Sponsors Link

8 Cara Agar Warna Ikan Discus Keluar Lebih Indah

Sponsors Link

Mempunyai ikan cantik sangatlah menyenangkan, karena kita bisa menaruhnya dalam aquarium ataupun lokasi wadah cantik lain seperti botol dan sebagainya.

ads

Inilah yang di sebut dengan ikan hias, mempunyai ciri khas berbeda pada ikan biasa. Banyak sekali jenis ikan hias yang bisa di bahas, namun hal itu akan sangat panjang.

Namun salah satu jenis ikan hias yang cukup populer adalah discus. Seperti apa jenis ikan ini bisa anda simak seperti berikut.

Ikan Discus adalah jenis ikan hias versi akuarium air tawar yang mempunyai harga cukup mahal. Akan tetapi nilai harga yang di tawarkan cukup sebanding dengan keindahan coraknya. Selain warna, bentuk tubuhnya juga sangat indah dan juga cara berenangnya.

Ini yang membuat ikan discus banyak di sukai orang. Bahkan ikan ini mempunyai nama ilmiah yakni Symphysodon Discus. Bicara lebih jauh lagi, jenis ini termasuk kedalam spesies ikan Cichlid.

Dilihat dari habitat aslinya, discus juga senang dengan sungai yang memiliki arus airnya tenang dan tidak terlalu deras.

Adapun habitat aslinya seperti di sungai Amazon yang merupakan tempatnya, dimana populasinya sangat senang sekali berada diantara ranting-ranting, daun-daun sampai dengan akar pohon guna menghindari serangan dari ikan predator. Cara tersebut memang mereka gunakan untuk melindungi diri mereka.

Hal unik dari penjualan ikan discus yakni di lihat dari coraknya. Seperti apa gradasi warna dan kontrasnya sangat menentukan harga dari ikan discus itu sendiri. Apabila warna yang dimiliki semakin cerah dan corak batiknya semakin rumit, maka dapat dipastikan harga dari ikan discus tersebut justru semakin mahal sekali.

Biasanya untuk harga per bibit ikan diskus berkisar antara Rp5.000,00 – Rp20.000,00 per ekor. Serta untuk harga ikan hias discus yang sudah dewasa bisa mencapai Rp200.000,00 – Rp5.000.000,00 per ekor atau bahkan lebih. Bisa di bayangkan? (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Nila 3 Bulan Panen)

Sebelum menyimak tentang bagaimana cara agar warna Ikan Discus keluar, akan lebih baik bagi anda mengetahui asal dari ikan ini beserta dengan ciri-cirinya.

Bahwa perlu anda ketahui jika semua ikan diskus berasal dari Amerika Selatan, lebih tepatnya yakni di sungai Sungai Amazon.

Akan tetapi, sekarang ini telah disepakati oleh para peneliti jika Symphysodon Discus telah dapat ditemukan dalam tiga jenis saluran air Amazon meliputi air putih Amazon Upper, air hitam Rio Negro, dan air jelas dari Amazon Bawah.

Bagi Sebagian masyarakat, keberadaan ikan ini telah familiar. Artinya bukan lagi menjadi spesies ikan asing. Namun soal harga dan kecantikan coraknya tetap menggoda.

Bagaimana cara agar warna Ikan Discus muncul akan di sampaikan di bawah ini sembari mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Memiliki penampilan yang bisa dikenali oleh kasat mata.
  • Bentuk ikan pipih mirip seperti cakram atau kaset CD dan memiliki corak warna seperti batik
  • Mata dan mulutnya cukup kecil, mempunyai warna mata merah sehingga terlihat lebih sangar

Cara Agar Warna Ikan Discus Keluar

  1. Pembersihan Aquarium atau Kolam

Tergantung dimana anda menempatkan discus, baik kolam ikan buatan atau aquarium tetap harus di bersihkan. Agar warna ikan bisa keluar terang, sebaiknya pastikan kondisi habitatnya saat itu tidak ada kotoran sedikitpun. (Baca Juga: Budidaya Ikan Patin di Kolam Tembok)

Sponsors Link

  1. Alat Penunjang

Anda juga harus memperhatikan alat penunjang ikan. Adapun misalnya adalah seperti penghangat atau di sebut dengan heater. Karena ini sangat di perlukan saat kondisi temperatur air tidak mencapai suhu yang dibutuhkan oleh ikan discus.

Biasanya, pada daerah yang beriklim tropis seperti yang ada di Indonesia saat ini dibutuhkan setidaknya untuk temperatur antara 27-32 ⁰C.

  1. Penyinaran

Selain dua lainnya di atas, adapun Cara Agar Warna Ikan Discus Keluar adalah dengan memberikan penyinaran. Karena ini juga menjadi faktor penting dalam pemeliharaan ikan discus agar senantiasa menampilkan warna cantik. Usahakan bahwa anda telah memberi sinar pada akurium secara cukup.

Penyinaran yang cukup akan memberikan kesan indah untuk corak, akan tetapi jangan terlalu sering anda memberikan penyinaran. Lantaran penyinaran yang terlalu berlebihan akan menyebabkan suhu air mampu mengakibatkan pertumbuhan lumut di akuarium atau kolam. (Baca Juga: Budidaya Ikan Cupang Agar Cepat Besar)

  1. Pergantian Air

Selain lokasi juga harus sering di bersihkan, air di dalamnya pastilah harus sering di kuras. Perlu anda ketahui ketika hendak memelihara ikan discus, bahwa pergantian air hanya butuh 40-50% volume air akuarium. Tujuan dari pergantian air ini sendiri adalah untuk menyingkirkan sisa-sisa kotoran ikan yang menempel.

  1. Memperhatikan Kadar Ph

Bahwa discus merupakan salah satu jenis ikan yang cukup manja, memerlukan perhatian khusus. Oleh karena itu kadar ph juga harus anda perhatikan agar senantiasa stabil dan kebutuhan air bersihnya tetap terjaga. Ph yang bagus adalah sekitar 6,5 sampai 7,5 tidak kurang dan juga tidak boleh lebih.

  1. Kesadahan Air

Selain ph, kesadahan air juga menjadi faktor penting lainnya. Alangkah baiknya untuk membuat warna ikan discus keluar yakni memastikan kesadahan kalsium berada pada kisaran 5-7 KH. (Baca Juga: Ternak Ikan Paling Menguntungkan)

Sponsors Link

  1. Kadar Amonia

Kadar amonia juga menjadi penentu bagaimana agar warna ikan tersebut cemerlang. Amonia adalah senyawa kotor yang sangat buruk untuk perkembangan ikan dari hasil sisa-sisa makanan. Anda bisa mengatasi amonia dengan menggunakan filter agar tetap bersih.

  1. Asupan Vitamin

Vitamin juga sangat penting untuk perkembangan serta pertumbuhan ikan. Vitamin yang tepat juga mampu membuat warna discus makin menarik. Oleh karena itu rajinlah dalam memberikan asupan gizi seimbang serta kebutuhan nutrisi lainnya. (Baca Juga: Tips Sukses Ternak Ikan Mas)

Inilah cara untuk membuat ikan discus mengeluarkan warnanya, terapkan cara tersebut dengan seksama dan sungguh-sungguh sehingga hasil yang akan di dapat di masa mendatang bisa maksimal dan memuaskan hati. Semoga artikel ini cukup membantu.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 22nd, August 2018 / 04:01 Oleh :
Kategori : Ikan