Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Belek Pada Kucing Peaknose

Sponsors Link

Mempunyai kucing seperti di lengkapi dengan seorang sahabat. Begitulah perumpamaan bagi para pecinta kucing sejati. Bagi mereka, kesehatan kucing adalah yang paling utama. Sampai-sampai terkadang ada seorang yang lebih mementingkan kesehatan sang kesayangan di bandingkan kesehatan dirinya sendiri. Mungkin salah satunya anda, sebagai cat lovers. Bagaimana jika hal itu terjadi pada kucing peaknose anda?

ads

Pastinya rasa gelisah tidak pernah berhenti, apalagi kucing peaknose sangatlah lucu dan menggemaskan. Lantas sakit apa saja yang sering di alami oleh kucing tersebut? Diantaranya cukup banyak, mulai dari mata belekan sampai dengan muntah cacing pita. Akan tetapi disini akan di bahas mengenai cara menghilangkan Belek pada Kucing Peaknose. Karena belek menjadi suatu kasus yang sering terjadi dan umum sekali.

Mata belekan pada kucing memang seringkali terjadi dan sangat mengganggu. Apalagi bagi anda yang terbiasa menggendong dan memeluk kucing tersebut, tentu menjadi masalah tersendiri. Salah satunya di lihat dari segi kebersihan, yang pastinya tidak menjamin sekali jika kucing belekan terus di biarkan. Selain itu, masalah kecil seperti belekan bisa menjadi masalah besar lain jika tidak segera di tangani. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belatung Pada Kucing)

Salah satunya akan menjadi masalah mata, entah apapun keadannya pasti akan timbul resiko besar. Guna menghindari hal itu terjadi, berikut ini adalah cara menghilangkan Belek pada Kucing Peaknose:

  1. Membersihkan dengan Kapas

Bersihkan perlahan belek pada kucing anda menggunakan kapas. Mengapa tidak menggunakan kain? Karena kapas lebih lentur dan lembut, membuat kucing lebih nyaman jika di bandingkan dengan kain yang terkesan kasar. Justru yang ada, jika menggunakan kain akan menyakiti matanya.

Akan lebih mudah lagi jika kapas tersebut telah anda berikan air, lebih ringan di oleskan pada mata kucing. Lakukan secara perlahan agar Kucing tidak jera dan lari serta menghindari Anda di lain waktu.

  1. Membersihkan dengan Cotton Bad

Selain menggunakan kapas, ada cara lain yang bisa anda gunakan yakni memakai cotton bad. Dengan memakai cotton bad tentunya akan semakin mudah menjangkau kotoran di matanya. Karena cotton bad mempunyai ukuran kapas lebih kecil yang praktis untuk membersihkan kondisi matanya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing yang Kejang Kejang)

  1. Rajin Memandikan

Salah satu yang memicu timbulnya belek adalah kurangnya kebersihan sang pemilik. Seperti yang di jelaskan di atas, bisa saja semua karena kesibukan pemilik hingga kurang fokus terhadap kucing. Karena alasan inilah kucing jarang mandi, hanya seminggu sekali atau bahkan tidak sama sekali.

Perlu anda ketahui bahwa waktu yang pas untuk memandikan kucing seminimal mungkin adalah seminggu tiga kali. Namun alangkah lebih baik jika kucing di mandikan setiap dua hari sekali untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya lebih baik.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Berikan lingkungan yang aman dan nyaman pada kucing anda. Karena hal ini merupakan salah satu cara untuk membersihkan atau tidak menyebabkan belek terjadi pada kucing. Misalnya yakni usahakan rumah anda selalu bersih dan nyaman. Rumah anda juga menjadi lingkungan kucing yang di maksudkan meskipun entah kucing anda hidup dalam kandang atau terbiasa liar. Karena banyaknya debu atau kotoran bisa menyerang kucing dan tumbuh menjadi kuman. (Baca Juga: Ciri Ciri Kucing Sehat)

Sponsors Link

  1. Bersihkan Kandang

Selain rumah anda yang harus terawat bersih, kandang adalah poin paling utama harus di bersihkan. Pastikan bahwa anda rajin mencuci kandang kucing, minimal seminggu tiga kali. Karena kandang yang tidak di bersihkan akan menjadi sarang bakteri dan kuman. Padahal kandang telah anda jadikan lokasi sang kucing, jika di biarkan akan menimbulkan bakteri dan akhirnya menumpuk menjadi belek.

  1. Rajin Mengganti Pakan dan Minum

Perhatikan pakan dan minumnya, jika di rasa telah kotor sebaiknya segera di ganti. Untuk makanan kering mungkin tidak menjadi masalah, namun untuk minumnya terkadang lebih sering keruh. Sebaiknya rajin gantilah air minum kucing anda. Selain itu, wadah yang di gunakan juga harus sering di ganti. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Agar Tidak Kabur)

  1. Pemberian Antibiotik

Berikan antibiotik kepada kucing peaknose anda yang tengah belekan. Antibiotik mampu menangkal serangan virus, di khawatirkan jika belekan tersebut merupakan awal dari penyakit tertentu. Anda bisa membelinya di petshop, bahkan harganya tidak semahal yang anda bayangkan.

  1. Lakukan Vaksin

Jika anda sering menjumpai kucing anda tengah belekan, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut jika 7 cara sebelumnya tidak memberikan hasil. Lakukan konsultasi pada dokter hewan karena dia lah yang lebih tahu kondisi sang kucing. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan vaksin. Umumnya vaksin nantinya di berikan dua kali dalam sebulan. Vaksin di lakukan dengan tujuan untuk melawan serangan virus jahat. (Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing)

Itulah 8 cara menghilangkan Belek pada Kucing Peaknose dengan mudah dan ampuh serta yang paling penting memiliki efek cukup singkat sehingga Kucing bisa mendapatkan rasa riangnya kembali dalam waktu singkat. Pastinya sangat mengganggu jika mempunyai kucing dengan kondisi mata terus belekan atau berair. Dengan tips yang di berikan ini, semoga anda sebagai pembaca merasakan manfaatnya dan selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, October 2018 / 16:56 Oleh :
Kategori : Kucing