Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Bau Pada Kandang Bebek

Sponsors Link

Bau yang dihasilkan dari kandang adalah satu dari sekian banyak faktor yang harus diperhatikan para peternak termasuk untuk cara ternak bebek petelur modern. Tidak hanya mengganggu kenyamanan para pekerja dan lingkungan di sekitar area peternakan, akan tetapi bau yang dihasilkan dari kandang bebek juga akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan bebek.

ads

Kandang yang bau dan kotor bisa membuat bebek tidak nyaman dan mengganggu perkembangan bebek yang tentunya juga membuat peternak merugi karena harus menambah biaya untuk memenuhi gizi bebek sehingga bisa cepat panen. Pakan bebek yang ada sekarang ini umumnya mengandung protein dengan kadar bervariasi dari mulai 15 hingga 30% dan inilah yang berpengaruh pada bau kotoran bebek. Pencernaan unggas seperti bebek tidak dapat mencerna protein dengan sempurna dan akhirnya menyebabkan kotoran bebek menjadi bau. Untuk cara menghilangkan bau pada kandang bebek, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Perbaiki Pakan Bebek

Pakan bebek yang mengandung jamur mikotoksin bisa membuat saluran pencernaan bebek jadi terganggu sehingga kotoran bebek teksturnya bisa berubah menjadi lebih encer dan berwarna coklat atau disebut dengan lancung atau wet dropping. Pakan yang tidak dapat dicerna dengan baik karena enzim pencernaan yang kurang akhirnya bisa menimbulkan bau pada kotoran bebek dan akhirnya kandang jadi berbau tidak sedap. Pemberian antibiotik dalam pakan juga dianggap bertanggung jawab pada tekstur kotoran yang basah atau wet dropping sehingga bau lebih menyengat dimana ini juga harus dilakukan pada cara beternak bebek di lahan sempit.

Selain itu, ransum pakan bebek yang memiliki kandungan garam berlebihan dan juga mineral seperti magnesium, natrium, klorin dan kalium juga membuat bebek minum air lebih banyak dan kotoran menjadi lebih basah sehingga timbul bau pada kandang bebek.

  1. Berikan Probiotik

Bau menyengat yang dihasilkan dari kotoran bebek terjadi karena metabolisme dalam tubuh bebek tidak berlangsung dengan sempurna. Probiotik yang mengandung bakteri baik sangat baik diberikan agar fungsi saluran pencernaan bebek bisa lebih maksimal sekaligus mengurangi nutrisi yang terbuang bersama kotoran. Dengan semakin berkurang nutrisi dalam kotoran bebek, maka kotoran yang dihasilkan juga tidak terlalu bau. Probiotik bisa disemprotkan juga pada kotoran itik untuk menyerap sisa nutrisi sehingga mencegah kotoran berbau.

  1. Gunakan Larutan Cuka Putih

Cuka putih merupakan disinfeksi alami dan tidak berbahaya untuk manusia dan juga hewan seperti budidaya bebek petelur. Larutan cuka putih ini bisa digunakan untuk disemprotkan pada kandang bebek untuk mengurangi bau tidak sedap pada kandang. Campur satu bagian cuka putih dengan satu bagian air hangat dan masukkan dalam botol semprot. Semprotkan larutan tersebut pada kandang bebek untuk mendisinfeksi.

Selain menggunakan cuka putih, pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kandang bebek. Campur satu bagian pemutih baju dengan lima bagian air dan pakai campuran tersebut untuk disemprotkan pada kandang bebek yang berventilasi.

Pastikan untuk memakai sarung tangan ketika membersihkan kandang dengan pemutih. Vanodine adalah disinfektan yang sudah banyak digunakan peternak unggas seperti ayam, bebek dan juga kelinci. Vanodine tersebut terbuat dari bahan iodin yang bisa digunakan juga untuk membersihkan kandang. Sedangkan cara lain bisa juga memakai betadine yang dicampur dengan hidrogen peroksida.

  1. Singkirkan Kotoran Kandang

Untuk menghilangkan bau kotoran di kandang bebek bisa dilakukan juga dengan menyingkirkan dan membuang kotoran tersebut ke penampungan. Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan bau kotoran pada kandang. Sedangkan untuk area penampungan, maka bau kotoran bisa tambah menyengat karena sudah terjadi proses fermentasi khususnya jika tempat penampungan tidak ditutup.

Sponsors Link

Untuk mengatasi ini, anda bisa menggunakan bahan pengurai limbah organik yang bisa dibeli bebas di toko pertanian dalam bentuk serbuk, cair atau padat. Bahan pengurai limbah organik ini bisa dicampurkan pada tempat penampungan kotoran agar penguraian kotoran bisa lebih cepat untuk meminimalisir bau yang dihasilkan.

  1. Berikan Suplemen Ternak

Saat ini, banyak produk suplemen dan juga nutrisi untuk ternak organik yang bisa digunakan agar bau kotoran bisa dikurangi. Akan tetapi banyak peternak yang tidak mau menggunakan suplemen ternak karena beranggapan jika ini bisa membuat ternak seperti bebek menjadi kembung meski memang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Dari penjelasan ilmiah mengatakan jika penyebab ternak kembung adalah karena larutan nutrisi ternak ternyata mengandung pupuk tanaman.

Kabar baiknya, memberikan nutrisi ternak organik pada bebek tidak hanya bisa meningkatkan berat badan bebek secara cepat dan meningkatkan nafsu makan saja akan tetapi juga membuat kotoran bebek jadi tidak berbau termasuk untuk cara beternak bebek di daerah dingin.

