Sponsors Link

4 Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula

Sponsors Link

Burung puyuh merupakan salah satu jenis unggas daratan yang memiliki ciri berbadan kecil tapi gemuk. Burung puyuh merupakan pemakan biji-bijian tetapi terkadang pemakan serangga dan mangsa yang memiliki tubuh berukuran lebih kecil darinya.

ads

Ciri habitat burung ini lebih senang bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek sama seperti Budidaya Burung Anis Merah.

Beberapa spesies seperti puyuh jepang adalah migratori dan mampu terbang untuk jarak yang jauh. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya.

burung puyuh sendiri merupakan unggas daratan yang memiliki bentuk kecil namun gemuk. puyuh merupakan pemakan biji-bijian namun juga bisa menjadi pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. secara habitat aslinya puyuh biasanya bersarang di permukaan tanah, dan memiliki kemampuan untuk lari dan terbang dengan sangat cepat namun dengan jarak tempuh yang sangat pendek. Namun di temukan beberapa spesies seperti puyuh jepang mampu terbang untuk jarak yang lebih jauh.

Jenis Burung Puyuh

untuk jenis puyuh sendiri terdapat sangat banyak sekali tersebar di dunia karena puyuh sendiri merupakan salah satu hewan yang bisa di kembang biakan di berbagai tempat sehingga setiap tempat memiliki jenisnya masing-masing. untuk jenis yang paling umum dan paling di kenal di dunia saat  ini ada beberapa seperti :

  • Puyuh Biasa
  • Puyuh Jepang
  • Puyuh Stubble
  • Puyuh Selandia Baru
  • Puyuh Hujan
  • Puyuh Harlequin
  • Puyuh Coklat
  • Puyuh Biru
  • Puyuh Biru Asia

beberapa jenis puyuh di atas biasnya bervariatif kegunaan dimana setiap negera memiliki ciri untuk mengolah hasil dari puyuh mulai dari di ambil dagingnya sampai hanya di ambil terlurnya saja sebagai hidangan di berbagai negara bagian. malahan dinegara jepang telur puyuh ini di sajikan bersama sushi yang dimakan mentah-mentah yang memiliki rasa yang unik. selain itu juga telur dan daging puyuh kerap di jadikan menu andalan di dalam burger atau campuran hotdog yang membuat variasi baru dalam makanan cepat saji.

Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula bisa di katakan cukup mudah karena hampir mirip dengan Cara Memelihara Burung Puyuh pada umumnya . Hanya saja ada beberapa perbedaan yang mudah untuk di lakukan. Berikut adalah Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula yang yang bisa dilakukan.

1. Siapkan lokasi yang tepat

Hal yang paling utama dalam beternak adalah menentukan lokasi atau tempat yang nantinya akan menunjang akan perkembangan dari hewan yang akan kita ternakkan.

Dalam hal ini adalah burung puyuh , memilih beberapa lokasi atau kriteria  yang cukup untuk mendukung burung puyuh agar mudah bertelur ada beberapa point seperti carilah lokasi yang jauh dari keramaian , baik itu keramaian kendaraan ataupun keramaian aktivitas manusia. Hal ini berdampak dari psikologi si burung itu sendiri .

Sponsors Link

faktor yang ke 2 adalah udara di sekitaran kandang harus bebas dari polusi udara. Hal itu juga akan sangat mempengaruhi kualitas ataupun jumlah daripada terlur si burung puyuh.  Karena ketika udara di sekitar baik sudah pasti burung puyuh kita akan sehat dan apabila keadaan udara yang buruk atau kotor sudah di pastikan burung puyuh akan mudah terkena penyakit.

faktor yang ke 3 adalah lokasi kandang secara keseluruhan harus dekat dan mudah di jangkau karena suatu saat kita akan membutuhkan distribusi yang baik. Jika kita sudah memiliki dan memenuhi kriteria yang sudah di sebutkan tadi kita lanjut ke langkah selanjutnya.

2.Menyiapkan kandang

Setelah kita sudah mendapatkan lokasi yang baik untuk beternak , langkah selanjutnya adalah menyiapkan kandang untuk tempat burung puyuh tinggal. Untuk kandangnya sendiri bisa kita membuat menggunakan beberapa  bahan seperti kayu ,ramkawat dan beberapa peralatan pendudukung untuk membuat kandang burung puyuh ini.

Namun pembuatanya pun tidak sembarang , harus mengikuti beberapa syarat seperti Pemilihan bahan yang terbaik untuk pembuatan kandang,sirkulasi atau aliran udara harus yang terbaik , membuat tempat pembuangan kotoran dan juga tempat penempatan pakan sekaligus minum untuk buruh puyuh.

Untuk membuat kandang  indukan Puyuh hampir sama dengan membuat kandang seperti Cara Ternak Burung Walet yaitu memiliki ukuran 2x 0.5 meter dengan jumlah 5 lantai dan setiap lantai diberikan penghalang yang bisa terbuat dari triplek untuk menampung kotoran dari puyuh dan mempermudah kita dalam membuangan kotoran.

Untuk bagian dindingnya bisa menggunakanan Jaring yang berbahan dari kawat untuk membuat sirkulasi udara pada kandang lebih baik. Sesudah itu jangan lupa untuk membuat kaki kandang agar bisa mencegah kandang puyuh terkena air / lembab.

Jangan lupa untuk membuat pakan puyuh yang di mana harus di perhatikan antara lubang tempat masuk kepala dari puyuh agar bisa lebih leluasa dalam mengambil makan di tempat pakan yang kita buat.Dan untuk tempat minum , letakan di  bagian samping untuk setiap 1 lantai kandang. Selalu ganti air minum puyuh sebanyak 1 hari sekali antara pagi hari atau sore hari. Dan untuk pemberian makanan juga sama seperti pemberian minum di lakukan pagi hari atau sore hari.

