Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari

Sponsors Link

Kutu pada burung kenari selain mengganggu dan membuat kenari tidak nyaman, dampak lainnya ialah membuat kenari menjadi malas bersuara, tentunya hal ini harus segera diatasi yakni dengan cara berikut, 12 Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari.

ads

1. Pisahkan dengan Burung Kenari yang Sehat

Sebelum menghindarkan burung kenari yang terserang kutu pengganggu, pisahkan burung kenari lain yang sakit dari burung kenari peliharaan lainnya yang masih sehat.

Yang masih dalam kondisi sehat sebaiknya dirawat secara rutin dengan memandikan dan menjemur setiap hari. Tujuan mandi dan penjemuran selain menjaga kondisinya sehingga tetap fit juga untuk menghindarkan kutu pengganggu bersarang di sayapnya. (Baca juga mengenai cara membuat sarang burung lovebird)

2. Menggunakan Obat yang Dijual di Pasaran

Hingga kini, cara membasmi kutu pengganggu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pola penanganan dapat menggunakan obat kutu yang telah banyak beredar luas di pasar, jadi Sobat kutu tinggal mengikuti aturan penggunaannya dengan baik dan benar. (Baca juga mengenai cara hilangkan kutu pada lovebird)

3. Memandikan Burung Kenari dengan Obat Kutu

Obat kutu pembasmi kutu pengganggu dicampurkan ke dalam air dan digunakan untuk memandikan kenari. Sehingga bulu kenari cepat basah dan air obat kutu tadi tidak banyak terbuang sia sia jadi sebelum disemprot campuran air dan obat kutu tadi, (Baca juga mengenai cara burung lovebird cepat bertelur)

terlebih dahulu burung kenari peliharaan disemprot air biasa sehingga bulunya basah. Lalu baru disemprot dengan air pembasmi kutu pengganggu sampai basah. Air pembasmi kutu pengganggu ini tidak akan berdampak keracunan bagi burung kenari peliharaan sebab dosisnya telah tepat. (Baca juga mengenai cara mengobati katarak pada burung)

4. Penjemuran dan Diangin Anginkan

Setelah disemprot burung kenari peliharaan diangin anginkan terlebih dahulu. Usahkan diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari segera. Setelah kondisi bulunya setengah kering baru dijemur beberapa menit. Kalau burung kenari peliharaan dijemur dalam kondisi basah kuyup di bawah sinar matahari segera jadi bulu burung kenari peliharaan cepat kusam. (Baca juga mengenai cara mengobati luka pada burung lovebird)

5. Lakukan Selama 2 Minggu Hingga Kutu Hilang

Pola pembasmian kutu pengganggu belum tuntas pada tahapan itu. Sobat kutu sebaiknya membasmi kutu pengganggu hingga ke telur telurnya. Lakukan cara yang sama dua minggu setelah penanganan pertama. Tujuannya untuk membasmi secara tuntas kutu pengganggu hingga ke telurnya.

6. Menggunakan Air Tajin atau Air Bekas Cucian Beras

Air tajin ini dapat menembus lapisan lilin pada bulu burung kenari peliharaan yang banyak kutu pengganggunya, dan caranya dapat dengan membasahinya segera baik dengan disiram/ dimandikan dengan tangan atau juga dapat dengan semprotan. Lalu tunggu hingga kering, atau diangin anginkan terlebih dahulu. Nah, setelah kering, baru sobat kutu dapat menarik setiap kutu pengganggu yang ada, dan mengambil kutu pengganggu ini sangat mudah.

Sponsors Link

7. Menggunakan Air Dari Rendaman Daun Sirih

Siapkan daun sirih sebanyak 10 helai, lalu rebuslah dalam air kurang lebih 1 liter. Tunggu hingga matang, ciri kutunya warna air telah berubah menjadi hijau pekat. Lakukan dengan cara menyemprotnya, atau dapat juga membasuhnya dengan menggunakan alat yang berupa sikat gigi, sebab sikat gigi lebih efektif dan dapat sampai pada kulit hingga terkena air rebusan daun sirih.

