Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Sapi yang Susah Minum

Sponsors Link

Dalam proses ternak sapi, berbagai macam permasalahan pastinya akan muncul dan tentu dapat menganggu kondisi hewan ternak tersebut baik secara langsung maupun tidak.

ads

Salah satu kondisi yang tentunya akan menganggu kesehatan dan perkembangan hewan ternak sapi selain keadaan dimana sapi mengalami kondisi susah makan adalah keadaan dimana sapi tidak maupun untuk minum atau susah minum.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sapi yang susah minum tersebut agar tidak menjadi masalah yang lebih serius terhadap kesehatan sapi ternak. (Baca juga : cara ternak sapi skala rumahan )

Penyebab Sapi Susah Minum

Memahami penyebab sapi susah minum harus dilakukan oleh setiap peternak sebelum menentukan cara mengatasi sapi yang susah minum tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi sapi yang susah minum harus diatasi berdasarkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu maka cara mengatasi sapi susah minum dapat ditentukan dengan benar dan tepat. Beberapa penyebab sapi susah minum tersebut diantaranya seperti kondisi penyakit tertentu, keadaan lingkungan yang terlalu dingin sehingga sapi tidak mau untuk minum, cedera pada bagian mulut sapi, dan lain sebagainya. (Baca juga : cara menggemukan sapi )

Cara Mengatasi Sapi Yang Susah Minum

Dalam penjelasan penyebab dari sapi yang susah minum tersebut diatas dapat diketahui bahwa kondisi sapi susah minum bisa jadi disebabkan oleh berbagai macam hal baik yang berat maupun yang ringan. Setelah memahami dan mengetahui penyebab tersebut maka langkah berikutnya adalah menentukan cara pengatasan yang tepat. Berikut ini beberapa cara mengatasi sapi yang susah minum dalam penjelasan dan uraian dibawah ini.

  1. Cari penyebab sapi susah minum, seperti dalam penjelasan diatas bahwa penyebab sapi susah minum ada beberapa faktor. Peternak harus dapat menentukan dan mencari penyebab apa yang menjadikan sapi ternaknya tersebut tidak mau atau susah untuk minum. Hal ini dikarenakan setiap kondisi sapi yang susah minum tentu disebabkan keadaan yang berbeda dan hanya peternak sendiri yang sudah tau kebiasaan sapi dapat menentukan penyebabnya. Melalui penentuan penyebab yang jelas maka langkah mengatasinya juga akan tepat. (Baca juga : cara penggemukan sapi limosin )
  2. Tetap sediakan air di kandang sapi, peternak harus tetap menyiapkan air minum untuk sapi di dalam kandangnya meskipun sapi mengalami kondisi susah minum. Hal ini digunakan untuk membantu sapi menemukan cara mengatasi kondisi susah minumnya sendiri karena keinginan untuk minum tersebut.
  3. Obati luka pada mulut sapi, jika kondisi sapi tidak mau minum disebabkan oleh karena adanya luka pada mulut sapi maka cara mengatasi sapi yang susah minum tersebut adalah dengan mengobati luka atau cedera di daerah mulut tersebut terlebih dahulu.
  4. Paksa sapi untuk minum, langkah selanjutnya yang juga perlu dilakukan ketika kondisi sapi memang tidak mau minum adalah dengan memaksanya untuk minum air melalui selang atau dengan cara lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kondisi dehidrasi pada sapi yang tentu cukup membahayakan kesehatannya. (Baca juga : budidaya sapi potong )
  5. Atasi penyakit sapi, sapi yang susah minum juga dapat disebabkan oleh kondisi penyakit pertentu. Untuk mengembalikan keadaan normalnya maka penyakit yang terjadi pada sapi harus diatasi terlebih dahulu.
  6. Lingkungan yang nyaman, peternak harus memeperhatikan kenyamanan lingkungan sapi dan tentu memperhatikan kebersihan dan rasa air yang diberikan kepada sapi. Kondisi ini perlu dilakukan dikarenakan air yang berasa tidak enak dapat menjadi salah satu penyebab sapi tidak mau minum. (Baca juga : cara membuat pakan ternak sapi fermentasi )

Itulah beberapa cara mengatasi sapi yang susah minum disesuaikan dengan penyebabnya. Kondisi sapi yang susah minum perlu diperhatikan karena dapat berdampak bahaya bagi kesehatan dan jiwa sapi ketika tidak ditangani dengan baik.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 02:58 Oleh :
Kategori : Sapi