Sponsors Link

7 Cara Membuat Pakan Puyuh Pola HCS

Sponsors Link

Beternak memang menyenangkan, akan tetapi tidak semudah yang di bayangkan.

ads

Berhubungan dengan hewan ternak kita tidak bisa sembarangan dalam memperlakukan. Akan amat fatal bila anda tidak bisa merawat dengan baik dan bagaimana perlakuan yang pas untuknya.

Banyak sekali hewan yang bisa di ternak, salah satunya burung puyuh. Jenis burung ini sangat familiar sekali karena mampu menghasilkan telur-telur. Berbeda dengan jenis burung lainnya, burung puyuh menghasilkan telur yang seringkali kita temui.

Telur puyuh banyak di jual di pasaran dengan harga terjangkau, namun ada kalanya melonjak tinggi. Sedangkan untuk harga sangat murah tidak pernah terjadi karena ternak telur puyuh memang tidak begitu mudah seperti Anda ternak ayam petelur.

Inilah alasan mengapa anda harus mencoba untuk memulai bisnis beternak burung puyuh. Dengan membudidayakan sendiri, keuntungan yang anda dapatkan bisa di rasakan. Hal ini mampu menambah penghasilan bagi anda yang ingin menambah uang untuk kebutuhan sehari-hari atau di tabung.

Hanya mengandalkan gaji pokok saja tentu tidak selalu mencukupi. Sedangkan kebutuhan pokok semakin banyak dan harga melonjak. Sehingga anda perlu membuka lapangan usaha sendiri dengan beternak burung puyuh.

Dalam berbudidaya burung puyuh anda harus memberikan perawatan yang terbaik dan asupan seimbang.

Tujuan ini adalah untuk mendapatkan kualitas telur puyuh berkualitas. Salah satu yang wajib di perhatikan adalah pakan yang akan anda berikan. Cara membuat pakan Puyuh pola HCS akan menjadi topik kali ini. (Baca Juga: Cara Sukses Ternak Puyuh Petelur)

Jika anda sedang melakukan budidaya puyuh, membaca panduan cara membuat pakan Puyuh pola HCS sangat penting untuk anda dan sangat sayang untuk di lewatkan. Bagaimana cara pembuatan pakan untuk puyuh dengan pola HCS, simak berikut ini:

  1. Mencari Panduan

Untuk memudahkan anda membuat pakan puyuh, apabila anda sendiri sama sekali belum mengerti sebaiknya mencari panduan yang tepat.

Diantaranya bisa dengan bertanya pada orang sekitar atau dengan browsing dan searching untuk menemukan artikel yang tepat.

Misalnya adalah seperti artikel berikut yang membahas tuntas mengenai bagaimana cara membuat pakan puyuh, dan di website ini juga tersedia berbagai jenis cara ternak puyuh yang baik dan benar. Dengan adanya panduan anda akan makin mudah membuat pakan untuk burung puyuh. (Baca Juga: Cara Beternak Puyuh Petelur Untuk Pemula)

  1. Persiapan Bahan

Dalam pembuatan pakan puyuh pola HCS, adapun bahan yang di perlukan adalah jagung giling sebanyak 40 %, bekatul atau dikenal dengan dedak halus 20%, bungkil kedelai 25%, tepung ikan sebanyak 10%, serta di tambah dengan remik, obat dan antibiotik cukup 5% saja.

Jika anda sudah mempunyai semua bahan tersebut maka makin cepat langkah anda membuat pakan puyuh.

Sponsors Link

  1. Siapkan Wadah

Sediakan wadah yang akan di gunakan sebagai media dalam pembuatan pakan puyuh. Semua bahan tersebut akan di campur menyatu, sehingga sangat penting bagi anda untuk menggunakan ember bersih.

Pastikan wadah yang anda gunakan steril dan higienis. Tetapi sebenarnya anda bisa juga membuatnya di atas lantai. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Puyuh di Rumah)

  1. Tambahkan Komponen Bahan

Selanjutnya, campurkan terlebih dahulu bahan mikro seperti vitamin, antibiotik, serta obat menjadi satu. Semua bahan yang telah tercampur nantinya di aduk rata sampai benar-benar menyatu. Semakin rata pencampuran bahan ini maka akan semakin berkualitas juga kualitas pakan yang dihasilkan.

  1. Proses Hamparan

Setelah semua bahan telah anda buat, selanjutnya hamparkan satu persatu bahan ke atas lantai atau wadah yang telah di siapkan dimulai dari yang terbanyak seperti jagung giling, bungkil kedelai, dedak, tepung ikan dan kemudian bahan mikro yang sebelumnya sudah dicampur secara merata.

  1. Pengadukan

Tahap ke 6 akan kembali pada proses pengadukan. Setelah semua telah di hamparkan, aduk-aduk kembali semua yang ada. Pastikan semua menjadi satu dan kalis supaya burung puyuh memiliki nafsu tinggi untuk memakannya. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Puyuh)

Sponsors Link

  1. Memberikan Pada Burung

Setelah anda melakukan 6 tahap di atas, selanjutnya pakan telah siap di berikan pada burung puyuh. Berikan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pakan puyuh pola HCS tersebut sangat penting di berikan pada puyuh sebagai sumber nutrisi. Sebagai peternak anda wajib mempelajari semua hal tentang tata cara beternak sampai dengan bagaimana pembuatan pakannya.

Perhatian yang anda berikan sangat memengaruhi hasil serta kualitas telur puyuh anda. Semakin baik anda memberikan asupak seimbang dan pakan yang sesuai maka akan baik pada telur puyuh nantinya.

Sebaiknya anda memang harus rajin membaca panduan – panduan serta tata cara beternak sebagai tambahan wawasan anda, mungkin di website ini Anda bisa mendapatkan seluruh panduan tentang berbagai macam cara beternak maupun cara lainnya seputar hewan.

Telur puyuh mempunyai gizi bagus bagi tubuh dan kesehatan, sehingga banyak orang membeli telur puyuh di pasaran untuk menu hidangan mereka.

Telur ini banyak mengandung protein yang memenuhi kebutuhan tubuh. Telur puyuh bisa di sajikan dalam bentuk apapun, mulai dari sekedar di rebus, di buat balado sampai dengan di bikin sate. (Baca Juga: Cara Sukses Ternak Itik Petelur)

Demikian panduan yang telah di berikan tentang bagaimana cara membuat pakan Puyuh pola HCS yang sangat simple sekali. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 19th, August 2018 / 06:25 Oleh :
Kategori : Burung