tidak bahaya (pakai sabun mandi), bilas dan keringkan lalu ganti dengan pasir baru yang bersih.

8. Jangan Letakkan Pot Tanaman yang Besar di Dalam Rumah

Pot tanaman/ vas yang besar biasanya sering digunakan kucing peliharaan untuk berak sembarangan atau untuk pipis. Nah untuk mencegahnya cobalah sobat untuk menyingkirkannya dari jangkauan kucing peliharaan.

9. Memberi Makanan yang Terjadwal

Cara ini bagus untuk memprediksi kapan kucing akan menggunakan kotak kotoran. Untuk si kucing peliharaan biasanya memerlukan 20 menit setelah makan untuk berak. Nah kalau sudah sekitar waktu segitu, segera bawa kucing peliharaan sobat mendekat ke kotak kotoran.

10. Gunakan Produk Pasir yang Berbeda

Cobalah berbagai produk pasir untuk mencari tahu kesukaan kucing peliharaan sobat yang mana. Terus amati juga apakah si kucing peliharaan lebih suka pasir yang biasa aja atau suka yang wangi. Kalau dirasa harus mengganti jenis pasir, coba ganti secara perlahan dari satu pasir ke pasir lain dengan mencampurkan pasir baru dengan yang lama dan secara perlahan dengan menambah jumlah pasir “baru” dalam periode sekitar dua minggu.

11. Perhatikan Tingkah Laku Kucing

Jangan lupa perhatikan tingkah laku si kucing peliharaan kalau sudah kebelet berak, seperti mengeong, menggaruk sesuatu atau mulai mengendus endus lantai atau karpet yang merupakan pertanda si kucing peliharaan sudah tidak tahan untuk menahan berak. Kalau sudah seperti itu langsung saja bawa kucing peliharaan sobat ke Kotak pasir.

Sponsors Link

12. Jaga Kesehatan

Jangan lupa jaga eksehatan kucing peliharaan sobat dengan makanan dan minuman yang bersih serta bergizi sebab jika kucing memiliki tubuh yang sehat maka akan memiliki kebiasaan berak yang tepat pada waktunya sesuai jam makan yang sobat berikan sehingga kucing tidak berak sembarangan karena sudah memahami kapan waktunya untuk buang kotoran.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam perawatan kucing sobat sehari hari, jaga dan terus sayangi kucing peliharaan sobat agar selalu sehat dan bahagia. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 23:57 Oleh :
Kategori : Kucing