Lembaga pelatihan di beberapa wilayah Indonesia juga sudah mempraktekkan penggunaan nutrisi ini sehingga aman dilakukan sekaligus membuat kandungan lemak pada daging bebek lebih sedikit namun membuat daging bebek lebih padat sehingga target berat badan bebek bisa tercapai dengan maksimal.

  1. Kapur Halus dan Pasir Kering

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bau pada kandang bebek adalah dengan kapur halus dan pasir kering. Kedua bahan ini bisa didapat secara mudah dan murah yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kandang. Untuk cara menggunakannya bisa dilihat pada ulasan berikut ini.

ads

  • Siapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai dengan luas lubang yang akan dibuat di bawah kandang.
  • Buat lubang di bawah kandang dengan ukuran panjang serta lebar sesuai dengan kandang bebek serta kedalaman sekitar 20 cm.
  • Isi lubang dengan kapur halus atau pasir kering dan bisa juga dicampur keduanya dengan perbandingan 1:1 hingga seluruh lubang bisa terisi.
  • Nantinya, kotoran dari kandang bebek yang keluar akan jatuh pada tumpukan tersebut sehingga bercampur dengan kapur halus atau pasir kering.
  • Proses ini bisa membuat kotoran lebih cepat mengering dan bisa mengurangi bau yang menyengat.

Untuk proses selanjutnya, kapur halus atau pasir kering atau campuran keduanya bisa diganti sebanyak dua bulan sekali tergantung dari banyaknya kotoran yang terkumpul.

  1. Posisikan Kandang ke Arah Benar

Kandang bebek atau tempat yang digunakan untuk beternak juga berpengaruh pada bau yang dihasilkan kandang bebek atau hewan ternak lainnya seperti pada budidaya bebek pedaging. Sebaiknya, buat kandang menghadap ke arah barat atau timur agar bisa selalu mendapat sinar matahari yang cukup. Sinar matahari tidak hanya baik untuk kesehatan bebek namun juga bisa mengeringkan lantai kandang yang basah dengan cepat.

Jika lantai kandang dalam keadaan basah, maka tentunya bau yang ditimbulkan tambah menyengat sehingga menghadapkan kandang ke arah barat atau timur menjadi solusi terbaik untuk membuat lantai kandang tetap kering dan tidak becek.

  1. Kubur Kotoran

Kotoran pada hewan ternak seperti ayam, bebek atau entok jumlahnya sangat banyak dan juga menimbulkan bau tidak sedap. Untuk mengurangi bau tersebut, anda bisa membuang, membakar atau mengubur kotoran bebek tersebut ke lubang tanah. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk mengurangi bau kandang karena tidak perlu mengeluarkan biaya dibandingkan cara lainnya. Anda bisa melakukan ini sebanyak seminggu sekali atau juga bisa satu bulan sekali jika kotoran yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

  1. Gunakan Kunyit

Kunyit merupakan cara alami lain untuk menghilangkan atau mengurangi bau pada kandang bebek, entok atau ayam dan juga bisa digunakan pada budidaya itil. Kunyit bisa dicacah atau diparut lalu letakkan dalam wadah dan campur dengan makanan bebek. Untuk perbandingannya adalah 2% seperti jika makanan yang diberikan adalah sebanyak 1 kg, maka campur dengan 1/4 kunyit dan berikan pada bebek. Tidak hanya untuk mengurangi bau kotoran, namun kunyit juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh bebek.

  1. Semprot Asap Cair Grade 3

Penyemprotan dengan menggunakan Asap Cair Grade 3 memiliki kegunaan deogreen sehingga bau kotoran pada kandang bebek bisa berkurang. Asap cair bisa menghilangkan bau kotoran bebek atau ayam dengan efektif serta tidak berdampak buruk bagi lingkungan karena terbuat dari bahan alami. Anda bisa menggunakan 1 liter asap cair yang dicampur dengan 50 hingga 60 liter air untuk menghilangkan bau kandang selama 7 hingga 9 hari. Selain untuk menghilangkan bau, cara ini juga penting untuk membasmi jamur pada pakan dan kandang peternakan.

  1. Berikan Pakan Fermentasi

Memberikan pakan fermentasi pada bebek juga menjadi cara ampuh untuk mengurangi bau panda kandang ternak seperti bebek sekaligus sebagai cara pencegahan penyakit pada bebek.

Pakan fermentasi sudah melewati proses memasak yang sempurna namun tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam pakan dibandingkan pakan yang lebih awet namun memiliki risiko rusak dimakan serangga, jamur atau terkontaminasi dengan  bahan berbahaya lainnya. Pakan fermentasi juga lebih mudah diserap tubuh bebek dan akan dikeluarkan lebih cepat namun dengan bau yang berkurang.

Cara Lainnya

Selain beberapa cara yang sudah kami berikan di atas, ada beberapa cara lain untuk menghilangkan bau pada kandang bebek yang bisa digunakan, seperti:

  • Penghilang bau kandang sintetis yang efektif untuk menghilangkan bau kandang semua ternak.
  • Menggunakan jamu alami dari campuran jahe, kencur, kunyit, bawang merah, sereh dan EM4 untuk dicampurkan bersama pakan yang juga bisa digunakan pada cara budidaya bebek jawa.
  • Minyak tanah yang bisa disemprotkan pada alas kandang yang bersifat racun sehingga bisa membunuh serangga serta bakteri penyebab bau kandang.
  • Soda kue untuk dicampur dengan pakan bebek karena sifat asam bisa menyerap kelembaban dan mengurangi kerja mikroba bakteri penyebab bau busuk.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:15 Oleh :
Kategori : Bebek