Sponsors Link

13 Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor Bagi Pemula

Sponsors Link

Burung kicauan satu ini memiliki berbagai istilah yaitu cendet dan pentet. Burung pentet ini meupakan salah satu jenis burung kiacauan yang memiliki banyak penggemar.

ads

Inilah mengapa tak jarang banyak orang yang mempelajar beberapa teknik merawa dan juga cara ampuh membuatnya bisa ngacor seperti halnya cara merawat burung kutilang.

Hal ini disebabkan oleh kempuan dari burung ini yang mampu meniri berbagai suara burung lainnya dan kicauannya yang lantang nan merdu sangat indah dan enak di dengar. Inilah mengapa para pecinta burung kicauan tentunya tidak bisa menolak pesona dari burung pentet ini. Adanya perawatan yang konsisten dan baik akan menghasilkan burung pentet yang jinak, bagus dan bisa ngacor dengan baik.

Walaupun tingkat bangus atau tidaknya kicauan burung pentet atau kesukssan dari gacor yang di lakukan oleh burung pentet tidak lepas dari kualtas unggul yang mereka miliki. Walaupun cara perawatannya hampir sama dengan budidaya burung anis merah dan burung kicauan lainnya. Namun, anda tetap di tuntut untuk melakukan kosistensi dalam perawatan. Sedangkan mendapatkan burung pentet dari indukan yang berkualitas unggul akan mempermudah usaha perawatan anda dalam mendapatkan calon burung pentet yang ngacor sempurna.

Namun, jika anda tidak merawatnya dengan baik maka juga tidak akan maksimal. Kesimpulannya, kedua faktor tersebut harus ada secara berkesinambungan agar mendapatkan burung pentet yang bisa ngacor dengan bagus dan menjadi sang juara. Ada beberapa tips dan pemeliharaan khusus untuk burung petet agar bisa ngacor, penasaran bagaimana caranya? Yuk simak 13 cara memelihara burung pentet agar ngacor berikut ini :

Tips Jitu

Tentunya hal ini adalah hal yang sangat di tunggu tunggu para pecinta burung pentet atau seorang peterak burung pentet. Karena burung pentet yang bisa berkicau dengan bagus akan memiliki daya jual yang lebih daripada yang lainnya. Ada banyak cara agar burung pentet bisa ngacor dan berkicau secara aduhai. Seperti halnya cara perawatan cucak ijo, agar jenis burung kicauan ini bisa ngacor anda harus meluangkan waktu anda dalam merawat mereka. Berikut beberapa tips serta cara perawatan agar burung pentet bisa rajin berkicau, yaitu :

1. Memperhatikan Jenis Pakan Burung Pentet

Agar burung pentet anda rajin gacor dan sering berkicau, maka anda harus lebih rajin dalam mengganti voer yang sudah lama dengan voer baru sekali 2 hari. Jenis voer yang di berikan adalah yang memiliki kandungan protein 12 hingga 18 %. Pemberian pakan ideal dari burung pentet ini juga sangat beragam dan bervariatif. Ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan dari asupan burung pentet terhadap kebutuhan karbohidrat, protein, mineral dan vitamin yang tidak pernah kekurangan.

2. Memperhatikan Jenis Kelamin Dari Burung Pentet

Hal yang sama ketika cara mengatasi burung kenari yang macet bunyi terjadi, maka anda pad dasarnya harus memilih jenis kelamin yang tepat untuk di latih supaya bisa ngacor dengan baik. Karena biasanya jenis burung pentet jantan akan menghasilkan suara kicuan lebih baik. Memiliki tanda berupa warna bulu mengkilap, hitam dan tegas adalah ciri-ciri jenis pentet jantan.

3. Memperhatikan Kebersihan Dari Kandang

Menjadikan kualitas kucauan burung pentet agar bagus dan ngacor bisa di tentukan dengan memperhatikan kebersihan dari kandangnya. Lakukanlah membersihkan kandang secara rutin setiap harinya, termasuk membersihkan remah-remah dan membersihkan kotorannya. Akan lebih baik juga jika anda menggunakan air yang telah dimasa dan bersih untuk minum burung pentet ini.

Sponsors Link

4. Tempat Penjemuran dan Pemandian Burung Pentet

Jika kita membahas hal yang paling ideal dalam pemeliharaan burung pentet, maka terlebih dahulu burung ini harus di agin-anginkan sebelum anda melakukan proses pemandian menggunakan keramba. Sesuaikan jadwal dengan hal yang biasa di lakukan. Biasanya para master burung pentet akan melakukan penjemuran pada waktu pagi hari diantara jam 8 hingga jam 10 pagi.

Ini biasanya di lakukan para master burung yang menginginkan buungnya ngacor dan memiliki kicauan yang merdu. Jangan biarkan burung pentet saling berdekatan ketika anda melakukan penjemuran. Sebelum anda kembali mengkerondongkan burung pentet, maka sebaiknya dan melakukan penganginan terlebih dahulu selama 10 menit pertama.

