Sponsors Link

13 Cara Mencegah Flu Burung pada Ayam Bangkok

Sponsors Link

Mengetahui 13 cara mencegah flu burung pada awayam bangkok memang bukanlah hal yang mudah dan memang harus diketahui semua peternak.

ads

Karena penyakit flu burung ini adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang mudah menyerang ayam dnegan jenis apapun termasuk juga ayam bangkok. Bahkan ini juga mudah menyerang kalangan manusia.

Jadi, kita memang harus mengetahui lebih lanjut tentang 13 cara mencegah flu burung pada ayam bangkok tersebut.

Karena peternakan unggas baik itu sejenis, burung, ayam maupun itik akan sangat rentan terserang penyakit ini dan menyebabkan banyak kerugian karena kematian massal yang menyerang ternak-ternak tersebut. inilah uraian cara mencegah flu burung pada ayam bangkok tersebut :

1. Mengetahui gejala atau ciri-ciri ayam bangkok yang terinfeksi

Hal pertama yang bisa menjadi solusi pencegahan adalah dengan mengetahui bagaimana ciri-ciri dari ayam bangkok yang terinfeksi.

Karena ini akn menjadi panduan utama dalam pencegahan dan mengatasi masalah penularan ke ayam bangkok lainnya di dalam kandang ternak tersebut nantinya.

Adapun beberapa ciri-ciri dari ayam bangkok yang terinfeksi adalah terlihat lemas saat pemberian makan, jengger ayam bangkok yang biasanya bewarna merah menjadi terlihat lebih pucat, ayam tidak lagi atraktif, lebih banyak diam dan seperti terlihat sedang mengantuk. (Baca juga tentang : cara mengatasi kaki lemas pada ayam bangkok)

2. Jaga Kebersihan Kandang

Agar tidak mudah terjangkit masalah flu burung maka anda harus lebih memperhatikan dan selalu rajin dalam membersihkan kandnag ayam bangkok ini.

Karena kandang yang kotor menjadi salah satu sarang dan menyebabkan flu burung mudah menginfeksi kawanan ayam bangkok yang sedang dipelihara.

Bahkan bukan hanya maslaah kebersihan kandang. Anda juga harus lebih memperhatikan kebersihan peralatah yang digunakan untuk berinteraksi dengan ayam-ayam bangkok tersebut.

Seperti tempat makan, tempat minum bahkan tangan anda juga pastikan dalam kondisi yang steril saat bersentuhan dan berinteraksi dengan mereka.

Sponsors Link

Jika anda membiarkan tempat air minum terlalu lama maka akan terlihat kumpulan lumut yang berada di sana.

Maka bersihkan dan gosok dengan baik hingga lumut menjadi hilang. Bahkan temppat makanan juga harus dipastikan dalam kondisi yang bersih dan tidak kotor.

3. Pemberian Vitamin

Pastikan anda memberikan tambahan nutrisi agar ayam bangkok tidka mudah terserang penyakit dna menjadi lebih fit atau sehat.

Untuk itu, tambahkan minuman vitamin yang biasa dicampurkan kedalam air minum dari kawanan ayam bangkok tersebut. jangan lupa juga untuk memberi mereka makanan secara teratur dan berilah makanan yang bergizi.

Pemberian makanan secara teratur ini akan menyebabkan tubuh ayam bangkok menjadi lebih fit dna optimal.

Hingga tidak mudah menyebabkan mereka terserang beragam jenis penyakit apapun.

Inilah gunanya kita selalu memastikan kecukupan gizi dan pemberian makanan yang tepat terhadap ternak ayam bangkok. (Baca juga tentang : cara ternak burung perkutut bangkok)

4. Isolasi Ayam Yang Terinfeksi

Penularan dari penyakit flu burung ini amatlah mudah. Jadi, pastikan anda mengisolasi dengan baik ayam bangkok yang terinfeksi dan jauhkan dari gerombolan ayam yang lain agar tidak menyebabrkan masalah dan menyebarkan infeksi flu burung ini.

ads

Bahkan jika anda mengetahui masalah infeksi ayam lain yang berada di areal peternakan ayam anda maka tutuplah dengan rapat kandang ayam bangkok anda tersebut.

