Sponsors Link

15 Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Hamster Anggora

Sponsors Link

Semua hewan peliharaan dari mulai anjing, kucing, burung, kelinci dan bahkan hamster tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik. Seperti contohnya memelihara hamster, maka mulai dari makanan, mainan, peralatan dan segala sesuatu yang terbaik harus selalu dilakukan.

ads

Untuk hamster yang kurang sehat, maka bisa diberikan tambahan seperti minyak ikan. Sementara untuk cara memberikan minyak ikan pada hamster bisa dilakukan dengan salah satu dari beberapa cara yang kami berikan berikut ini.

  1. Larutkan Bersama Air

Cara pertama untuk memberikan minyak ikan pada hamster bisa diberikan dengan cara membuka isi minyak ikan dan campur dengan air. Isi botol minum hamster yang sudah dicampur dengan minyak ikan dan pastikan untuk diganti setiap hari. Pastikan juga air yang diberikan hanya air yang sudah dimurnikan dan dideionisasi dan jangan gunakan air keran. Jika air tidak habis, maka segera buang kemudian ganti dengan yang baru keesokan harinya atau ketika akan diberikan kembali dimana banyak kegunaan minyak ikan untuk hamster seperti fungsi minyak ikan pada burung dara.

  1. Campur Dengan Makanan Kering

Campuran makanan hamster yang kering bisa dibeli bebas di toko perlengkapan hewan yang biasanya mengandung kacang polong, jagung kering, buah kering, kacang kacangan dan kecambah alfalfa. Ada bisa menggunakan berbagai makanan kering lainnya kemudian dicampur menjadi satu dan tambahkan 1 minyak oil dan campur hingga rata. Hamster biasanya bisa menghabiskan 10 sampai 12 gram makanan kering campuran setiap hari atau bisa lebih banyak atau lebih sedikit sesuai dengan ukuran tubuh hamster. Untuk itu, pastikan makanan kering yang digunakan bisa langsung dihabiskan hamster agar tidak tersisa ketika sudah dicampur dengan minyak ikan.

Hal yang harus diperhatikan ketika ingin mencampur minyak ikan dengan makanan kering, maka hindari zat aditif didalamnya. Hindari juga memberikan makanan olahan manusia karena bisa berbahaya untuk hamster. Hindari juga memberikan makanan yang mengandung lemak jenuh, pengawet, gula dan juga garam.

  1. Campur Dengan Buah

Selain bisa dicampur dengan air, pemberian minyak ikan juga bisa dilakukan dengan dicampur buah buahan karena sangat disukai hamster seperti cara memberikan minyak ikan pada musang. Haluskan satu buah pisang kemudian tambahkan dengan satu sendok teh madu, satu sendok teh kismis dan satu minyak ikan kemudian campur sampai rata dan bisa diberikan untuk hamster. Selain itu, anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air lemon yang juga disukai hamster.

  1. Campur Dengan Biskuit

Anda bisa membuat sendiri biskuit hamster yang dicampurkan bersama dengan minyak ikan dan bisa diberikan sebagai makanan hamster. Anda juga bisa membeli biskuit hamster yang terbuat dari kacang, minyak almond, cheerios, cincangan sayur halus, roti, biji bunga matahari dan sedikit keju. Oleskan minyak ikan  dan sedikit selai kacang pada biskuit tersebut kemudian tutup kembali dengan keju untuk menyamarkan bau minyak ikan. Tempatkan dalam kandang hamster dan biarkan hamster memakannya hingga habis. jika masih tersisa, maka segera keluarkan karena tidak boleh didiamkan di dalam kandang agar tidak basi.

  1. Tambahkan Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah buahan segar sangat dibutuhkan tubuh hamster sehingga bisa diberikan sebagai makanan tambahan hamster selain makanan utamanya yang bisa digunakan untuk cara memberikan minyak ikan pada hamster.

Minyak ikan bisa digunakan sebagai bahan campuran agar lebih mudah dikonsumsi hamster. Beberapa cincangan sayur dan buah yang bisa diberikan adalah mentimun, bayam, selada, brokoli dan wortel. Sedangkan cincangan buah yang bisa diberikan adalah pisang, apel, pir dan juga buah beri. Pastikan untuk memberikan dalam porsi kecil. Namun hindari mencampur jeruk atau lemon baik sebagai campuran minyak ikan atau dikonsumsi langsung karena bisa bersifat racun bagi hamster.

Sponsors Link

  1. Campur Dengan Kacang dan Biji

Selain bisa dicampur bersama buah dan sayuran, hamster juga membutuhkan lemak sehat yang bisa diperoleh dari kacang atau biji bijian. Minyak ikan bisa dicampur dengan kacang kacangan atau biji bijian karena hamster sangat tertarik dengan makanan yang berlemak. Hindari mencampur minyak ikan dengan biji bunga matahari sebab kandungan kalorinya masih sangat tinggi. Siapkan sary porsi kacang kacangan atau biji bijian lalu campur minyak ikan.

  1. Larutkan Bersama Makanan

Cara memberikan minyak ikan selanjutnya bisa dilakukan dengan meneteskan minyak ikan ke sepotong makanan hamster dan berikan pada hamster sebab banyak kegunaan minyak ikan untuk hamster seperti manfaat minyak ikan untuk kucing anggora. Anda bisa memberikannya langsung dari tangan atau bisa juga diletakkan dalam kandang dan biarkan hamster makan dengan sendirinya.

