Sponsors Link

12 Cara Menambah Nafsu Makan pada Burung Merpati

Sponsors Link

Memiliki burung merpati yang sehat dan gemuk tentu menjadi impian tiap pemelihara merpati, sebab menyenangkan ketika memandang merpatinya sehat dan aktif,

ads

namun ada kalanya merpati mengalami penurunan nafsu makan karena berbagai hal seperti faktor lingkungan, kondisi tubuh, atau dari pakan yang diberikan itu sendiri.

Nah sobat, pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas lengkap mengenai 12 Cara Menambah Nafsu Makan pada Burung Merpati sehingga dapat menyehatkan burung merpati

dan jika burung merpati tersebut dijual tentu bisa memberikan keuntungan yang lebih besar lagi. Yuk sobat simak selengkapnya. Cara alami bisa menggunakan ramuan yang dibuat dari bahan alami yakni sebagai berikut :

1. Ramuan Brotowali

Bahan: – Tiga helai daun brotowali – Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil – Dua gelas air. Cara Membuat: Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minumkan pada burung merpati sekali sehari satu sendok, lakukan selama beberapa hari. (Baca juga mengenai cara sukses ternak burung merpati)

2. Ramuan Lengkuas

Bahan: – tiga jari rimpang lengkuas – 50 mililiter air matang. Cara meramu : Lempu yang dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air dan diperas. Air perasan diminumkan pada burung merpati tiga kali sehari satu sendok makan. Lakukan ini sebelum makan selama beberapa hari.  (Baca juga mengenai tips merawat merpati aduan)

3. Ramuan Daun Pegagan

Bahan: – satu genggam daun pegagan – dua gelas air. Cara Membuat: Daun pegagan dicuci bersih kemudian ditambah air dan direbus dalam keadaan tertutup hingga mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring.

Air saringan diminumkan pada burung merpati satu sendok sehari, lakukan selama beberapa hari. Selain direbus, daun pegagan segar bisa juga dikunyahkan dengan dipotong kecil dan tambah ke pakannya. Ambillah sebanyak 15-30 gram daun pegagan segar.  (Baca juga mengenai cara budidaya merpati kipas)

4. Ramuan Daun Pepaya

Bahan: – Satu helai daun pepaya – Garam dapur secukupnya – Setengah gelas air matang. Cara Membuat: Setelah dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminumkan sekaligus. Lebih baik diminumkan pada burung merpati pada pagi hari. Meramunya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.  (Baca juga mengenai cara budidaya merpati potong)

Sponsors Link

5. Ramuan Temulawak

Bahan: – Dua jari rimpang temulawak – Dua jari rimpang lengkuas – Setengah genggam daun meniran – dua gelas air. Cara Membuat: Semua bahan dicuci bersih. Setelah itu dipotong kecil-kecil dan masukkan dalam wadah. Tambahkan air dan rebuslah hingga mendidih selama 15 menit. Biarkan sampai dingin, kemudian larutan disaring. Minumkan pada burung merpati dua kali sehari setengah sendok, lakukan beberapa hari.  (Baca juga mengenai cara menjodohkan merpati)

6. Ramuan Daun Pandan Wangi

Bahan: – 5 lembar daun pandan wangi – 3 gelas air. Cara Membuat: Potonglah kecil-kecil daun pandan wangi. Kemudian masukkan dalam wadah dan tambahkan tiga gelas air. Rebuslah sampai airnya menjadi dua gelas. Setelah dingin, minumkanlah pada burung merpati dua kali sehari. Sekali minum satu sendok.

ads

7. Memberikan Kacang Tanah

Pemberian makanan berupa kacang tanah pada burung merpati merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan agar burung merpati nafsu makannya bertambah. Ini adalah makanan spesial bagi burung merpati, mengingat biasanya, burung merpati memakan jagung sebagai makanan utama.

Meskipun jagung juga sudah mengandung protein yang cukup tinggi, menambahkan protein ekstra dalam kandungan kacang tanah sangat baik bagi burung merpati. Di samping itu, kacang tanah umumnya sangat disukai oleh burung merpati. Di antara biji-bijian lainnya yang digunakan sebagai pakan burung, kacang tanah memiliki kandungan protein yang paling tinggi.

8. Jika Burung Menolak Diberikan Kacang Tanah

Seringkali burung merpati tidak mau makan kacang. Hal ini perlu dibiasakan. Ini wajar saat awal-awal pemberian pakan kacang tanah. Nanti, saat sudah mengenal dan terbiasa, burung merpatiakan dengan lahap menyantap makanan protein ekstra ini.

Untuk membiasakannya, sobat dapat membiarkan burung merpati dalam keadaan lapar. Baru kemudian memberi kacang tanah sebagai makanan. Dalam keadaan lapar, biasanya burung merpati lebih tidak pilih-pilih pakan, termasuk memakan makanan yang belum terbiasa.

9. Berikan Pur Babi

Untuk merpati piyikan, jenis makanan ini sangat direkomendasikan agar burung merpati nafsu makannya bertambah sehingga cepat gemuk. Jenis pakan burung merpati ini sangat baik karena kaya dengan nutrisi dengan takaran yang cocok untuk burung merpati.

10. Berikan Kacang Hijau

Jenis makanan ini sangat baik untuk burung merpati. Di samping untuk mempercepat nafsu makan dan penggemukan burung merpati, jenis makanan ini juga sangat baik agar burung merpati subur dan cepat bertelur. Kandungan protein yang cukup tinggi pada kacang hijau dan ukurannya yang kecil biasanya disukai oleh burung merpati secara alami.

11. Campur Kacang Merah pada Pakannya

Kacang merah adalah biji dari kacang panjang. Ukurannya bulat memanjang. Secara alami makanan ini juga tidak terlalu besar sehingga mudah untuk ditelan burung merpati. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk membuat burung dara cepat lapr dan nafsu makannya bertambah, gemuk, dan sehat.

12. Lakukan Pola Makan yang Benar

  • Sebenarnya, agar burung merpati nafsu makan, pola makannya sama saja. 2-3 kali sehari cukup untuk burung merpati.
  • Beberapa orang menggunakan pola makan pagi dan sore hari. Sementara orang lain, menggunakan pola 3 kali makan, pagi, siang, dan sore.
  • Setiap kali memberi makan, berikan kacang tanah sebagai pakannya disamping pakan utama. Kira-kira 10 butir kacang tanah untuk tiap ekor burung merpati.
Sponsors Link

  • Jika indukan sedang memberi makan piyikan, gunakan pur babi sebagai tambahan agar nutrisi ini masuk juga pada si anak. Tekstur pur yang lembut dapat memudahkan indukan untuk meloloh piyikannya.
  • Pemberian tambahan pakan dengan kacang tanah dapat dilakukan pada pagi saja, siang dan sore tidak diberikan, atau dengan memberikan setiap kali makan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan yang berkualitas. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 13:01 Oleh :
Kategori : Burung