Ini akan meminimalisir masalah penyebaran dari virus flu burung dan menghindarkan ayam bangkok anda memakan makanan sisa dari ayam lain yang positif terkena flu burung tersebut.

5. Vaksin

Upaya pencegahan mendasar lainnya adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan termasuk hewan ternak berupa ayam bangkok ini.

Karena dengan melakukan vaksinasi maka kita sudah melakuakn tindakan pencegahan yang sangat efektif dan bahkan bisa menghentikan masalah rantai penularan penyakit flu burng.

Karena ini merupakan penyakit yang mudah menular. Bahkan tidak hanya menular antara sesama unggas namun juga dari hewan ternak ke manusia.

Maka pastikan anda melakukan hal yang benar. Cuci tangan hingga bersih saat bersentuhan dengan ayam bangkok yang terinfeksi. (Baca juga tentang : cara ternak ayam bangkok pedaging)

6. Astragalus

Agar mudah untuk mengatsi masalah flu burung pada ayam bangkok maka harus mengetahui jenis pengobatan alami seperti dengan menggunakan ramuan rempah astragalus yang nantinya berkhasiat dalam mengembalikan kekebalan tubuh. Ini merupakan jenis ramuan yang kerap digunakan.

Ramuan dari rempah ini akan mengoptimalkan perlindungan tubuh dan akan membuat ayam bangkok menjadi lebih berstamina dan kuat.

Ini bahkan ramuan yang sudah dikenal dengan baik dikalangan masyarakat Cina.

Bisa membuat sel-sel darah menjadi lebih aktif dalam mengatasi serangan virustersebut.

7. Echinacea

Cara lainnya yang tak kalah efektif dalam emmbasmi virus flu burng adalah dengan menggunakan tanaman ini.

Ini dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa menetralisir maslah racun dan menetralisir darah.

Ini akan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan bisa mengatsi masalah virus flu burung ini.

8. Bawang Putih

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika banyak yang menggunakan bantuan ekstrak dari bawang putih untuk mengatasi dan menyembuhkan banyak masalah.

Salah satunya adalah masalah serangan flu burung ini. Nantinya, ayam bangkok yang terkena bisa memakan makanan yang dicampur dengan bawang putih yang tealh dihaluskan. (Baca juga tentang : gejala turun urat pada ayam bangkok)

9. Forysthia

Ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki kandungan antivirus terbaik dan mudah ditemukan di kawasan Asia.

Ini bahkan sangat dianjurkan untuk dimakan agar bisa mengatasi amsalah penyebaran virus flu burung pada ayam bangkok tersebut.

10. Kunyit

Rempah dan bumbu dapur yang satu ini adalah herbal yang memiliki kandungan anti inflamasi yang bernama kurkumin.

Jadi ini adalah salah satu pengobatan dan cara untuk mengatasi masalah ayam yang terjangkit flu burung.

11. Bubuk Cabai

Menggunakan bubuk cabai juga diperlukan agar ayam yang terinfeksibisa kembali fit dan mudah untuk mengatsi serangan flu burung tersebut. (Baca juga tentang : cara merawat ayam bangkok)

12. Ekstrak Daun Zaitun

Ini merupakan pengobatan alternatif yang bsia melawan masalah virus yang menyerang ayam bangkok terinfeksi.

Bahkan tambahkan dnegan minyak oregano agar menghasilkan efek yang optimal.

13. Menghubungi Dokter

Jika masalah flu burug tak lagi bisa teratasi dan sudah menyebar ke banyak ayam maka cobalah meminta bantuan dokter hewan. Nantinya ayam dan kandang akan disterilisasi.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 03:23 Oleh :
Kategori : Ayam