Pada bagian pembersihan Kotoran dari puyuh dilakukan setiap 3-4 hari sekali, lebih simplenya  triplek yang kita tadi taruh pada penghalang antar lantai satu dan yang lain bisa dicabut dan bersihkan menggunakan sapu sampai bersih. jika anda memiliki orang yang mau membeli kotoran puyuh bisa kumpulkan untuk di jual.

ads

3. Penyiapan Bibit Unggul

Dalam menentukan bibit dari burung puyuhpun tidak sembarangan karena tetap saja kita harus menentukan dan juga mencari bibit yang sesuai dan juga pas untuk keperluan dan tujuan kita dalam mengembang biakan burung puyuh ini.

Jika dilihat dari tujuannya pengelompokan bibit burung puyuh di bagi menjadi 3 kelompok yaitu:

Pertama, Mencari bibit petelur. kelompok bibit yang satu ini di cari karena kita sebagai pengembang biak biasanya akan mengembang biakan puyuh ini untuk di ambil hasil telurnya saja sehingga kualitas telur menjadi prioritas utama bagi puyuh yagn satu ini. bibit puyuh petelur biasanya yang di cari sudah pasti bibit ketam betina yang sehat dan juga produktif dalam menghasilkan terlur

Kedua , bibit yang ke 2 ini merupakan bibit yang biasanya di cari bagian dagingnya. untuk kelompok nomor 2 ini tida ada jenis kelamin yang spesifik dimana jatan atau betina pun bisa di jadikan bibit karena yang di cari adalah bagian daging dari burung puyuh ini. Namun saja yang pasti adalah badan dari si calon bibit haruslah sehat dan juga bagus agar bisa menghasilkan puyuh yang baik juga.

Ketiga , Jenis bibit yang ketiga ini biasanya di cari untuk pembibitan lagi sehingga sangatlah natural alias bisa di kembangbiakan secara natural dan bebas tidak perlu memilah milah yang pentin bibit sehat dan terhindari dari penyakit maupun virus berbahaya yang akan menular ke puyuh lainnya.

4. Memelihara Burung Puyuh

Langkah yang paling utama ini adalah memilihara dan juga perawatan yang terbaik bagi burung puyuh petelur agar bisa memproduksi terlur yang terbaik dan memiliki kualitas baik. ada beberapa point yang memang harus di lakukan dalam memelihara burung puyuh  pada awal-awal kedatanngya.

yang pasti cara merawat butung puyuh mulai dari bibit sampa dengan bisa mengeluaran telur termasuk kategori mudah karena sama seperti Cara Merawat Burung Kutilang yang dimana tidak memerlukan pekerjaan yang terlalu extra. Namun disini sebelum lanjut ada beebrapa hal yang peru diperhtikan ketika akan memulai untuk menrawat atau memelihara burung ini adalah :

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan untuk burung puyuh ini bisa berupa pallet , remah-remah dan juga tepung yang akan memuat kondisi burung putyuh kita tetap sehat dan juga nutrisi yang di butuhkan oleh burung juga cukup. pada burung puyuh anakan , sebaiknya dalam memberikan makan cukup 2x sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari. dan Sedangkan untuk indukan atau yang sudah dewasa bisa di berikan hanya 1 kali saja dalam sehari

  • Pembuatan sanitasi dan pencegahan

pembuatan terhadap datangnya beberapa penyakit yang di sebabkan oleh banyak hal seperti virus ataupun baketeri wajib kita cegah. hal ini bisa dengan cara menyemprotokan pemunuh serangga pada sekitaran area kandang dan juga bualah lokasi pada kandang puyuh agar tidak berantakan karena , beranakan tidak baik baik kelangsungan hidup si burung puyuh ini. Selain itu juga bisa dengan mengambil sample secara acak jenis burung puyuh tertentu agar di jadikan sample yang akan di teliti oleh dokter-dokter hewan.

  • Penerangan kandang

apabila kita menempatkan kandang dari puyuh ini di sebuah tempat seperti gudang yang tidak terpakai , hal ini akan di butuhkan penerangan yang cukup  agar kandang yang ada di dalam ruangan itu bisa kita kontrol takutnya ada binatang mematikan yang menyusup dan membunuh puyuh kita. jenis penerangannya pun bisa di pilih apakah akan menggunakan penerangan 1 saja tapi kuat ataupun di tiap lantai di simpan sebuah lambu pijar 5watt kecil untuk mengerangi tiap lantai dari kandang puyuh.

Selain penerangan yang memadai dari lampu , ada penerangan lain yang wajib di berikan kepada puyuh yaitu penerangan alami dari sinar matahari. Disini adalah hal yang paling wajib karena puyuh harus terkena sinar matahari langsung agar mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari pagi.

Selain berguna untuk kesehatan dair burung puyuh , pemaparan sinar matahari ke area kadangpun menjaga agar kondisi suhu dari kandang terjaga dan tidak terlalu lemab yang dimana apabila lembab sudah di pastikan akan menjadi sarang beberapa jenis penyakit yang mengancam kelangsungan dari burung puyuh.

Kemudian, Dari beberapa informasi diatas, berikut ini terdapat testimoni dari pembudidaya burung puyuh petelur yang sukses mengembangbiakkan puyuhnya.

Berikut di atas adalah beberapa langkah atau cara beternak puyuh petelur yang dimana apabila di bandingkan dengan Cara Menjinakkan Burung Kenari cukup mudah karena disini kita hanya menjaga ketika burung puyuh akan berkembang dan menjaga akan kualitas telor agar tetap baik dan unggul juga.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 21st, December 2017 / 03:40 Oleh :
Kategori : Burung