Sponsors Link

12 Cara Memberikan Minyak Ikan pada Hamster

Sponsors Link

Memelihara hamster berarti harus sudah siap dengan konsekuensi untuk memenuhi segala kebutuhan hamster tersebut serta merawatnya dengan penuh kasih sayang.

ads

Hamster peliharaan yang disayangi dan dirawat dengan baik tentu akan memiliki keakraban khusus dengan pemiliknya. Hamster yang sering berinteraksi dan bermain dengan pemiliknya tentu akan menjadi lebih jinak dan akrab dengan pemiliknya.

Bila sedang memiliki budget berlebih, tak ada salahnya untuk memanjakan hamster sobat dengan memberikannya sedikit cemilan khusus hamster dan minyak ikan.

Cemilan dan minyak ikan khusus hamster biasanya tersedia di petshop dan toko perlengkapan hamster hamster dengan harga yang terjangkau. Minyak ikan boleh diberikan sebagai campuran makanan hamster.

Kandungan lemak yang sehat serta omega yang tinggi membuat minyak ikan dapat menjadi pelengkap nutrisi yang sehat bagi hamster. Cukup berikan beberapa tetes minyak ikan ke dalam makanan hamster seminggu sekali, maka hamster kesayangan sobat akan tumbuh sehat, lincah dan memiliki bulu yang cantik. (Baca juga mengenai cara ternak hamster panda)

Nah sobat, jika diberikan secara langsung, terkadang hamster tidak menyukainya karena baunya yang sedikit amis, untuk itu sobat perlu trik dalam memberikannya yakni sebagai berikut 12 Cara Memberikan Minyak Ikan pada Hamster.  (Baca juga mengenai cara ternak hamster anggora)

1. Dicampur dengan Gabah

Gabah dan minyak ikan bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang baik dan sehat untuk hamster peliharaan sobat. Gabah dan minyak ikan akan menjadi sumber karbohidrat utama bagi hamster sehingga energinya setiap hari bisa terpenuhi dengan baik.  (Baca juga mengenai tips memelihara hamster)

2. Disuapkan Bersama Beras Beras

Hampir sama dengan gabah, beras merah yang dicampur dengan minyak ikan juga menjadi sumber karbohidrat utama bagi si lucu hamster. Kandungan karbohidratnya dapat dijadikan sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitasnya. Selain itu, beras merah juga sangat baik untuk perkembangan otak hamster.  (Baca juga mengenai cara merawat bayi hamster baru lahir)

3. Dicampur dengan Jagung Halus

Sobat bisa memberikan jagung mentah sebagai camilan si hamster. Jagung mentah halus yang dicampur minyak ikan sangat cocok untuk hamster yang sedang menyusui karena kandungan air yang ada di dalamnya bisa membantu produksi air susu hamster menjadi lebih banyak.  (Baca juga mengenai cara memandikan hamster)

Sponsors Link

4. Diberikan Bersama Kacang Hijau

Kacang hijau bisa dijadikan makanan pokok bagi hamster, terutamanya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Kacang hijau yag dicampur minyak ikan dikenal sangat baik untuk hamster karena bisa membantu mengasah gigi hamster yang terus tumbuh. Berbagai macam kandungan baik yang ada di dalam kacang hijau seperti karbohidrat, lemak, protein dan berbagai jenis vitamin, dapat menjadi zat pengatur di dalam tubuh hamster.

5. Diberikan Bersama Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau sering disebut kwaci adalah salah satu makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi yaitu terdapat 51.5gr dalam 100gr kuaci. Ia bisa digunakan sebagai campuran dalam minyak ikan hamster agar mereka bisa mendapatkan gizi yang lebih seimbang.

ads

6. Diminumkan dengan Air Perasan Wortel

Wortel yang diperas airnya sangat baik dijadikan minuman untuk hamster, terutamanya hamster bermata merah karena hamster jenis ini sangat mudah diserang dengan penyakit katarak. Dengan menambahkan minyak ikan di dalamnya tentu akan menambah gizi dari sari wortel tersebut.

7. Pemberian untuk Bayi Hamster

Makanan selingan taoge dicampur dengan minyak ikan ternyata sangat baik untuk makanan sapihan bayi hamster yang sedang dalam masa transisi dari mengkonsumsi susu ke makanan padat. Tauge atau yang dikenal pula dengan kecambah mengandung banyak vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kesuburan agar mudah untuk bereproduksi.

8. Pemberian pada Hamster untuk Menggemukkan

Kacang tanah dapat menjadi salah satu sumber energi bagi hamster setiap hari. Teksturnya yang sedikit keras dan rasanya yang gurih, sangat disukai para hamster. Sobat bisa mencampur dengan minyak tanah ketika memberikan kacang tanah sebagai pakan hamster. Kandungan lemak yang tinggi pada kacang tanah ini bisa memberikan efek menggemukkan bagi hamster.

9. Pemberian untuk Hamster yang Menyusui

Jewawut dicampur minyak ikan atau sering disebut sebagai havernya Indonesia, bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk hamster. Zat yang terkandung di dalam jewawut dicampur minyak ikan ini hampir sama dengan apa yang ada di dalam beras dan jagung. Selain ia sangat baik untuk menambah energi sang hamster, jewawut dicampur minyak ikan juga sangat baik diberikan untuk hamster yang sedang menyusui ataupun untuk bayi hamster.

10. Diberikan dalam Telus Rebus

Rebuslah sebiji telur, kupas lalu berikan bagian putihnya yang telah dicampur minyak ikan kepada hamster peliharaan sobat. Beberapa hamster cukup menyukai makanan yang satu ini walaupun ada pula beberap hamster yang kurang suka dengan putih telur rebus. Kandungan protein yang tinggi sangat baik sebagai makanan selingan bagi hamster anak anak serta hamster yang sedang dalam proses hamil dan menyusui karena kandungan nutrisi yang ada di dalam putih telur ini.

11. Ditambahkan ke Minumannya Bersama Madu

Madu yang bertekstur kental dan manis ini cukup digemari para hamster. Kandungan gula yang ada dalam madu sangat mudah diserap tubuh sehingga bisa menghasilkan energi dengan cepat. Sebaiknya berikan satu minggu sekali saja madu yang dicampur air minumnya dan minyak ikan. Bisa saja diberikan sedikit lebih banyak untuk hamster yang sedang dalam masa pertumbuhan, habis melahirkan, menyusui dan setelah sakit.

12. Jika Makanan Harian dari Pabrik (Konsentrat)

Konsentrat adalah makanan yang sudah diramu oleh produsen makanan hamster yang mengandung berbagai macam kandungan mulai dari karbohidrat, protein, vitamin hingga lemak. Dalam pemberian konsentrat atau pellet ini juga harus diperhatikan dengan seksama dan sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan.

Sponsors Link

Selain itu, ia juga harus diseimbangkan dengan pemberian air minum yang cukup, karena konsentrat akan membuat hamster menjadi lebih cepat haus. Untuk memaksimalkan gizi dalam konsentrat tersebut, sobat bisa menambahkannya dengan minyak ikan, cukup semingggu sekali 3 tetes saja sebab konsentrat umumnya sudah dilengkapi dengan beragam kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan oleh hamster peliharaan sobat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 13:34 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan