Sponsors Link

12 Cara Memberikan Minyak Ikan pada Musang

Sponsors Link

Musang adalah hewan peliharaan yang juga dapat memiliki kondisi tubuh berubah ubah sesuai dengan kondisi atau lingkungannya, terkadang musang bisa menjadi aktif, memiliki nafsu makan yang bagus, atau menyenangkan diajak bermain,

ads

namun ada kalanya pula musang berkurang nafsu makannya atau kurang sehat karena beragam hal seperti stres atau bosan dengan makanan yang diberikan. Nah sobat, untuk mengatasi hal tersebut agar musang terhindar dari penyakit,

tentunya harus dilakukan tindakan pencegahan, salah satunya ialah dengan cara memberikan minyak ikan, bagi sobat yang masih bingung bagaimana teknik pemberiannya,

manfaatnya, atau dosis dan efek sampingnya, simak selengkapnya dalam ulasan kali ini, 12 Cara Memberikan Minyak Ikan pada Musang.

1. Pemberian pada Musang yang Sehat

Jika musang peliharaan memiliki nafsu makan yang baik, sobat dapat mencampurkan minyak ikan tersebut pada makanannya. Untuk musang peliharaan yang nafsu makannya rendah, sobat dapat menyisipkan minyak ikan pada pakannya, pecahkan kapsul minyak ikan agar isinya sedikit keluar jika ukuran kapsul minyak ikan terlampau besar atau untuk memudahkan pemberian. (Baca juga mengenai cara memelihara musang pandan)

2. Pemberian pada Musang yang Sakit

Untuk pemberian minyak ikan pada musang peliharaan yang sakit, tentu agak sulit ya sobat, sebab ia malas makan dan susah diberi apapun, cara pemberiannya minyak ikan sebaiknya dicampur dengan makanan yang memiliki aroma yang tajam kesukaannya atau sobat dapat membuat sendiri. Jika rasa minyak ikan amis, sobat bisa memberikan tambahan sedikit gula atau madu.  (Baca juga mengenai merawat musang di musim hujan)

3. Menggunakan Pipet

Minyak ikan dapat diberikan dengan pipet jika berbentuk cair atau telah dikeluarkan dari kapsul, caranya pastikan mulut musang peliharaan tetap dalam keadaan tertutup, masukan jari jempol tangan kiri sobat di bagian paling belakang rahang.

Selipkan pipet yang telah diisi minyak ikan. Masukan minyak ikan perlahan  karena jika terburu buru dapat menyebabkan musang peliharaan tersedak. Secara refleks musang peliharaan akan menjilat ketika minyak ikan dimasukan secara perlahan.  (Baca juga mengenai cara menjinakkan musang pandan)

4. Pemberian dengan Cara Menyuapi

Musang peliharaan dipegang, moncong dipegang dan bibir bawah ditarik keluar sehingga membentuk seperti kantong. Kemudian minyak ikan yang telah dipotong sedikit ujung kapsulnya dituangkan pada kantong bibir tersebut. Musang peliharaan secara reflek akan menelannya. Sebaiknya posisi kepala agak ke atas agar minyak ikan tidak tumpah.  (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada hamster)

5. Dampingi Pemberian dengan Perawatan Terbaik dan Makanan Bergizi

Minyak ikan tentu tak bisa berdiri sendiri ya sobat, diberikan perawatan terbaik dalam keseharian serta makanan bergizi dalam kesehariannya untuk memaksimalkan manfaat dari minyak ikan itu sendiri, selama pemberian, sobat juga wajib melakukan hal berikut :  (Baca juga mengenai merawat sugar glider agar sehat)

Sponsors Link

  • Jagalah selalu kebersihan kandang dan badan musang peliharaan. Kandang dan badan musang peliharaan yang kotor akan membuat kulit musang peliharaan menjadi iritasi dan akhirnya akan menyebabkan kerontokan, terutama di bagian ekor.
  • Selalu bersihkan kandang musang peliharaan minimal sehari sekali dan mandikan musang peliharaan minimal 3 hari sekali dengan shampo bayi yang tidak pedih di mata atau shampo kucing.
  • Berikan makanan bergizi, musang peliharaan yang stress dan bergizi buruk ditandai dengan rontoknya bulu musang peliharaan. Maka dari itu, jaga selalu pola pemberian makan pada musang peliharaan.

