Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari

Sponsors Link

Semua jenis hewan termasuk burung sering terkena serangan kutu yang bisa berbahaya bagi kesehatan buruk seperti yang terjadi pada burung kenari.

ads

Kutu merah menjadi jenis parasit burung yang sangat merusak kesehatan burung kenari. Ketika siang hari, kutu ini biasanya akan bersembunyi di celah kandang burung atau tempat tersembunyi kandang burung lainnya sehingga akan sulit terlihat.

Akan tetapi saat malam hari, kutu kutu tersebut akan keluar dan menghisap darah burung kenari yang secara perlahan akan mengganggu kesehatan burung kesayangan anda. Ada beberapa cara menghilangkan kutu pada burung kenari yang bisa anda lakukan di rumah dan beberapa diantaranya akan kami ulas pada kesempatan kali ini.

  1. Bawa ke Dokter Hewan

Cara memelihara burung kenari berkutu pertama yang paling benar dan paling mudah dilakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan nantinya akan mendiagnosis jenis tungau yang menyerang burung kenari dengan baik dan memberikan saran tentang perawatan tepat untuk burung kenari. Meski dokter hewan biasa memang bisa menangani kutu pada burung, namun akan lebih baik jika anda memeriksakan burung anda ke dokter hewan peliharaan eksotis.

  1. Pakai Insektisida Aman

Beberapa insektisida memang terbilang berbahaya untuk burung namun sebagian lagi aman digunakan untuk membasmi kutu. Jika tidak yakin, anda bisa mendapatkan insektisida kutu yang aman untuk kenari dari dokter hewan. Selain itu, ada beberapa merk yang tersedia dan memang sudah dirancang khusus untuk digunakan membasmi kutu pada burung. Ikuti dosis dalam produk tersebut dan tanyakan pada dokter hewan tentang seberapa banyak dan kapan waktu terbaik untuk menyemprotkan obat tersebut. Hati hati ketika akan menerapkan obat pada sekitar bulu burung dan sebaiknya semprotkan hanya pada area yang gelap dan tersembunyi dalam kandang burung anda. Berikut adalah beberapa insektisida yang bisa digunakan pada burung kenari.

  • Ivermectin: Bahan yang bisa membunuh kutu dan tungau dan untuk konsentrasi rendah bisa ditemukan di toko hewan.
  • Permetrin: Jenis insektisida umum yang biasa dipakai untuk membunuh kutu merah dan kutu pada burung namun tidak bisa membunuh telur kutu sehingga kandang harus dibersihkan secara menyeluruh untuk menghancurkan telur kutu.
  1. Pindahkan Burung dari Kandang

Jika kutu yang ada pada burung kenari jumlahnya sudah sangat banyak, maka akan sedikit sulit mengobati burung tersebut di dalam kandang seperti cara merawat burung kenari di musim hujan. Bahkan ketika anda sudah membunuh semua kutu pada burung, maka tetap bisa terinfeksi kembali dalam waktu semalam.

Sebaiknya pindahkan dulu burung kenari ke kandang yang lain dan semprot kandang lama sampai bersih dengan insektisida baru diisi kembali dengan serutan yang masih segar. Sesudah mengaplikasikan insektisida pada kandang, maka lanjutkan dengan menggunakan tisu pada bagian bawah sangkar untuk menampung kutu yang sudah mati dan ganti sesering mungkin sampai bersih.

Sponsors Link

  1. Ganti Kotak Sarang

Burung kenari yang masih muda sangat rentan terhadap serangan tungau sehingga harus dirawat secara terpisah dari burung kenari dewasa. Burung kenari dewasa umumnya akan mencabut bulu anak kenari dengan tujuan untuk menghilangkan kutu pada tubuh anaknya sehingga anak kenari bisa mengalami kebotakan. Berhati hati ketika mengeluarkan kotak sarang berkutu dan atasi dengan semprotan insektisida yang aman.

Alasi kotak sarang tersebut dengan tisu dan harus diganti secara berkala setiap 30 menit sekali dan kemudian bisa diganti setiap satu jam sekali. Terus ganti alas kotak sarang hingga tidak ada lagi kutu yang jatuh pada tisu tersebut.

  1. Kosongkan Kandang

Untuk membasmi kutu dari burung kenari, maka harus dilakukan pembersihan secara menyeluruh. Keluarkan semua isi kandang dan bersihkan secara satu per satu sebab kutu bisa berpindah dari satu area ke area lain dengan sangat mudah yang juga bisa dilakukan untuk cara menghilangkan kutu kucing. Agar semua kutu beserta telurnya bisa benar benar bersih dari kandang, maka sebaiknya bongkar sangkar burung dna bersihkan setiap bagian sangkar secara terpisah.

ads
  1. Cuci Setiap Bagian Kandang

Setiap bagian kandang tidak hanya harus dibersihkan namun juga harus dicuci hingga bersih agar kutu beserta telurnya bisa benar benar mati. Pindahkan burung terlebih dahulu ke sangkar yang lain lalu encerkan 1/4 cangkir pemutih bersama 1 galon air hangat dan gunakan sarung tangan untuk menggosok setiap bagian kandang burung dan segera bilas dengan air sampai bersih. Pastikan setiap sela kandang sudah benar benar dicuci sampai bersih sebab kutu sangat senang hidung pada bagian bagian yang sulit dijangkau tersebut.

