Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Nuri

Sponsors Link

Mirip dengan tungau, kutu burung adalah salah satu parasit yang paling umum ditemukan pada burung nuri seperti cara mengatasi kutu pada burung kacer. Seringkali infestasi tidak terlihat sampai burung dalam ketidaknyamanan yang parah. Namun, beberapa burung tidak menunjukkan tanda-tanda infestasi yang terlihat. Ada berbagai jenis kutu dan kutu tertentu hanya menempel pada spesies burung tertentu.

ads

Beberapa kutu akan mengubur diri ke kulit burung, dan hidup dari darah tuan rumah, sementara bentuk-bentuk lain dari kutu akan memakan bulu dan kulit mati. Setelah dikeluarkan dari tuan rumah, kutu tidak dapat hidup lebih lama dari beberapa hari. Pantau burung untuk kegelisahan, meningkatkan pemangkasan, dan agitasi. Ini adalah tanda-tanda bahwa mungkin ada infeksi kutu. Karena kutu sangat sulit dilihat, gunakan kaca pembesar dan terlihat memeriksa burung.

Carilah serangga gelap gelap yang panjang pada bulu burung. Kutu akan panjangnya sekitar 3 mm ketika sudah dewasa dan tidak memiliki sayap. Kutu bertahan dengan membuat makanan dari darah hewan lain, dan mereka tidak pilih-pilih tentang apa yang mereka makan. Kutu akan membuat makanan dari burung nuri peliharaan Anda secepat mereka membuat makanan darah Anda sendiri atau hewan liar.

Kutu merupakan ancaman kesehatan yang serius terhadap hewan apa pun yang bersentuhan dengan mereka, termasuk nuri Anda seperti penyakit pada burung nuri.

1. Kenali Tanda-Tanda Penyakit Kutu

Seperti cara menghilangkan kutu pada burung dara, seekor burung nuri yang menderita penyakit akibat gigitan kutu atau caplak kutu mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit yang signifikan. Tanda-tanda penyakit dapat mencakup iritasi kulit, anemia, kelesuan, dan keengganan untuk makan. Jika Anda melihat caplak pada burung beo Anda atau jika kakaktua Anda sedang sakit, Anda perlu menghubungi dokter hewan dan mengatur agar si burung berbulu Anda diperiksa untuk penyakit.

2. Kutu dan Penyakit

Kutu menyebar penyakit di antara hewan yang mereka makan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kutu bertanggung jawab atas penyebaran penyakit Lyme serta penyakit seperti anaplasmosis, babesiosis, ehrlichiosis, rickettsiosis, demam berbintik-bintik Rocky Mountain, penyakit ruam terkait kutu di daerah selatan, demam kambuh, dan tularemia.

Penyakit-penyakit ini dapat menyebar dari kutu ke berbagai macam organisme hidup, termasuk burung beo dan manusia.

3. Hubungan Burung Nuri dan Kutu

Kutu dapat membuat nuri Anda sangat sakit, jadi Anda harus berhati-hati untuk memastikan kakaktua Anda tidak terkena mereka. Kancing menempel dekat dengan kulit burung Anda, jadi Anda mungkin harus menggerakkan bulunya untuk melihat serangga kecil dan gelap.

Kutu dapat memakan nuri dan dapat melakukan perjalanan jarak jauh ketika menempel pada burung yang mampu terbang. Penyakit dapat menyebar dengan cepat oleh burung, itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk memastikan nuri Anda tidak penuh dengan kutu dan tidak menjadi penuh dengan kutu.

4. Minyak Jeruk atau Limonene

Ekstrak dari kulit jeruk cukup efektif dalam membunuh tungau, kutu dan infeksi lainnya. Anda dapat membuat semprotan limonene sendiri. Grind lemon peels dan tambahkan air ke dalamnya.

Saring campuran dan tuangkan air ke dalam botol semprot. Potong kulit jeruk menjadi potongan kecil dan tambahkan ke dalam botol. Anda dapat menggunakan semprotan ini pada pakaian, tempat tidur, kamar mandi, dan tentunya kandang burung nuri anda.

Sponsors Link

5. Minyak Esensial

Cukup beberapa minyak esensial efektif dalam membunuh parasit seperti tungau burung. Ini termasuk pepermin, lavender, kayu putih, kayu cedar, dan serai.

Minyak ini dapat digunakan sebagai semprotan untuk membatasi aktivitas tungau. Bau itu mengganggu komunikasi mereka dan mereka keluar dari persembunyian. Campur sedikit minyak dan air dalam botol semprot dan semprotkan di mana-mana. Sisi positif dari semprotan ini adalah bahwa mereka memberi rumah Anda bau yang menyegarkan.

6. Minyak Cedar

Ada penelitian tentang minyak cedar yang membuktikan betapa efektifnya membunuh tungau burung. Obat ini agak mahal, karena Anda membutuhkan fogger ULV untuk itu. Kenakan masker dan ledakkan setiap sentimeter dari rumah Anda dengan fogger. Tinggalkan rumah Anda selama 3 jam dan biarkan kabut bekerja seperti cara merawat perkutut.

7. Minyak Neem

Minyak Neem memiliki tingkat keberhasilan 95% dalam membunuh tungau burung. Anda dapat menggunakannya sebagai semprotan, dilarutkan dalam air atau Anda bisa meletakkannya di perangkap.

8. Asam Borat

Bubuk asam Borat cukup stabil di alam dan merupakan pembunuh serangga dalam bentuk alami. Lebih baik untuk menyebarkan bubuk ini pada permukaan yang keras, di mana sebagian besar kutu ini.

ads

9. Bounce

Anda dapat mencoba salah satu dari solusi ini untuk membunuh tungau burung. Bounce memiliki bahan yang berbahaya bagi tungau burung. Anda dapat menempatkannya dalam jumlah kecil di sepatu, pakaian, dll, dan kemudian mencucinya dengan air panas. Alternatif untuk Bounce adalah garam Epsom, yang dapat Anda larut dalam air saat mencuci pakaian.

10. Menggunakan Cuka

Tungau dan kutu benci bau cuka. Dengan menggunakannya dalam bentuk terkonsentrasi, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menyingkirkan kutu pada burung nuri. Anda juga dapat menggunakan pembersih berbasis cuka untuk mengepel lantai dan menyeka area lain.

11. Kristal Menthol

Kutu dan tugau burung tidak menyukai bau mentol, yang membuatnya menjadi penolak yang hebat. Tambahkan beberapa kristal mentol dalam kaus kaki dan letakkan di bawah kasur Anda. Anda juga dapat menempatkannya di lemari Anda dan di antara lapisan sofa.

12. Diatomaceus Earth

Diatomaceous Earth dapat digunakan untuk membunuh semua jenis serangga. Meskipun itu bukan benar-benar obat rumah, Anda dapat memanfaatkannya jika Anda keluar dari opsi lain. Itu membunuh serangga dengan mengeringkan rangka luarnya. Anda dapat menyebarkan beberapa di sekitar titik masuk rumah Anda seperti pintu dan jendela. Meskipun tidak beracun, itu pasti membuat berantakan. Oleh karena itu, gunakan saja sebagai upaya terakhir.

Ini hanya beberapa solusi alami yang dapat membunuh tungau dan burung. Karena, ini serangga kecil, menyingkirkan mereka lebih sulit. Namun, dengan menjaga kebersihan rumah dan memblokir titik masuk seperti pintu dan jendela, Anda dapat mencegah kutu.

13. Patau Perilaku Burung Nuri

Pantau burung untuk kegelisahan, meningkatkan pemangkasan, dan agitasi. Ini adalah tanda-tanda bahwa mungkin ada infeksi kutu. Karena kutu sangat sulit dilihat, gunakan kaca pembesar dan terlihat memeriksa burung. Carilah serangga gelap gelap yang panjang pada bulu burung. Kutu akan panjangnya sekitar 3 mm ketika sudah dewasa dan tidak memiliki sayap seperti penyakit pada burung nuri.

Buang semua material yang digunakan untuk bersarang dari kandang burung. Bersihkan kandang burung dan mainan dengan larutan pemutih dan air jika kunjungan ke dokter hewan tidak bisa dilakukan dengan segera. Rebus mainan dan bertengger di air dan biarkan mengering sebelum masuk kembali ke kandang. Dokter hewan dapat meresepkan atau merekomendasikan solusi pembersihan yang kuat.

Bersihkan area kandang sekitarnya, karena kutu mungkin berada di atas meja terdekat atau ambang jendela. Disinfeksi semua area untuk menghindari infeksi ulang.

14. Penggunaan Bahan Kimia

Obati burung dengan insektisida yang tepat yang disetujui oleh dokter hewan. Selalu periksa dengan dokter hewan untuk memastikan perawatan aman, karena zat yang digunakan untuk membunuh kutu sangat beracun. Perawatan umum termasuk penggunaan bubuk debu dan semprotan pada burung dan kandang. Hindari kontak insektisida dengan mata burung dan area lendir. Penyalahgunaan perawatan kontrol kutu dapat menyebabkan burung Anda sakit parah dan bahkan kematian.

15. Perhatikan Gejala Ulangan

Amati burung Anda untuk tanda-tanda kutu kembali. Meskipun gejala umum termasuk gelisah dan mencabut bulu beberapa burung tidak menunjukkan tanda-tanda infestasi kutu, namun mereka mungkin masih kesakitan. Jadwalkan pemeriksaan dengan dokter hewan aviary untuk memastikan bahwa kondisi telah diobati dan diselesaikan secara efektif.

Burug nuri dalam ruangan tidak mungkin mendapatkan kutu. Pastikan setiap area yang Anda izinkan nuri Anda lepas bersih dan tidak penuh dengan masalah kutu.

Periksa hewan peliharaan Anda lainnya secara teratur untuk kutu dan tempatkan mereka pada kutu dan centang pencegahan jika mereka menghabiskan waktu di luar. Karantina semua burung baru yang Anda bawa ke rumah dan tangani semua burung secara teratur, pastikan untuk memeriksa kutu.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 09:10 Oleh :
Kategori : Burung