Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutu Pada Sapi

Sponsors Link

Kutu yang ada di tubuh sapi memiliki siklus hidup dari telur yang diletakkan induk di tanah dan kemudian larva yang baru saja menetas akan langsung mencari inang dan dalam hal ini adalah sapi. Sesudah sampai ke tubuh sapi, maka kutu akan menghisap darah sapi sampai kenyang lalu jatuh kembali ke tanah atau juga bisa tetap tinggal pada tubuh sapi dan akan segera menjadi nimfa.

ads

Nimfa nantinya akan menghisap darah sapi kembali dan sesudah kenyang akan jatuh ke tanah kemudian menjadi kutut dewasa. Siklus hidup kutu pada sapi ini berkisar antara 6 minggu sampai 3 tahun dan kutu betina bisa menghasilkan telur antara dua ribu sampai dua puluh ribu telur yang terkumpul dalam sebuah kelompok.

Sesudah bertelur, maka induk akan mati dan telur akan menetas dalam waktu 2 hingga 10 minggu tergantung jeni kutu tersebut. Kutu pada sapi sangat kuat terhadap perubahan fisik seperti kering, terendam air atau tidak mendapat makanan dalam waktu berbulan bulan.

Umumnya kutu akan menyerang sapi pada musim hujan sebab kelembaban sangat tinggi dan ketika masuk ke musim panas, maka aktivitas betina untuk bertelur akan terjadi secara intensif. Gigitan kutu ini bisa menimbulkan reaksi peradangan di area yang tergigit dan sapi yang kehilangan banyak darah bisa terserang anemia sehingga kualitas ternak sapi akan menurun dan bisa terinfeksi.

Sapi umumnya akan gatal gatal sehingga akan terus menggosok atau menendang bagian yang gatal sehingga bisa menimbulkan luka. Agar ini tidak sampai terjadi dan menurunkan kualitas sapi, berikut kami memiliki beberapa cara menghilangkan kutu pada sapi yang bisa anda lakukan.

  1. Mandikan Sapi

Cara pertama untuk menghilangkan kutu pada sapi bisa dilakukan dengan memandikan sapi memakai shampo yang cocok dilakukan untuk cara ternak sapi skala rumahan. Cuci bagian leher sapi agar kutu tidak melompat ke kepala ketika sapi dimandikan. Mandikan sapi secara menyeluruh dari leher, tubuh, kaki, perut hingga ke bagian buntut sapi. Cara ini menjadi yang paling mudah dilakukan untuk membasmi kutu pada tubuh sapi.

  1. Rosemary

Daun rosemary juga bisa digunakan untuk membasmi kutu sapi yang juga penting diketahui untuk tips memulai ternak kambing. Caranya cukup mudah yakni dengan merebus daun rosemary segar dengan air selama 30 menit sampai mendidih. Diamkan dan saring air tersebut kemudian siram pada tubuh sapi dan jangan dibilas namun dibiarkan saja hingga mengering dengan sendirinya. Lakukan cara ini ketika udara sedang panas dan tambahkan juga beberapa tetes campuran lemon di area leher agar kutu bisa keluar.

  1. Gunakan Sabun Cuci Piring

Ketika memandikan sapi, anda juga bisa mengganti shampo dengan sabun cuci piring. Meski bisa menyebabkan kulit sapi menjadi kering atau iritasi karena sabun cuci piring namun tidak sampai menyebabkan gejala keracunan pada sapi asalkan tidak tertelan, namun ini sangat efektif untuk membunuh kutu. Sabun cuci piring merupakan racun bagi kutu sehingga bisa digunakan untuk mengendalikan serangan kutu pada sapi. Pastikan untuk membilas tubuh sapi hingga bersih sesudah menggunakan sabun pencuci piring tersebut.

  1. Serbuk insektisida

Serbuk insektisida bisa dibeli di toko hewan atau toko peternakan yang tersedia dalam beberapa pilihan untuk hewan yang juga berbeda beda serta dosis dan kandungan bahan kimia yang juga berbeda. Serbuk ini bisa digunakan untuk tubuh sapi ataupun hewan ternak lain agar kutu bisa segera mati dan tidak berkembang biak. 

Sponsors Link

  1. Pakai Tanah Diatom Food Grade

Untuk sapi, kambing ataupun unggas yang terkena kutu, tanah diatom food grade juga sangat tepat digunakan yang bahkan juga aman digunakan untuk cara menghilangkan kutu kucing. Campurkan tanah diatom dengan pasir lalu aplikasikan secara merata pada tubuh sapi atau juga bisa cukup ditaburkan saja. Pastikan anda memakai masker ketika menggunakan tanah diatom tersebut karena meski tidak berbahaya untuk hewan ternak atau unggas, namun bahan ini bisa menyebabkan iritasi kulit dan paru paru pada manusia.

  1. Semprot Dengan IGR

IGR yang merupakan singkatan dari Insect Growth Regulator bisa disemprotkan pada lantai kandang sapi yang sangat penting digunakan untuk menghentikan perkembangan kutu sehingga bisa memutus siklus reproduksinya yang juga cocok digunakan untuk cara menghilangkan kutu anjing cepat. Ini sangat baik digunakan untuk mengatasi serangan kutu yang berat.

Anda bisa membeli produk konsentrat lalu campur sesuai petunjuk pada kemasan. Umumnya produk ini paling tidak harus digunakan dua kali dengan jarak sekitar tiga setengah minggu. Semprotkan ke area lantai dan dinding kandang sapi sebulan sekali selama serangan musim kutu. IGR ini tidak beracun sehingga menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk hewan ternak seperti sap.

