Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Bintik Hitam Pada Ikan Discus

Sponsors Link

Ikan discus adalah jenis ikan hias air tawar yang berasal dari benua Amerika dan hidup secara liar di daerah sungai amazon. Ikan discus mulai banyak digemari untuk di jadikan ikan peliharaan di Indonesia belakangan tahun ini.

ads

Dalam proses perawatan dan pemeliharaan ikan discus tersebut, tentu akan ada berbagai masalah yang dapat muncul terhadap kondisi ikan yang salah satunya adalah keadaan dimana muncul bintik hitam pada ikan discus tersebut. Untuk dapat menangani permasalahan tersebut, berikut ini beberapa cara menghilangkan bintik hitam pada ikan discus yang cukup efektif dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara memelihara ikan aquarium agar tidak mati)

Penyebab Munculnya Bintik Hitam Pada Ikan Discus

Seperti pada kebanyakan permasalahan ikan hias, sebelum menentukan cara menghilangkan bintik hitam pada ikan discus maka hal pertama yang perlu dipahami sebelumnya adalah penyebab dari kemunculan bintik hitam tersebut. Penyebab munculnya bintik hitam seperti pasir yang terlihat pada badan ikan discus tersebut dikarenakan beberapa kondisi seperti parameter air yang tidak tepat dengan kebutuhan ikan discus, kandungan amoniak yang cukup tinggi pada air akuarium, makanan yang kotor, serta adanya aspek genetik pada ikan. (Baca juga : cara merawat ikan hias dalam toples)

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Pada Ikan Discus

Setelah mengetahui secara pasti tentang penyebab dari munculnya bintik hitam seperti pasir pada badan ikan discus yang menganggu keindahanya maka proses mengatasi kondisi bintik hitam tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bintik hitam pada ikan discus yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Parameter air yang tepat, hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah pada ikan discus tersebut adalah mengeluarkannya dari kolam dan mengubah kondisi parameter air agar tepat. Jaga kondisi air pada ikan discus pada kisaran 6 – 6.5 dengan suhu air dititik 27 – 32 derajat celcius. (Baca juga : cara agar warna ikan discus keluar)
  2. Bersihkan kolam, air yang dibutuhkan oleh ikan discus harus bersikap tenang dan dibersihkan secara teratur untuk menghilangkan kotoran sebagai salah satu penyebab munculnya bintik hitam pada badan ikan discus tersebut. Pembersihan teratur juga membantu menjaga kondisi kebersihan akuarium sehingga dapat mencegah terjadinya bebagai masalah ikan lainya.
  3. Sesuaikan jenis ikan discus yang sama, untuk membantu memantau dan melakukan perlakuan yang sama dalam proses perawatan ikan discus maka usahakan untuk menempatkan ikan dengan ukuran sama berada pada satu kolam akuarium. (Baca juga : budidaya ikan betutu)
  4. Pencahayaan yang pas, ikan discus merupakan jenis ikan yang sangat peka terhadap cahaya sehingga pencahayaan yang terlalu terang menimbulkan stres pada ikan yang berujung munculnya bintik hitam di tubuh ikan.
  5. Makanan tepat, untuk membantu ikan discus menghilangkan bintik hitamnya sendiri secara perlahan adalah dengan memberikan makanan yang berkualitas terutama memiliki kandungan karoten cukup. Gunakan makanan yang memang khusus digunakan untuk ikan discus. (Baca juga : cara memelihara ikan koi di kolam rumah)
  6.  Peliharan dengan baik, jika pemicu munculnya bintik hitam pada ikan discus disebabkan karena faktor genetika maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan memelihara dan merawat ikan dengan baik karena bintik hitam sulit untuk dihilangkan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bintik hitam pada ikan discus yang secara umum sering disebut sebagai kondisi berpasir. Mengetahui penyebab yang pasti dari kondisi pada ikan discus akan membantu mengatasi munculnya bintik hitam tersebut dengan baik dan tepat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:24 Oleh :
Kategori : Ikan