Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Belatung Pada Kucing

Sponsors Link

Kucing adalah salah satu hewan yang paling lucu dan banyak di pelihara oleh sebagian orang. Bahkan di luaran sana banyak berkeliaran kucing dengan berbagai karakter. Salah satu jenis kucing yang paling di sukai di Indonesia adalah persia dan anggora sebagai pilihan paling umum nan cantik. Sedangkan untuk kucing kampung alias kucing lokal justru banyak liar di luaran, terlihat terlantar.

ads

Pasalnya tidak semua orang menyukai kucing apalagi jenis yang lokal. Tak heran apabila banyak yang mengabaikan di luaran sana. Bahkan banyak kucing yang mengalami sakit karena tidak terawat, banyak luka akibat berkelahi dengan sesama kucing. Dalam kasus yang lebih parah, kucing terluka akibat ulah seseorang yang sangat membenci dan di anggap mengganggu, sehingga menyiksanya.

Akibatnya kucing mengalami luka yang memerah, dan timbul belatung. Tidak cukup disitu saja, kucing peliharaan anda dirumah pun bisa saja memiliki luka hingga timbul belatung jika tidak terurus. Belatung merupakan larva lalat yang susah di basmi, tentunya juga menjijikkan. Bagi anda yang mengalami kasus seperti ini tentunya ingin mencari solusi yang tepat, cara membersihkannya. (Baca Juga: Tips Memelihara Kucing di Rumah)

Cara menghilangkan Belatung pada Kucing adalah tips yang akan di sampaikan disini. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membasmi belatung yang ada pada tubuh kucing.

  1. Memberihkan dengan Revanol

Apa itu revanol? Merupakan sebuah obat berupa cairan yang memberikan sensasi dingin apabila di teteskan pada luka. Langkah pertama yang harus anda lakukan jika melihat luka kucing yang ada belatungnya yakni mencoba membersihkan dengan revanol. Pastinya anda sebagai majikan tidak boleh jijik apabila ingin mengobati sang kesayangan. Namun alangkah lebih baik konsultasikan penggunaan revanol pada kucing pada ahlinya.

Caranya:

Ambilah kapas, dan teteskan revanol pada kapas untuk di usapkan pada area kucing yang terluka. Usahakan semua sudah terkena air revanol tersebut. (Baca Juga: Antibiotik Untuk Kucing Luka)

  1. Mengunakan Air Hangat

Selain dengan menggunakan revanol, cara menghilangkan Belatung pada Kucing lainnya yakni dengan langkah alami lain. Adapun yang di maksud adalah dengan menyiram kucing dengan air hangat. Peringatan, air hangat yang di maksud tidak panas dan usahakan tidak panas. Cukup hangat sewajarnya yang biasa untuk memandikan kucing. Anda cukup menyiramkan air hangat (jangan sampai panas) di bagian luka kucing.

Tetapi jika untuk lebih mudahnya yakni memandikan sekaligus, karena lebih mudah mengusir belatung dengan siraman airnya. Apalagi di tambah dengan kondisi air hangat yang akan membuat belatung mati.

  1. Menggunakan Produk Permethrin

Permethrin merupakan salah satu bahan kimia sintetis yang digunakan sebagai insektisida, pembasmi serangga, atau pembasmi kutu sekalipun. Biasanya bahan ini banyak digunakan untuk membunuh tungau dan kutu rambut, produk ini dijual dalam bentuk cair (sampo) dan krim. Solusi yang sangat cocok bagi anda yang mencari cara untuk membasmi belatung yang ada pada tubuh kucing. (Baca Juga: Cara Mencegah Virus Tokso Pada Kucing)

Anda cukup membeli produknya jenis sampo, lebih mudah untuk anda gunakan dengan mengkramasi sang kucing. Mungkin berhubungan dengan belatung anda sendiri sedikit risih, gunakan saja pembungkus tangan dan juga tetap memakai masker. Usapkan sampo pada tubuh kucing dan perlahan lakukan pemijatan. Perlu di ketahui bahwa sebenarnya permetrin dan piretroid sintetis bisa berakibat fatal pada kucing.

Lantas mengapa masih menjadi tips untuk membasmi belatung pada kucing? Setidaknya fatal yang terjadi tergantung dari dosis penggunaan. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kucing.

Sponsors Link

  1. Menggunakan Pemutih Baju

Pemutih baju memang sudah biasa di gunakan untuk kebutuhan rumah. Namun fakta menarik, pemutih dapat membunuh belatung. Caranya yakni anda bisa melarutkan pemutih satu takaran ke dalam air sebanyak satu liter. Setelah itu mandikan pada tubuh kucing secara perlahan. Tetapi masih sama seperti poin-poin di atas, penggunaan produk pemutih baju tetap harus dalam pengawasan atau berkonsultasi terlebih dahulu. (Baca Juga: Cara Mencari Kucing yang Hilang)

  1. Pemberian Saleb

Anda bisa membasmi belatung pada tubuh kucing dengan saleb. Obat ini bisa anda beli di apotik khusus hewan atau di pet shop, dan sampaikan keluhan ini pada pemilik pet shop. Saleb adalah obat yang berupa krim untuk mengobati luka pada kucing, jadi ketika kering maka belatung tidak lagi bersarang pada tubuhnya.

  1. Pemberian Obat

Selain saleb, obat lain yang bisa anda gunakan dapat di tanyakan langsung pada pemilik petshop. Terkadang selain saleb, ada jenis obat cair lainnya yang di gunakan dengan cara menyemprotkan pada tubuh kucing, khususnya pada bagian yang luka.

  1. Menggunakan Larutan Air Garam

Bisa anda bayangkan jika sebuah luka di berikan garam? Pastinya jawabannya adalah perih. Ya, seperti itulah. Tetapi garam dapat membunuh belatung seketika. Akan tetapi cara ini mungkin akan menyiksa kucing karena merasa perih. Sebaiknya jika anda sudah muak dengan belatung tersebut maka larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu liter air dan siramkan pada luka kucing. Akan tetapi setelah itu biarkan tiga menit saja dan siram dengan air biasa. (Baca Juga: Cara Mengobati Bau Mulut Pada Kucing Secara Alami)

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Dibandingkan jika harus menggunakan garam, masih akan lebih baik jika anda mengolesi minyak zaitun pada luka kucing. Ini juga termasuk cara yang cukup ampuh dan manjur dalam pengobatan, dengan pemberian secara rutin maka perlahan para belatung akan lemas hingga mati.

Itulah beberapa cara menghilangkan Belatung pada Kucing yang bisa anda gunakan untuk membunuh belatung pada kucing, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 30th, October 2018 / 16:48 Oleh :
Kategori : Kucing