8. Menggunakan Larutan Probiotik

Gunakan larutan probiotik. Campur dan aduk hingga rata 1/2 – 1 tutup probiotik pada 1 liter air, ambil seperlunya untuk menyemprot secara lembut bulu bulu burung kenari peliharaan, sisanya dapat untuk mandi dan minum burung kenari peliharaan.

ads

9. Menggunakan Sabun

Kalau telah dipastikan kesehatannya, Sobat kutu dapat memulai menjalankan pembersihan kutu pengganggu di bulu Kenari menggunakan Sunlight.

  • Caranya cukup mudah, Sobat tinggal mencampurkan setengah botol air dengan lima tetes Sunlight, lalu kocok sampai merata.
  • Semprot satu per satu bulu sayap dan ekor burung kenari peliharaan, mulai dari pangkal sampai ujung bulu. Penyemprotan dilakukan hingga bintik bintik hitam (kutu pengganggu dan telurnya) menghilang.
  • Satu hal yang perlu Sobat kutu perhatikan, dalam menyemprot bulu Kenari, Sobat harus menghindari bagian kepala. Semprot saja pada bagian leher sampai ekor burung kenari peliharaan Kenari.
  • Selain itu, Sobat kutu tidak perlu membilas sabun cuci piring di tubuh Kenari. Sobat dapat segera menjemur burung kenari peliharaan Kenari di tengah terik sinar matahari atau diangin anginkan sampai bulunya kering dengan sendirinya.
  • Kalau bulu burung kenari peliharaan Kenari telah kering, Sobat kutu cukup menyediakan cepuk air untuk mandi. Lalu, biarkan burung kenari peliharaan Kenari mandi sendiri di dalam cepuk. Selesai mandi, burung kenari peliharaan Kenari diangin anginkan sebentar. Setelah itu, bulu Kenari akan menjadi kinclong bebas kutu.

10. Cegah Kenari Lain dari Media Penularan Kutu, yaitu :

  • Keramba mandi yang digunakan bergantian.
  • Air bekas mandi burung kenari peliharaan lain.
  • Kerodong yang digunakan burung kenari peliharaan lain.
  • Pakan dari burung kenari peliharaan lain.
  • Kandang (sangkar) burung kenari peliharaan lain yang jarang dibersihkan.

11. Perawatan Setelah Sembuh

  • Sering seringlah membersihkan kandang (sangkar) burung kenari peliharaan, 2 sd 3 hari sekali. Bersihkan dari kotoran burung kenari peliharaan
  • Sering memandikan burung kenari peliharaan, jadwal disesuaikan dengan saat membersihkan dan mencuci kandang (sangkar).
  • Setelah dimandikan, jemurlah burung kenari peliharaan dan kandang (sangkar)nya.
  • Jaga kelembaban lingkungan sekitar burung kenari peliharaan kenari agar tetap normal. Kalau kelembaban terlalu tinggi pada malam hari nyalakan lampu khusus untuk menormalkan suhu sekitar kandang (sangkar) atau di dalam kandang (sangkar).

12. Pencegahan Lanjutan

  • Sobat harus rutin membersihkan kandang (sangkar) atau area sekitar kandang (sangkar).
  • Sebaiknya menggunakan keramba mandi sendiri.
Sponsors Link

  • Burung kenari peliharaan dijemur secara berkala setiap pagi. Penjemuran dapat meminimalisir perkembangbiakan jamur dan kutu pengganggu di luar tubuh burung kenari peliharaan.
  • Burung kenari peliharaan dihindarkan dari kondisi lembab. Lingkungan burung kenari peliharaan atau kandang (sangkar) harus kering. Jadi, setelah membersihkan kandang (sangkar), kalau dapat burung kenari peliharaan tidak segera dimasukkan dalam kandang (sangkar). Tunggu sampai kandang (sangkar) kering di bawah sinar matahari atau keringkan menggunakan hairdryer.
  • Sobat harus melakukan penyemprotan obat kutu kutu pengganggu atau antiseptik secara rutin pada benda benda yang berhubungan dengan burung kenari peliharaan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 16th, September 2018 / 01:02 Oleh :
Kategori : Burung