Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Dara

Sponsors Link

Penyakit kutu bisa saja menyerang burung dara peliharaan kalian. Sama halnya dengan cara penangkaran nuri kepala hitam, penyakit kutu termasuk penyakit yang tak berbahaya bila masih dalam jumlah kecil. Tapi tetap saja ini akan membuat kalian merasa kesal karena rusaknya bulu-bulu burung dara peliharaan kalian.

ads

Tidak hanya itu saja, burung dara yang menderita penyakit kutu akan membuat burung dara melemah sehingga tidak bisa terbang dengan cepat. Serta tidak fokus karena terganggu dengan gigitan kutu. Tentu hal ini akan sangat mengganggu burung dara pada saat terbang.

Sehingga kalian bisa kalah dalam perlombaan balapan dara. Tidak hanya itu, penyakit kutu akan membuat burung dara tidak bisa tidur pada malam hari. Untuk itu berikut 13 cara menghilangkan kutu pada burung dara.

1. Menggunakan Daun Sirih

Salah satu cara alami untuk mengobati penyakit kutu pada burung dara secara alami adalah dengan memakai daun sirih. Kalian cukup merebus 15 lembar daun sirih dengan satu liter lalu air. Pada saat kalian merebus daun siri 15 lembar, biasanya air akan berubah warna menjadi gelap.

Kemudian kalian dinginkan air itu,dan gunakan untuk mandikan burung dara. Caranya adalah dengan cara menyemprotkan pada burung. Pastikan sampai bulu burung benar-benar basah. Kalian harus hati-hati pada saat jangan sampai air mengenai mata burung. Diamkan selama satu hingga dua jam kemudian bilaslah dengan air bersih.

2. Menggunakan Kapur Ajaib

Jika ingin menggunakan pengobatan yang praktis. Kalian bisa menggunakan kapur ajaib. Cara pemggunannya adalah dengan memghaluskan kapur kemudian kalian cukup menaburkannya ke bulu  burung. Cara ini terbilang mudah, tapi sayangnua kapur ajaib memiliki efek samping yaitu bisa merusak bulu burung. Tapi ini bisa menjadi alternatif pertama saat mengetahui burung dara terkena penyakit kutu sama dengan budidaya burung anis merah

Pada saat burung dara terkena penyakit kutu, memang akan membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra. Kalian bisa membasmi kutu dengan menggunkana sabun antibiotik. Pertama siapkan air didalam ember sebanyak 5-10 liter. Kemudian tuangkan sabun anti biotik seperti dettol. Kalian juga bisa memakai obat gurem yang bisa kalian temukan di toko peternakan. Kemudian mandikan burung dengan cara memasukkan burung dara ke dalam air.
Masukan mulai dari ekor hingga ke batas leher. Pastikan agar bulu burung basah secara merata, terutama di bawah sayap. Jika sudah selanjutnya kalian cukup menjemur burung dibawah sinar matahari pagi.
4. Bekas Cucian Beras

Kalian juga bisa memanfaatkan air bekas cucian beras untuk menghilangkan kitu. Caranya adalah dengan merebus air bekas cucian beras.  Air cucian beras tidak akan meracuni burung, tapi air ini dapat menembus lapisan lilin.

Ini berarti air bekas cucian piring hanya merontokkan telur serta kutu pada bulu burung. Sehingha kalian harus melepaskan kutu secara manual pada saat memandikannya dengan air bekas cucian beras. Cucilah disertai dengan cara menekan serta menyeret bulu burung. Guna melepaskan telur dan kutu dari bulu.

5. Memandikan Burung Dara dengan Rutin

Salah satu cara menghilangkan kutu adalah dengan cara rutin memandikan burung. Ini juga harus dibarengi dengan penggunaan sabun anti kutu ataupun sabun antibiotik. Guna mematikan telur serta kutu yang menempel. Dengan begini penyakit kutu akan srgera sembuh.