  1. Gunakan Pelet Berukuran Kecil

Untuk hamster yang sedikit susah ketika akan diberikan minyak ikan, anda bisa menggunakan bantuan makanan untuk memberikan minyak ikan tersebut seperti ketika akan memberikan obat pada hamster. Anda juga bisa membungkus minyak ikan dengan makanan bayi dan biarkan hamster makan makanan tersebut hingga habis.

ads

  1. Gunakan Makanan Berprotein

Protein merupakan makanan yang sangat penting untuk hamster dan ada beberapa jenis makanan sumber protein yang bisa diberikan pada hamster bersamaan dengan minyak ikan termasuk untuk cara merawat bayi hamster.

Sebagai contoh, anda bisa mencampur minyak ikan bersama biji bijian mentah tanpa mengandung garam seperti biji bunga matahari, biji wijen, biji lenan dan juga biji bijian tinggi protein lainnya dan juga bisa menggunakan kacang kacangan. Sumber protein lain yang bisa diberikan bersama minyak ikan adalah dari serangga seperti belalang, cacing tanah dan juga jangkrik yang juga mengandung protein tinggi. Sementara untuk produk susu yang bisa digunakan diantaranya adalah keju cottage dan juga yogurt tawar. Sedangkan untuk daging ayam dan daging kalkun juga bisa dilumuri dengan minyak ikan yang bisa diberikan dalam jumlah kecil.

  1. Campur Dengan Camilan Keras

Karena minyak ikan tidak diberikan setiap hari seperti makanan rutin dan hanya digunakan untuk pelengkap nutrisi atau ketika hamster tidak mau makan atau baru sembuh dari sakit, maka minyak ikan juga bisa dicampur dengan camilan keras.

Camilan keras juga baik diberikan untuk mengasah gigi hamster sehingga penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi hamster. Anda bisa mencampur minyak ikan dengan sepotong kecil biskuit untuk anjing atau produk camilan hamster yang bisa dibeli di toko hewan peliharaan. Untuk pilihan camilan lembut juga bisa diberikan pada hamster seperti roti gandum dan juga telur urak arik yang juga baik bagi hamster.

  1. Gunakan Air Bersih

Air bersih dan segar bisa dipakai untuk mencampur minyak ikan yang akan diberikan pada hamster. Gunakan botol minum kecil untuk hamster yang memiliki gagal dan juga bantalan peluru yang juga penting ketika tanda tanda hamster hamil mulai terlihat.

Botol minum ini bisa dibeli di toko hewan peliharaan dimana bantalan peluru yang terpasang pada botol bisa mengatur banyaknya air yang akan dikeluarkan untuk hamster minum. Jangan campur minyak ikan pada air dalam mangkuk karena akan banyak terbuang dan membuat kandang hamster menjadi kotor yang kemudian memicu pertumbuhan jamur dan bisa menyebabkan hamster anda sakit.

Isi botol minum dengan air yang sudah dicampur dengan minyak ikan sampai penuh dan tidak terdapat udara didalamnya. Ini penting dilakukan agar tidak ada kebocoran dari pipa sedotan ketika mengisi ulang botol air tersebut.

Tempatkan botol dalam kandang namun hindari sinar matahari langsung karena bisa merusak minyak ikan yang sudah dicampur didalamnya dan bisa memicu alga tumbuh dalam botol tersebut. Sesudah habis atau tidak lagi diminum, maka botol harus segera dicuci hingga bersih dan dibiarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bisa digunakan kembali.

  1. Biasakan Sejak Kecil

Kemungkinan hamster yang sedikit susah ketika diberikan minyak ikan adalah karena tidak terbiasa sehingga sebaiknya mulai dibiasakan memberi minyak ikan sejak hamster masih kecil. Hamster muda akan cenderung tumbuh terbiasa dengan makanan baru sehingga jika memberikan minyak ikan sudah dilakukan sejak masih kecil, maka ketika tua akan terbiasa dan tidak akan menolak ketika diberikan minyak ikan.

  1. Berikan Secara Bertahap

Untuk hamster yang sedikit sulit diberikan minyak ikan, maka awali dengan memberikan makanan biasa yang disukai hamster lebih dulu namun untuk beberapa hari berikutnya bisa ditambahkan minyak ikan sedikit demi sedikit khususnya untuk cara merawat bayi hamster yang baru lahir. Ini bisa dilakukan agar hamster terbiasa dengan bau menyengat yang dihasilkan dari minyak ikan dan bisa menyesuaikan diri sekaligus menghindari efek samping seperti sakit perut karena perubahan yang terlalu drastis.

  1. Segera Buang Jika Tidak Habis

Ketika memberikan minyak ikan yang dicampur dengan makanan atau minuman tidak dihabiskan hamster, maka sesegera mungkin harus dibuang. Ini juga harus dilakukan khususnya jika minyak ikan diberikan bersama sayur sayuran atau buah buahan karena jenis makanan ini sangat mudah membusuk. Agar tidak terbuang percuma, sebaiknya campur minyak ikan dengan buah atau sayur dalam jumlah sedikit saja sehingga bisa langsung dihabiskan dalam 1 hari.

  1. Berikan Pada Waktu yang Sama

Banyak pemelihara hamster yang bingung tentang kapan waktu terbaik memberi makan hamster apakah pagi atau sore hari seperti cara ternak hamster anggora. Perlu diketahui jika hamster adalah salah satu hewan noktural sehingga makanan harus selalu tersedia di dalam kandang. Khususnya untuk hamster kerdil yang selalu makan setiap saat, maka makanan yang dicampur dengan minyak ikan harus sudah tersedia di dalam kandang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 05:18 Oleh :
Kategori : Hamster