5. Melakukan Proses Pemasteran

Melakukan proses Pemasteran adalah salah satu hal yang bersifat wajib untuk di lakukan dalam melatih burung pentet agar ngacor dan bersuara merdu. Biasanya pemasteran akan di lakukan dengan memutar mp3 player yang berisi rekaman suara-suara kicauan merdu dan lama. Biasanya waktu terbaik melakukan pemasteran adalah siang dan sore hari antara jam 11 hingga jam 3. Lakukan pengerondongan ketika melakukan pemasteran agar mendapatkan hasil terbaik. Anda juga bisa melakukan pemasteran ketika malam hingga pagi hari.

6. Mengansingkan Burung Pentet

Jika tiba-tiba burung pentet anda berhenti atau mengalami kemacetan saat berbunyi, maka langkah awal yyang perlu anda lakukan adalah melakukan pengasingan. Isolasi burung pentet tersebut dari burung-burung lainya. Tujuan isolasi ini agar burung pentet tersebut tidak melihat kawan atau lawannya untuk sementara waktu. Agar burung pentet tersebut tidak merasa tersaingi, tertekan atau bahkan takut.

7. Berilah Makanan Sayuran Segar

Jangan mengabaikan burung pentet ketika anda melakukan isolasi. Malah anda harus memberikan perhatian ekstra ketika burung tersebut di isolasi. Beberapa perawatan khusus yang bisa di lakukan adalah memberikan makanan sayuran dan buah-buahan segar.

ads

8. Lakukan Pertukaran Sangkar

Jangan biarkan burung pentet menjadi stress hanya karena berada di sangkar yang sempit. Sangkar sangat memiliki peranan penting dalam budidaya burung kicauan misalnya saja dalam  cara merawat lovebird agar ngekek panjang. Perhatikan ukuran serta kebersihan kandang. Jangan biarkan kandang koto atau sempit. Ganti dengan kandang yang sedikit agak besar agar mempunyai cukup ruang untuk pergerakan burung pentet.

9. Gunakanlah Kerondong Saat Burung Pentet Melakukan Istirahat

Anda bisa menggunakan fasilitas kerondong ketika burung pentet sedang tidak melakukan hala-hal lain atau sedang beristirahat. Ini akan memudahkan burung pentet tersebut dalam mendapatkan istirahat yang maksimal, karena tidak akan terganggu oleh sinar mantahari dan memudahkan mereka mendapatkan pola istirahat yang cukup.

10. Pemberian Vitamin Sekaligus Multivitamin

Selain pemberian pakan pokok, anda bisa memberikan vitamin atau multivitamin untuk menambah peforma dari burung pentet tersebut. Biasanya suplemen yang di gunakan adalah Ebod Vit, Ebod Joss atau sejenis vitamin lainya. Ebod Vit biasanya untuk menambah kebugaran dan menjaga kesehatan. Sedangkan untuk membantu agar suara dan burung tersebut dapat ngacor di gunakan ebod joss. Jadi campuran keduanya adalah salah satu yang sangat dianjurkan bagi anda yang menginginkan kualitas terbaik.

11. Jauhkan Sangkar Dari Predator

Ada banyak penggangu yang bisa mengusik ketenangan burung pentet. Beberapa tangan jahil atau bahkan predator. Inilah mengapa anda harus mempertimbangkan untuk menjaga keamanan burung pentet dengan cara menjauhkannya dari berbagai predator dan penggangu yang dapat mebahayakan dan menggangunya. Pastikan lokasi kandang adalah tempat yang aman dan bebas dari gangguan.

12. Memberikan jamu

Beberapa rempah khusus bisa di racik dan di jadikan jamu khusus untuk memancing pentet agar ngacor dan bersuara merdu. Agar burung pentet mulai terbiasa dengan perlombaan, maka anda harus melakukan pemberian jamu dalam kurun waktu seminggu sekali. Walupun anda bisa meracik sendiri jamu tradisional tapi tentunya da beberapa jenis jamu yang telah di jual bebas di pasaran.

13. Memberikan Extrafood

Seperti halnya vitamin maupun multivitamin, ekstrafood sama pentingnya dalam perkembangan burung pentet. Dimana anda bisa memberikan beberapa pakan alami bernutrisi dan kaya akan protein seperti kroto dan ulat hongkong. Ini merupakan suplai protein alami yang bagus bagi burung kicauan. Berikanlah jangkrik 4 ekor pada saat pagi dan 2 atau 3 ekor saat sore. Rajinya burung pentet berbunyi dan ngacor juga di pengaruhi oleh pemberian EF atau pakan terbaik.

Berikut ini testimoni dari seorang pencinta burung yang membuat burung cendetnya gacor dan berkicau.

Selain beberapa hal tersebut, anda juga harus memperhatikan beberapa hal umum seperti pemberian makan dan minum yang tepat waktu. Kebisingan dan keamanan lingkungan sekitar agar burung pentet tidak terganggu dan bisa melakukan pelatihan secara optimal. Rajin-rajinlah dalam melakukan pemasteran, membersihkan dan memandikan burung pentet tersebut. Jangan lupa bahwa semua faktor saling berhubungan dan berkesinambungan dalam mendapatkan burung pentet kualitas juara.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 19th, December 2017 / 02:24 Oleh :
Kategori : Burung