  1. Serbuk Botani dan Asam Borat

Kutu dewasa bisa hidup cukup lama tanpa menghisap darah dan larva kutu bisa hidup hingga berbulan bulan. Serbuk botani menjadi obat serangga alami yang aman untuk digunakan mengatasi kutu pada sapi.

Sedangkan borat merupakan mineral yang biasanya digunakan untuk mengawetkan kayu, bahan deterjen dan juga obat serangga yang bertindak sebagai racun untuk kutu namun aman untuk sapi dan juga manusia serta bisa digunakan dalam budidaya kambing biri biri. Namun meski terbilang aman, namun hindari menghirup campuran serbuk botani dengan borat tersebut dengan cara memakai masker. Taburi kombinasi serbuk ini di sekeliling kandang dan juga lantai kandang agar kutu dewasa bisa dibasmi sampai tuntas.

  1. Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk membasmi kutu pada tubuh sapi. Caranya adalah dengan mencampur cuka dengan air dan sedikit sabun cuci piring. Aplikasikan campuran ini pada tubuh sapi dan cuci sekitar 15 menit. Setelah itu segera bilas tubuh sapi dengan air  lalu semprot atau tuang kembali cuka pada tubuh sapi khususnya yang terdapat banyak kutu dan keringkan tubuh sapi.  

ads

  1. Gunakan Garam

Garam merupakan pengering yang bisa menyerap kelembaban dari benda dan mengeringkan. Ketika kristal garam menempel pada kutu maka nantinya akan melekat dan membuat kutu tersebut menggesek serta menggaruk sehingga akhirnya kehabisan darah dan mati. Garam ini bisa ditaburkan pada lantai kandang sapi dan juga area sekelilingnya untuk membunuh kutu beserta dengan telurnya dan bisa digunakan juga dalam cara beternak kambing etawa.

  1. Jeruk Nipis

Membuat larutan dari jeruk nipis juga sangat baik digunakan untuk membasmi kutu sapi. Anda hanya perlu mengiris jeruk nipis kemudian rebus dengan air dan biarkan sampai dingin selama semalam.

Esok paginya, masukkan campuran tersebut dalam botol semprot dan segera semprotkan pada tubuh sapi untuk melembabkan bulu sapi dan lakukan sebanyak sekali dalam sebulan untuk membasmi kutu. Cara lainnya, anda juga bisa menggunakan minyak esensial jeruk nipis yang dicampur dengan air. Pastikan untuk menyemprotkan larutan ini ketika panas agar kutu bisa lebih cepat disingkirkan.

  1. Pakai Ragi

Ragi juga bisa digunakan untuk membunuh kutu pada sapi dan hewan ternak lain seperti cara ternak domba jantan yang bahkan juga aman digunakan untuk hewan. Kutu sangat tidak menyukai rasa dari ragi dan anda bisa menggosokan ragi pada kulit sapi atau juga bisa sedikit ditambahkan dalam makanan basah sapi agar bisa mengubah rasa darah sehingga tidak disukai kutu.

  1. Peppermint

Peppermint bisa digunakan untuk membatasi serangan kutu pada sapi dan hewan lain meski memang tidak benar benar membunuh kutu tersebut namun sudah cukup efektif untuk menyingkirkan kutu dari tubuh sapi agar tidak semakin berkembang biak dan menghisap darah sapi.

  • Campur alkohol dengan minyak peppermint kemudian campur sampai rata.
  • Tuang campuran ini pada botol dan semprotkan pada area tubuh sapi yang terserang kutu khususnya di bagian leher, punggung dan beberapa bagian tubuh lainnya.
  • Larutan ini juga bisa disemprotkan pada kandang hewan dan sekeliling kandang sapi untuk mengusir kutu.
  • Tanam juga pohon peppermint di sekeliling kandang karena bau yang dihasilkan akan membuat kutu tidak berani mendekat.
  1. Gunakan Nematoda

Nematoda merupakan cacing mikroskopik yang dijual dengan berbagai tipe untuk obat kutu yang aman bagi manusia termasuk untuk hewan seperti cara ternak domba modern. Anda bisa mencampurkan nematoda ini dengan air dan sebarkan di area sekeliling kandang. Biarkan area tersebut tetap lembab selama tujuh hari supaya cacing mulai berkembang dan nantinya bisa membunuh kutu.

  1. Cuka Apel

Selain cuka putih, cuka apel juga bisa digunakan untuk membasmi kutu pada sapi dan juga hewan lainnya. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan mencampur cuka apel dengan air minum sapi. Cuka apel ini menjadi cairan pembasmi kutu alami yang bahkan bisa mencegah kutu kembali lagi. Perawatan membasmi kutu dengan cuka apel ini bahkan juga aman dilakukan pada kucing ataupun anjing.

  1. Serpihan Kayu Aras

Serpihan kayu aras bisa digunakan di sekitar kandang untuk menolak kutu agar tidak datang dan menghisap darah dari tubuh sapi dan juga bisa digunakan dalam teknik dasar ternak kambing. Aroma yang ditimbulkan dari kayu aras ini menjadi pembasmi alami kutu lain yang bisa digunakan. Sebarkan kayu aras ini di sekitar kandang sapi dan juga area lain yang dipenuhi banyak kutu agar mencegah kutu datang kembali.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 04:17 Oleh :
Kategori : Sapi