Sponsors Link

6. Menggunakan Insektisida

Insektisida merupakan salah satu obat yang ampuh membunuh serangga termasuk kutu. Caranya adalah dengan menyemprot perlahan ke seluruh bulu. Pastikan agar tidak menyemprot bagian muka terutama mata. Karena insektisida bersifat racun yang bisa membahayakan burung.

7. Lemon

Cara menghilangkan kutu pada burung dara bisa dengan memanfaatkan lemon. Kalian cukuo mengambil sati lemon dan menyemprotkannya ke seluruh bulu. Tapi sebelumnya air lemon perlu kalian rebus hingga mendidih lalu dinginkan airnya. Air larutan ini dapat kalian pakai buat membasmi kutu. Pastikan jangan sampai larutan ini mengenai area mata burung.

8. Tanah Diatom

Tanah diatom ternyata juga bisa membantu mengatasi kutu pada burung. Ini karena tanah bisa menembus lapisan luar kulit lilin kutu. Sehingga akan membuat kutu dehidrasi dan pada akhirnha mati. Tanah diatom sendiri merupakan tanah dari fosil cangkang tumbuhan laut kecil. Tanah ini juga berfungsi sebagai pestisida berbasis mineral. Untuk pemakaiannya kalian cuku memberikan tanah pada daerah yang terkena kutu.

9. Rosemary

Tanaman rosemary ternyata juga bisa menjadi obat pembasmi kutu. Caranya adalah dengan mengekstraknya menjadi minyak atau kalian bisa merebus rosemary dengan air. Kemudian pakailah untuk membilas burung. Selanjutnya jemur burung dibawah terik sinar matahari pagi.

10. Serpihan Kayu Cedar

Ternyata kalian bisa memakai bahan alami serpeti serpihan kayu cedar. Kayu cedar sendiri termasuk tumbuhan konifer dari genus Cedrus. Serpihan kayu cedar ini biaa membantu mengontrol serta mencegah burung terkena penyakit kutu. Ini dikarenakan bau kayu cedar yang tidak disukai oleh kutu.

11. Membersihkan Barang-barang Hewan Peliharaan

Cara menghilangkan kutu pada burung dengan cepat adalah dengan membersihkan alat-alat milik hewan. Percuma jika kalian sudah membasi kutu tanpa membersihkan kandang burung. Karena burung bisa terinfeksi kembali dan terkena kutu. Kalian bisa membersihkan kandang menggunakan sabun antibioti maupun anti kutu. Kemudian taruhlah potongan kayu cedar ataupin rosemary untuk menghalangi masuknya kutu ke kandang.

Sponsors Link

12. Obat Tablet

Selain itu, kaliam juga bisa memanfaatkan obat tablet seperti untuk membasmi kutu dalam waktu 24 jam.  Caranya adalah dengan memasukkan tablet kedalam makanan burung setiap 1-2 hari . Tablet ini akan diserap oleh tubuh dan keluar melalui pori – pori pada kulit burung. Sehingga telur dan kutu pada permukaan kulit serta bulu akan mati seketika. Tapi akan lebih baik jika kalian mengonsultasikan obat ini kepada dokter lebih dahulu.

13. Adultisida

Bahan kimia adultisida merupakan salah satu cara untuk membasmi penyakit kutu dengan seketika. Bahan kimia ink terbukti ampuh membunuh kutu dewasa. Biasanya obat ini akan bekerja selama 24 jam.

Walaupun begitu kalian harus mengantisipasi kutu yanh langsung bertelur sebelum mati dengan menggunakan Insect Grow Regulator . Jni merupakan pengatur pertumbuhan kutu pada burung dara. Sehingga kutu tidak akan berkembangbiak.

Itulah 13 cara menghilangkan kutu pada burung dara. Cara merawat burung dara tidak terlalu berbeda dengan  cara beternak burung parkit, cara ternak burung walet

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 29th, March 2018 / 04:14 Oleh :
Kategori : Burung