Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Belekan Pada Anak Kucing

Sponsors Link

Kucing memang binatang lucu dan menggemaskan. Apalagi untuk jenis kucing ras berbulu lebat, hampir semua orang pasti melirik. Sayangnya, ada beberapa masalah yang mungkin akan menjadi kendala bagi seseorang untuk mulai membencinya.

ads

Mungkin salah satunya seperti belekan. Anda tentu sudah sering mendengar kucing belekan, atau bahkan sering menjumpai? Pastinya hal ini sangat menjadi wajar, apalagi kucing banyak di temukan di lingkungan sekitar. Biasanya kucing yang rentan belekan adalah jenis lokal, yakni kucing kampung.

Pasalnya kucing kampung senantiasa di abaikan oleh banyak orang karena dianggap biasa saja. Berbeda hal jika seseorang melihat kucing dengan ras lain seperti persia atau anggora, tentunya akan di rawat dengan baik. Pengabaian inilah yang menimbulkan kucing menjadi rusak fisik lantaran tak terurus. Begitu juga dengan anggora atau persia dan kucing yang menjadi piaraan di rumah jenis lain, bukan berarti jauh dari belekan.

Semua tergantung perlakuan anda terhadap kucing. Jika telah memberikan perawatan terbaik, maka kucing tidak akan mudah terjadi belekan. Tidak ingin hal ini terjadi? Oleh karena itu, merawat kucing dengan baik sudah menjadi tugas majikan. Namun jika belekan justru sudah menyerang pada kucing kesayangan anda, maka simak artikel ini. Beberapa cara mengatasi Belekan pada Anak Kucing akan menjadi topik kali ini, dan berikut yang harus anda tahu. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Umur 2 Minggu)

7 Cara Mengatasi Belekan Pada Anak Kucing

  1. Rajin Memandikan

Rajin memandikan kucing menjadi salah satu cara yang perlu Anda terapkan. Mengapa? Tentu saja hal ini mengarah pada nilai kebersihan. Perlu anda ketahui bahwa keadaan yang kumuh dan dekil akan mengundang banyak virus dan bakteri. Nantinya apabila kucing jarang di mandikan maka akan timbul belekan. Begitu pula ketika belekan sudah terjadi, tugas anda tetap memandikan secara teratur.

  1. Lakukan Vaksinasi

Cara kedua untuk mengatasi mata belekan pada anak kucing yakni dengan menjalankan vaksinasi. Tugas anda yang satu ini memang harus di jalankan karena vaksin bekerja supaya melawan penyakit dan menahan virus baru untuk masuk pada tubuh kucing. Bila anda merasa bingung, kunjungi Pet Shop untuk sekedar mempertanyakan seputar kucing dan segala kondisinya, atau anda bisa langsung menghubungi dokter. (Baca Juga: Manfaat Vaksin Kucing)

  1. Pemberian Obat

Obat juga termasuk ke dalam salah satu teknik penanganan yang mudah dan tepat untuk dilakukan ketika Kucing Belekan. Obat sudah menjadi cara dalam mengatasi semua keadaan yang menurun, hanya saja semua itu ada prosedurnya masing-masing. Agar tidak terjadi kesalahan, alangkah baik jika anda menyampaikan ini semua kepada dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai dan tepat. Obat yang di maksud biasanya di berikan pada kucing, di campur pada makanan atau minumannya.

  1. Obat Tetes

Ada beberapa jenis obat yang bisa di berikan pada anak kucing ketika belekan. Salah satunya ini adalah obat tetes, yang bisa anda teteskan pada bagian yang di butuhkan. Semua obat sama, anda harus bisa berkonsultasi pada dokter atau Pet Shop Anda. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing yang Terkena Virus)

  1. Kurangi Pemberian Pakan Protein Tinggi

Biasanya untuk kucing lokal lebih sering diberikan ikan asin, hal ini harus anda atur kembali untuk mengurangi belekan pada anak kucing. Selama mata belekan, gantilah makanan kucing dengan sereal yang bisa di beli dari Pet Shop. Sementara waktu jangan di berikan ikan asin. Tetapi untuk kucing ras berbulu tebal tentu saja anda sudah memberikan pakan sereal, ini sudah cukup baik. Pakan dengan protein tinggi harus di kurangi selama belekan supaya tidak semakin gatal dan menjalar.

Sponsors Link

  1. Vitamin

Berikan vitamin tambahan untuk anak kucing yang sedang belekan. Secara tidak langsung fungsi vitamin sangat manjur mengatasi segala kondisi, dan bekerja dengan cermat membunuh virus-virus perusak. Jadi, selain makanan pokok anda juga harus memberikan asupan vitamin. (Baca Juga: Vitamin Kucing Hamil yang Wajib Diketahui)

  1. Menjaga Kebersihan Tempat

Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkan kandang kucing. Demikian menjadi kasus yang besar dalam memberikan perawatan pada kucing karena sangat berpengaruh. Lingkungan atau kandang kucing yang kian kumuh akan menambah belek pada matanya. Untuk itu hindari lokasi jorok, sering-seringlah membersihkan kandang dan semua tempatnya. Minimal ini akan mengurangi kondisinya dan tidak membuat kejadian semakin parah.

Pada dasarnya memang merawat kucing bisa di bilang susah dan bisa di katakan mudah. Semua tetap kembali pada setiap individu, karena tidak semua orang suka dan pecinta kucing. Jika anda adalah salah satu pecinta kucing tersebut, berikan perawatan terbaik sebagai penunjang kesembuhan mata belekan anak kucing. Panduan ini cukup jelas sebagai salah satu cara mengatasi Belekan pada Anak Kucing. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing dengan Biaya Murah)

Kesimpulan yang di dapat yakni, anda sebagai majikan harus memberikan vitamin dan memberikan vaksinasi sebagai penebas virus serta bakteri. Lingkungan yang bersih juga berpengaruh pada kondisi setiap anak kucing. Demikian ringkasan yang bisa di sampaikan, semoga dapat membantu dan salam sehat selalu.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 26th, September 2018 / 07:59 Oleh :
Kategori : Kucing