  1. Gunakan Pembersih F10 Vet Grade

Untuk membasmi kutu burung kenari juga bisa menggunakan pembersih khusus F10 vet grade atau juga bisa dengan campuran cuka putih dan air panas yang bisa digunakan juga untuk cara menghilangkan kutu anjing cepat. Pisahkan burung dari sangkar lalu bersihan semua bagian kandang serta celah celah kandang hingga menyeluruh lalu bilas bersih dengan air dan keringkan terlebih dahulu di bawah terik matahari dan baru bisa digunakan kembali untuk sangkar burung kenari.

  1. Obat Resep Topikal

Obat resep topikal bisa didapatkan di dokter hewan yang terbilang ampuh dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan burung. Obat obatan dari dokter hewan nantinya akan disesuaikan dengan dosis khusus dari berat badan dan cara berkembang biak burung anda sehingga aman untuk digunakan. Sementara untuk obat kutu yang dijual bebas biasanya tidak memberikan manfaat untuk jangka panjang dan tidak terlalu efektif untuk burung.

Dokter hewan nantinya akan memberikan obat resep topikal untuk mengatasi kutu pada burung kenari dan juga mungkin akan memberikan suntikan jika terdapat infeksi kutu yang terjadi pada burung anda. Pastikan anda membuat jadwal untuk bertemu dengan dokter hewan agar memastikan jika kutu sudah diberantas sampai tuntas hingga ke telurnya.

  1. Jangan Gunakan Pelindung Kutu

Pelindung kutu yang sering kita lihat di toko hewan peliharaan dan juga secara online mengklaim bias mencegah dan mengendalikan perkembangan kutu. Akan tetapi sebenarnya ini tidak membantu untuk mencegah infestasi dan banyak dari produk tersebut yang juga mengandung bahan paradichlorobenzene atau kapur barus sehingga bisa berbahaya untuk burung seperti menyebabkan kerusakan organ hati, masalah pada saluran pernapasan, depresi dan juga meningkatkan risiko beberapa jenis kanker sehingga sebaiknya tidak digunakan termasuk untuk cara menghilangkan kutu pada burung nuri.

  1. Gunakan Abu Kayu

Abu kayu yang biasa digunakan untuk membasmi kutu pada ayam juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu pada burung. Abu kayu tersebut bisa digosok pada seluruh tubuh burung hingga sampai ke kulitnya.

Hindari penggunaan ini untuk area mata dan juga lubang hidung namun hanya perlu diberikan hingga sebatas leher saja. Jangan guncang atau gerakan tubuh burung namun cukup didiamkan saja. Setelah beberapa saat, tubuh burung bisa dibersihkan dengan air biasa dan agar hasilnya lebih maksimal, taburi juga kandang burung dengan abu kayu dan kembali bersihkan dengan air.

  1. Semprotan Bawang Putih

Air bawang putih juga bisa digunakan untuk membasmi kutu pada burung kenari dan jenis burung lain seperti cara menghilangkan kutu pada burung dara secara aman karena hanya menggunakan bahan bahan alami. Isi botol semprot dengan 10 ons air, 1 ons jus bawang putih dan 1 sendok teh minyak esensial seperti minyak kayu manis, lavender, spearmint, bay atau thyme dalam botol semprot tersebut. Kocok rata lalu semprotkan pada tubuh burung selama beberapa hari sekitar 2 hingga 3 minggu atau sampai kutu benar benar hilang.

  1. Minyak Goreng

Seperti penggunaan bawang putih, minyak goreng juga terbilang ampuh untuk membasmi kutu pada burung kenari. Campur 2 cangkir air dengan 1 sendok makan cairan pencuci piring dan minyak goreng lalu kocok sampai rata. Semprotkan larutan tersebut pada kandang burung setiap seminggu sekali agar kutu bisa mati lemas sekaligus membasmi semua jenis kutu beserta telur yang tertinggal dalam kandang burung.

  1. Minyak Neem

Untuk menggunakan minyak neem sebagai pembasmi kutu burung, anda bisa mendapatkan minyak ini di pusat pusat berkebun. Campur 1 sendok makan neem seed oil dengan 1 2 liter air dalam botol semprot dan gunakan campuran ini untuk menyemprot kandang burung agar semua jenis kutu bisa mati yang juga bisa dilakukan untuk cara mengatasi kutu pada burung kacer.

  1. Gunakan Tanah Diatom

Tanah diatom juga bisa disebarkan dalam kandang burung untuk membasmi kutu. Tanah diatom ini sangat efektif untuk membunuh kutu dan semua parasit yang ada di dalam kandang burung. Biarkan tanah tersebut selama 1 sampai 2 hari dalam kandang dan ini aman untuk manusia maupun hewan seperti burung. Sesudah didiamkan beberapa hari, tanah diatom tersebut bisa dibersihkan dengan cara disapu atau menggunakan vakum.

  1. Mandikan Setiap Hari

Jika tubuh burung kotor, maka kutu bisa berkembang biak dengan cepat pada tubuh burung. Untuk itu, pastikan anda memandikan burung kenari yang berkutu setiap hari dan dengan sendirinya burung juga akan membersihkan bulu bulu mereka sesudah mandi yang akan membantu untuk menyingkirkan kutu pada burung berbeda dengan cara menghilangkan kutu jarum pada ikan arwana.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 15th, September 2018 / 07:13 Oleh :
Kategori : Burung