Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik Paling Mudah

Sponsors Link

Cendet atau yang di kenal sebagai pentet merupakan salah satu jenis burung predator yang ganas dan agresif. Dalam habitatnya, cendet atau pentet sering memangsa serangga, reptil -reptil kecil, bahkan tidak jarang juga burung ini akan memangsa burung-burung kecil. Tapi saat dipelihara di dalam kandang, sifat ganas cendet tidak bisa lagi tersalurkan lantaran kebutuhannya telah disediakan oleh pemiliknya yang tentu tidak akan bisa sama dengan kondisi dihabitat yang aslinya.

ads

Selain itu karena salah perawatan serta kebiasaan pemilik memanjakan cendet, tidak jarang terjadi justru menjadikan burung predator ini lebih manja dan berkelakuan seperti burung yang masih piyik (anakan). Sedang di dalam kondisi normal, cendet dewasa atau yang sudah berumur 8 bulan lebih memang seharusnya tidak berperilaku manja lagi. Tapi kadang karena salah perawatan yang anda berikan, ada beberapa cendet/pentet dewasa masih memperlihatkan sifat manja/miyik/bayi.

Dengan keadaan yang seperti ini, anda tentu perlu mencari cara mengatasi permasalahan ini. Adapun dalam artikel kali ini akan di sampaikan beberapa caranya, namun sebelumnya ketahuilah bahwa keadaan seperti itu di picu oleh beberapa faktor berikut ini: (Baca Juga: Cara Mengobati Flu Pada Burung Dara)

  • Pemberian Pakan Kurang Tepat

Pakan yang anda berikan pada cendet/ pentet tidak memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya yang terjadi burung malah mengalami kekurangan asupan nutrisi yang menyebabkan cendet/ pentet merengek meminta makan tiap kali melihat sang pemiliknya.

  • Kesalahan Dalam Pemberian Pakan

Selain faktor pemberian pakan yang kurang tepat, faktor lainnya adalah suatu kesahalan dalam pemberian pakan. Cendet atau pentet merupakan burung predator, paruhnya yang bercagak berguna untuk merobek daging mangsanya misalnya adalah kadal, katak, cicak, burung-burung kecil dan ikan-ikan kecil. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor)

Apabila menu hariannya hanya mengandalkan pakan kering seperti voor dan juga serangga seperti jangkrik dalam setiap harinya, maka perilaku miyik bisa muncul ketika cendet/ pentet memerlukan asupan protein yang cukup tinggi. Banyak yang beranggapan bahwa cendet/ pentet menjadi manja lantaran sering diberikan pakan (jangkrik) langsung dari tangan anda. Tetapi sebetulnya faktor utama yang memicu cendet/ pentet miyik adalah kekurangan asupan protein hewani.

Beberapa hal di atas merupakan faktor pemicunya mengapa burung cendet miyik. Sedangkan Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan Full Kerodong

Lakukan pengkrodongan pada sangkar burung cendet anda, dan gantanglah di tempat yang sepi dengan tujuan agar si burung tidak sering berinteraksi dengan manusia dan bersikap manja. (Baca Juga: Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor)

  1. Pemberian Jangkrik

Berikan pakan berupa jangkrik sekenyang-kenyangnya, mengapa? Karena agar supaya burung cendet anda merasa puas dan tidak merengek saat melihat anda. Selain itu agar kebutuhan protein cendet terpenuhi dengan baik. Tetapi jangan memberikan jangkrik langsung dari tangan anda, cukup taruh saja dalam cepuk atau wadah kering atau dilemparkan langsung kedalam kandangnya.

  1. Terapi Kejut

Lakukan terapi kejut pada cendet agar tidak kebiasaan miyik berkelanjutan. Terapi kejut yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan trauma kepada burung setiap kali akan berperilaku miyik. Misalnya adalah sebagai berikut:

  • Semprot dengan air dingin (air es) ketika anda melihat sikap burung anda mulai miyik atau manja.
  • Menggebrak sangkarnya agar merasa heboh dan akhirnya tenang (tidak merengek).
  1. Perawatan Terbaik

Berikan perawatan terbaik pada cendet anda. Karena dengan memberikan perawatan maka burung merasa telah di perhatikan, sehingga akan jarang miyik. Selain itu, sediakan makan secukupnya saja namun berikan secara rutin sehingga Burung bisa memperkirakan sendiri apakah sudah puas apa belum untuk makannya. Jika kenyang, maka Burung akan lebih semangat dan tidak manja lagi. (Baca Juga: Cara Beternak Burung Anis Kembang)

Sponsors Link

  1. Pemberian Pakan Berkualitas

Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik lainnya adalah dengan memberikan jenis pakan yang berkualitas. Karena pemberian makanan yang berkualitas akan membuat pentet tercukupi kebutuhan nutrisinya. Sehingga pentet tidak akan merengek-rengek lagi untuk meminta makan dengan manjanya.

  1. Pemberian Ekstra Fooding (EF)

EF adalah pakan tambahan yang harus anda berikan pada cendet. Adapun variasi misalnya yakni sebagai berikut:

  • Belalang
  • Kadal kecil
  • Cicak
  • Jangkrik
  • Orong-orong
  • Ikan-ikan kecil
  • Daging mentah
  • Katak kecil
  1. Lakukan Pengembunan

Bawa burung cendet anda di pagi hari untuk di embunkan. Waktu yang pas adalah di pagi hari pukul 5. Udara di waktu ini memang yang menyegarkan, terlebih ketika musim hujan sudah tiba. (Baca Juga: Cara Penangkaran Nuri Pelangi)

  1. Penjemuran

Lakukan penjemuran yang di lakukan pada pukul 7 – 8 pagi untuk mendapatkan panas alami sinar matahari dan memperoleh asupan vitamin D. Akan tetapi sediakan air di dalam kandang dan pakan selama penjemuran.

  1. Mandi Malam

Ajak burung cendet anda untuk mandi malam. Tidak perlu basah kuyup, cukup sama seperti saat anda memandikannya di pagi hari yakni dengan menyemprotkan airnya saja.

  1. Berikan Nutrisi Tambahan

Berikan tambahan nutrisi pada burung cendet anda. Umumnya yang sering di pakai pemilik atau pemelihara burung adalah voer. (Baca Juga: Cara Budidaya Parkit Mata Merah)

Dari beberapa Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik di atas, maka bukan hal asing lagi jika melihat cendet perlahan normal kembali (tidak miyik atau manja). Demikian artikel yang dapat di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 06th, November 2018 / 17:19 Oleh :
Kategori : Burung