Sponsors Link

14 Cara Memandikan kelinci Tanpa Air

Sponsors Link

Cara memandikan kelinci tanpa air ini adalah salah satu rangkaian cara yang tepat untuk

ads

membersihkan kelinci.

Mengapa? Karena salah dalam memandikan kelinci bisa berdampak kepada kematian kelinci tersebut.

Karena pada dasarnya kelinci bisa membersihkan dan selalu berusaha membersihkan dirinya sendiri.

Kelinci yang sudah bisa dimandikan adalah kelinci yang cukup umur setidaknya sudah berumur 5 bulan.

Jangan memandikan anakan kelinci karena akan emmbuatnya mudah mati dan akan membuat anda kehilangan. Nah, berikut tata cara memandikan kelinci tanpa air di bawah ini.

1. Gunakan tisu bayi

Tisu bayi adalah metode termudah untuk membersihkan kelinci tanpa memandikannya.

Gunakan tisu bayi yang bebas pewangi, bebas alkohol dan hipo-alergen untuk hasil terbaik.

Anda ingin lap yang cukup kuat untuk membersihkan kelinci tanpa merobek, dan yang lembut sehingga tidak akan menyakiti kulit kelinci Anda.
Beberapa tisu dibentengi dengan vitamin E atau lidah buaya. Ini bagus untuk digunakan pada kelinci.

2. Posisi Yang Pas

Tempatkan kelinci Anda dalam posisi yang nyaman. Anda mungkin merasa paling mudah melakukan pembersihan tempat dengan memegang kelinci di pangkuan Anda, atau di antara lutut saat Anda duduk di lantai.

Anda akan ingin memegang kelinci Anda dalam posisi yang memungkinkan Anda untuk membersihkan bagian-bagiannya yang kotor, yang biasanya berarti ia harus memegang perut.

Anda dapat menggunakan handuk untuk membantu Anda memegang kelinci di tempatnya. 

Sponsors Link

Jika area yang membutuhkan pembersihan dapat dicapai dengan menjaga kelinci tetap tegak, Anda dapat menempatkannya di atas handuk di lantai. ( Baca juga tentang : cara mengobati kelinci kembung  )

3. Bersihkan Area Yang Kotor

Dengan menggunakan tisu bayi, gosok dengan lembut sisa-sisa kotoran, tanah, atau residu dari bulu kelinci.

Jika diperlukan, bersihkan bagian bawah pantat atau kemaluan, yang mungkin ternoda dengan urine jika kelinci Anda mengalami masalah inkontinensia.

Cobalah untuk mendapatkan kulit sebersih mungkin, tetapi selalu sangat lembut. Kulit bunny sangat lembut. Ketika Anda membersihkan sela sela tubuh, berikan kelinci dibersihkan lagi dengan lap bersih.

4. Mandi Kering

Belilah bubuk tepung maizena bayi. Bubuk tepung jagung bayi dapat ditemukan di bagian perlengkapan bayi di toko kelontong Anda. Hanya maizena yang aman untuk bayi yang aman digunakan pada kelinci Anda.

Jangan pernah menggunakan bedak yang mengandung bedak, karena bedak menyebabkan iritasi pernafasan pada kelinci.

Bahkan mungkin karsinogenik. Jangan gunakan bubuk kutu atau pestisida komersial. (Baca juga tentang : efek pakan fermentasi pada kelinci)

5. Posisikan Kelinci

Tempatkan kelinci Anda dalam posisi mandi. Jauhkan perutnya ke arahmu. Anda mungkin ingin memeluknya di pangkuan Anda dengan handuk untuk mandi ini.

Pastikan dia benar-benar nyaman dan nyaman. Eluslah kelinci Anda untuk meyakinkannya bahwa dia aman. 

ads

Anda bisa membuatnya berbaring di lantai selama dia tidak ada bahaya melarikan diri. Anda ingin dia tetap diam dan tenang saat Anda memandikannya.

6. Cara Menggunakan Bubuk Maizena

Terapkan bubuk tepung maizena. Fokus terutama pada area yang kotor.