6. Berikan dengan Takaran Sesuai Petunjuk atau Konsultasi dengan Dokter Hewan

Untuk dosis pemberian, sebenarnya sudah ada aturan bakunya yang tertera di kemasan atau sobat bisa memberikannya dengan konsultasi melalui dokter hewan terlebih dahulu sehingga bisa mendapat manfaatnya dengan maksimal yakni sebagai berikut :

ads
  • Meningkatkan daya tahan tubuh musang peliharaan sobat terhadap berbagai macam penyakit.
  • Memperbaiki / meningkatkan nafsu makan musang peliharaan .
  • Membantu dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan luka .
  • Bagi musang yang berbulu panjang dan lebat, dapat membantu pertumbuhan bulu menjadi lebih cerah dan halus.

7. Campurkan dengan Susu

Untuk menambah rasa dan selera musang peliharaan, sobat bisa pula menambahkan suus pada minyak ikan sehingga musang peliharaan lebih bersemangat untuk meminumnya karena memiliki rasa yang lebih lezat, campurkan dan berikan secara langsung di suatu wadah hingga musang peliharaan menjilatinya dengan reflek, biarkan sampai habis.

8. Memberikan Secara Langsung Ketika di Kandang

Nah sobat, jika musang peliharaan biasanya tidak masalah jika diberikan minyak ikan, sobat bisa langsung memberikannya, potong ujung kapsul minyak ikan sedikit dan keluarkan sedikit cairannya, dekatkan pada hidungnya hingga musang peliharaan secara otomatis menjilatnya.

9. Dicampurkan ke Dalam Minuman

Minyak ikan juga bisa sobat berikan pada musang peliharaan dengan mencampurkannya ke dalam minumannya, berikan pada waktu makan ya sobat, pastikan jumlah air tidak terlalu banyak agar segera dpaat diminum dan dihabiskan oleh musang peliharaan serta mencegah minyak ikan yang diberikan terpapar kotoran atau kuman.

10. Memberikan dengan Paksa

Jika musang peliharaan tidak mau makan minyak ikan padahal vitamin tersebut amat bermanfaat untuknya, kadangkala sobat harus memaksanya ya terlebih ketika ia dalam kondisi kurang fit, letakkan kapsul minyak ikan di dekat kerongkongan dengan cara memasukannya dengan tangan sobat. Posisikan kapsul di dekat kerongkongan dan di atas lidah.

Setelah minyak ikan ditaruh di tempat yang benar segera tutup mulut dan tahan beberapa saat sampai anjingmusang peliharaan mengeluarkan lidahnya beberapa kali. Jika musang peliharaan sudah mengeluarkan lidahnya berarti minyak ikan sudah tertelan.

11. Perhatikan Dosis Pemberian Sesuai Umur dan Kebutuhan

Untuk pemberian, perhatikan dosis berikut ya sobat, jika dosis kurang tentu kurang bermanfaat maksimal, sedangkan jika berlebihan dapat beresiko sakit atau diare, sebab itu pahami dan jalankan sesuai aturan pemberian berikut:

  • Dosis pemberian minyak ikan untuk musang peliharaan di bawah umur 7 bulan cukup 1 kapsul setiap minggu. Sebaiknya, campur minyak ikan ke makanan yang akan diberikan kepada musang peliharaan.
  • Dosis pemberian minyak ikan untuk musang peliharaan di atas umur 8 bulan, sobat bisa memberikan 2 kapsul setiap minggu.
  • Sebaiknya jangan melebihi dosis pemberian kecuali atas petunjuk dokter hewan.
Sponsors Link

12. Penanganan Bila Terjadi Komplikasi

  • Segera hentikan pemberian minyak ikan kepada musang peliharaan bila musang peliharaan terlihat sakit setelah diberi minyak ikan.
  • Berikan ramuan kesehatan musang peliharaan, dan berikan makanan berupa buah buahan selama seminggu setelahnya. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter hewan terdekat.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga bermanfaat ya sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 13:57 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan