Sponsors Link

Cara Menghilangkan Kutu Pada Musang

Sponsors Link

Musang menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang mulai banyak diminati untuk dipelihara karena bentuk yang yang lucu dan perilaku yang unik.

ads

Hewan berbulu tersebut tentu membutuhkan berbagai macam proses perawatan khusus yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik yang memeliharanya agar tidak mengalami berbagai macam kondisi permasalahan kesehatan.

Salah satu permasalahan yang muncul pada musang tersebut adalah munculnya kutu pada bulu musang. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu pada musang yang diantaranya disebutkan dibawah ini. (Baca juga : cara memelihara musang pandan)

  1. Pahami Penyebabnya

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh para pemilik musang yang kutuan adalah memahami penyebab munculnya kutu tersebut. Beberapa penyebab yang dapat menjadikan musang kutuan diantaranya seperti kondisi lingkungan yang terlalu kotor, kebersihan musang yang tidak terjaga dan terawat dengan baik, serta bisa jadi disebabkan oleh penularan dari musang lainya. Meskipun bukan kondisi permasalahan yang dapat menyebabkan dampak kesehatan serius namun kondisi kutuan pada musang tentu dapat menganggu dan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada hewan peliharaan kesayangan tersebut. (Baca juga :cara merawat musang di musim hujan)

  1. Karantina atau isolasi

Kutu merupakan salah satu jenis hewan yang dapat berpindah dari satu inang ke inang yang lain. Kondisi ini menjadikan salah satu penyebab utama musang kutuan adalah karena tertular musang lainya. Ketika sudah mengetahui musang yang kutuan tersebut maka sebaiknya lakukan pemisahan atau karantina musang dari lainya untuk mengurangi dan mencegah penularan. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan)

  1. Memandikan musang

Langkah selanjutnya dalam cara menghilangkan kutu pada musang adalah dengan memandikan musang tersebut segera. Memandikan musang tentu dapat membantu menghilangkan kutu yang berada di dalam tubuh musang secara perlahan. Dalam proses memandikan musang tersbeut maka gosok bagian yang menjadi sarang dari kutu diantaranya seperti lengan, kuping, kaki, dan ketiak musang. Penggunaan sabung khusus anti kutu untuk kucing yang dapat diperoleh di toko hewan juga dapat membantu lebih baik penanganan kutu tersebut. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan umur 7 bulan)

  1. Bedak pembasmi kutu

Setelah memandikan musang tersebut maka jangan lupa untuk mengeringkannya agar kondisi bulu menjadi bersih dan tidak lembab. Setelah bulu kering maka pengunaan bedak pembasmi kutu dapat diberikan secara langsung pada musang yang secara efektif dapat menghilangkan kutu pada musang. Pemberian bedak pada musang tersebut dapat dilakukan secara ruting hingga kutu benar benar hilang. Bedan anti kutu atau pembasmi kutu dapat diperoleh di toko hewan terdekat.

  1. Cairan antiseptik

Selain menggunakan bedak, cara menghilangkan kutu pada musang lainya adalah dengan menggunakan cairan antiseptik atau dettol. Cairan anti septik yang dicampur dengan air hangat tersebut dapat dioleskan secara menyeluruh pada semua bagian tubuh musang kecuali wajahnya. Setelah seluruh bagian tubuh terkena cairan antiseptik maka langkah selanjutnya adalah membilasnya hingga bersih. Musang kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung beberapa saat. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan umur 3 bulan)

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu pada musang yang dapat dilakukan oleh para pemilik musang. Selain upaya yang disebutkan diatas, pemilik musang juga harus melakukan upaya pencegahan agar kutu tidak kembali menyerang musang dengan cara memperhatikan kebersihan musang serta kebersihan lingkungan sekitarnya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 17th, September 2018 / 05:06 Oleh :
Kategori : Musang