Jika kelinci Anda memiliki bagian bawah yang berantakan, Anda akan ingin memastikan banyak tepung jagung ditaburi di sekitar area ini.

Dengan lembut kerjakan bedak melalui rambut tebal dan turun ke kulit. Pastikan bahwa Anda menutupi area yang kotor dengan baik. Ini mungkin akan terasa enak untuk kelinci Anda, seperti mengelus. Bicaralah padanya dengan meyakinkan sepanjang proses. (Baca juga tentang : caramengatasi kembung pada kelinci)

7. Menggunakan Sisir

Gunakan sisir bergigi jika diperlukan. Sebagian besar serpihan harus jatuh saat Anda mengolah maizena melalui bulu kelinci, tetapi kadang-kadang Anda perlu menyisir bulu untuk membersihkannya.

Hati-hati melakukan ini dengan sangat lembut. Sisir kutu akan lebih baik untuk tujuan ini, karena giginya sangat baik.

Jangan menarik-narik massa atau rambut yang kusut. Sebaliknya, bekerja dengan lembut dari luar, goda bahan-bahan yang kusut.

8. Melakukan pembersihan

Tepuk bubuk area saat Anda selesai. Menggosok bunny dengan baik harus meninggalkan semua tepung jagung, tanah, dan bulu yang berlebih.

Mandi kering ini biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan kelinci Anda akan bersih di bagian akhir.

Anda mungkin ingin memiliki vacuum cleaner genggam kecil di dekatnya sehingga Anda dapat segera membersihkan kelebihan tepung tersebut. Kelinci biasanya tidak keberatan mandi kering dan akan tetap tenang melalui proses. (Baca juga tentang : cara mengatasi rontok bulu pada kelinci)

9. Bersihkan Kandang Kelinci

Perhatikan baik-baik kandangnya. Jika Anda memiliki kelinci yang bau, kemungkinan besar Anda harus membersihkan kandang dengan baik.

Karena kelinci dikenal karena kebiasaan merawat mereka yang teliti, kelinci yang berbau tidak sedap sering mengambil bau itu dari kandang yang tidak dirawat dengan baik.

Para kelinci akan melakukan yang terbaik untuk menjaga diri mereka bersih dan rapi.

Sangkar kelinci Anda harus dicuci seminggu sekali, dan kotoran dibersihkan setiap hari. Seperai kelinci bisa sangat berbau urin dan kotoran jika belum berubah dalam beberapa saat.

10. Ganti Alas Kandang

Buang alas kandang yang lama. Anda harus benar-benar mengganti tempat tidur dengan bahan segar.

Seperai berbentuk pelet akan bekerja paling baik untuk kelinci, dengan dasar surat kabar untuk mencegah kaki kelinci terkena cedera.

11. Jenis Kandang Kelinci

Jangan pernah menggunakan serutan pinus atau cedar untuk alas tidur, karena serutan ini akan mengubah kemampuan kelinci untuk merespons obat. Kandang logam atau plastik adalah yang terbaik. Sedangkan jenis kandang kayu dapat menurunkan waktu.

12. Sikat Kandang

Gosok kandang dengan sikat. Jangan menggunakan produk pembersih yang kuat, seperti Lysol atau disinfektan lain, karena ini meninggalkan residu yang mungkin beracun bagi kelinci Anda. Sebaliknya, gunakan campuran cuka-air ringan.

13. Mengeringkan Kandang

Untuk hasil terbaik, letakkan sangkar di bawah sinar matahari agar kering. Sinar matahari secara alami akan mendisinfeksi kandang kelinci Anda.

Setiap beberapa bulan, Anda mungkin ingin membersihkan kandang dengan air di mana sejumlah kecil pemutih (1 bagian pemutih hingga 5 bagian air) hingga larut. (Baca juga tentang :cara mengobati scabies pada kelinci)

14. Memotong Kuku

Sangat bagus jika memotong kuku kelinci yang mulai panjang sesaat setlah melakukan pembersihan terhadap badan mereka . Ini nantinya akan menambah kebersihan total tubuh kelinci tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 02:43 Oleh :
Kategori : Kelinci