Sponsors Link

7 Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Anjing

Sponsors Link

Dalam proses merawat anjing, berbagai macam cara harus dilakukan dengan benar agar kondisi anjing selalu dalam kesehatan yang baik dan memiliki kebersihan tubuh yang selalu terjaga.

ads

Terjaganya kebersihan tersebut dapat mencegah terjadinya berbagai macam masalah kesehatan yang tentu bisa jadi sangat berdampak merugikan bagi anjing maupun pemilik anjing itu sendiri.

Dalam artikel ini, arenahewan.com akan menjelaskan mengenai salah satu proses menjaga kebersihan anjing terutama dalam hal kesehatan gigi.

Berikut ini beberapa cara membersihkan karang gigi pada anjing baik baik dan benar. (Baca juga : cara mengatasi anjing depresi)

  1. Pahami bahaya penumpukan karang gigi pada anjing

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik anjing terkait dengan kondisi kebersihan karang gigi adalah memahami bahaya dari adanya penumpukan karang gigi pada anjing kesayangannya sehingga proses pembersihan akan dilakukan secara rutin. Bahaya adanya penumpukan karang gigi pada anjing tersebut diantaranya seperti menyebabkan gigi goyang atau copot sebelum waktunya, menimbulkan penyakit tertentu, dan menimbulkan bau pada mulut anjing.

  1. Gunakan mainan pembersih gigi

Anjing peliharaan seringkali selalu merasa senang dan antusias ketika diberikan mainan untuk digunakan bermain. Salah satu cara membersihkan karang gigi pada anjing yang sederhana namun efektif adalah dengan menggunakan mainan pembersih gigi. Pemberian mainan tersebut merupakan langkah pencegahan agar karang gigi tidak banyak menumpuk. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersbumbat pada anjing)

  1. Berikan snack pembersih gigi anjing

Selain penggunaan mainana yang berfungsi untuk pembersih gigi anjing, beberapa jenis snack yang dapat dibeli dari toko hewan peliharaan terdekat juga dapat membantu membersihkan karang gigi. Pemberian snack pembersih karang gigi tersebut hanya efektif untuk mencegah maupun membersihkan karang gigi yang tidak terlalu banyak menumpuk. (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)

  1. Scalling Teeth

Cara pembersihan karang gigi selanjutnya yang paling efektif namun perlu meminta bantuan para tenaga medis hewan adalah dengan menggunakan alat pembersih karang gigi pada anjing yang disebut dengan nama scalling teeth. Proses penggunaan scalling teeth berbeda pada setiap umur anjing dan terkadang membutuhkan upaya pembiusan. Scalling teeth pada anjing sudah didesign khusus untuk penggunaan gigi anjing yang khas.

  1. Menggosok gigi anjing 

Untuk menghindari dan memberihkan karang gigi yang sudah ada maka dapat dilakukan melalui proses gosok gigi pada anjing. Agar anjing dapat menerima kondisi penggosokan gigi tersebut maka sebaiknya lakukan dengan benar mulai dari tahap pengenalan sikat gigi maupun pasta giginya secara perlahan dan pelan pelan hingga anjing merasa bahwa aktivitas menggosok gigi merupakan aktivitas rutin. (Baca juga : cara mengatasi anjing demam)

  1. Memperhatikan jenis makanan yang diberikan kepada anjing

Agar kondisi anjing tidak mengalami keadaan penumpukan karang yang lebih parah maka sebaiknya perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anjing terlebih dahulu. Memilih jenis makanan yang mudah dikunyah dan tidak menimbulkan bekas pada sela sela gigi anjing dapat dilakukan pada saat proses pembersihan karang gigi tersebut.

  1. Rutin membersihkan gigi anjing dengan benar

Pembersihan gigi anjing baik melalui proses scalling teeth dengan bantuan alat dan tenaga medisnya serta proses penyikatan gigi anjing sebaiknya dilakukan secara ruting dan konsisten. Untuk proses scalling teeth dapat dilakukan setidaknya satu tahun sekali dan pengosokan gigi dapat dilakukan secara rutin setiap hari. (Baca juga : cara merawat anjing agar gemuk)

Itulah beberapa cara membersihkan karang gigi pada anjing yang benar dan tentu aman. Pembersihan karang gigi harus selalu menjadi perhatian dengan baik mengingat ada banyak bahaya dibalik kondisi penumpukan karang pada gigi anjing.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 02:21 Oleh :
Kategori : Anjing