Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Lalat Pada Sapi

Sponsors Link

Saat mulai masuk ke musim hujan, maka populasi lalat yang ada di kandang peternakan jumlahnya akan semakin banyak yang tidak hanya hinggap pada tubuh ternak namun juga bisa menyebabkan penyakit pada hewan ternak tersebut khususnya jika terdapat ternak yang luka maka bisa membuat luka tersebut menjadi busuk.

ads

Selain itu, semakin banyak lalat dalam kandang peternakan juga akan mengganggu karena lalat tersebut biasanya juga akan menghisap darah ternak.

Ini menyebabkan banyak luka pada tubuh ternak khususnya di area kaki. Bahkan, lalat terlalu banyak dalam kandang bisa membuat sapi sampai terjatuh karena sapi semakin gelisah serta stress sehingga membuat sapi sapi tersebut terpeleset karena tali dan akhirnya menyebabkan luka. Sebelum ini terjadi, ada baiknya anda melakukan beberapa cara menghilangkan lalat pada sapi yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Lem Perekat Lalat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi lalat pada kandang dan juga tubuh sapi bisa diatasi dengan lem perekat lalat yang juga menjadi tips memulai ternak kambing. Lem lalat ini terbilang cukup efektif untuk mengurangi populasi lalat di kandang sapi. Harganya sendiri juga sangat terjangkau yakni seribu Rupiah saja per kertas lem. Meski bisa mengatasi banyaknya lalat pada kandang, namun lem perekat lalat ini juga memiliki kekurangan yakni mungkin saja dimakan sapi ketika diletakkan terlalu dekat dengan sapi sehingga harus ditempatkan di area yang tidak terjangkau oleh sapi.

  1. Obat Hama Pertanian

Obat hama pertanian menjadi cara selanjutnya untuk membasmi lalat dalam ternak sapi. Namun untuk penggunaannya harus dilakukan dengan hati hati karena sapi terbiasa menjilati bagian tubuhnya seperti area kaki dan perut dan menimbulkan gejala keracunan pada sapi. Penggunaan obat kimia untuk membasmi lalat pada sapi yang bisa anda coba diantaranya adalah Ralat dan juga Tricloflor. Untuk harga Ralat sekitar Rp.18.000, sedangkan untuk Triclofor sekitar Rp.8.000 per sachet. 1 tutup Ralat bisa diencerkan dengan 1 liter air. Sedangkan untuk satu sachet Triclofor bisa dicampur dengan 1.5 liter air.

Triclofor memiliki efek yang sangat cepat untuk membunuh lalat karena lalat yang terkena semprotan larutan Triclofor ini akan langsung jatuh dan mati. Kelebihan dari obat hama pertanian Triclofor ini adalah tidak berbahaya untuk hewan ternak termasuk sapi. Sedangkan kekurangannya adalah cukup menghabiskan banyak biaya mengingat lalat yang akan terus berdatangan selama musim hujan atau musim buah.

  1. Obat Bahan Organik

Beberapa campuran dari bahan organik juga bisa digunakan untuk membasmi lalat dengan biaya yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan obat hama pertanian yang juga bisa digunakan dalam teknik dasar ternak kambing. Berikut adalah beberapa bahan yang harus dipersiapkan dan juga cara membuatnya.

  • Siapkan 1/4 kg tembakau yang bisa dibeli di pasar tradisional dan bisa dipilih yang berkualitas jelek atau sering disebut dengan remukan.
  • Siapkan juga isi mahoni 1/4 kg yang umumnya pada musim kemarau akan jatuh berguguran dari pohon mahoni dengan warna coklat yang diambil isinya dengan rasa yang pahit.
  • Siapkan juga 1 sachet shampo dan 4 liter air.
  • Tumbuk halus isi mahoni lalu masukkan dalam ember dan tambahkan dengan tembakau.
  • Masak air sampai mendidih lalu campur dalam ember dan aduk aduk.
  • Tunggu sampai dingin kemudian saring dan campur air tersebut dengan 1 scahet shampo.
  • Masukkan dalam semprotan atau sprayer kemudian semprotkan pada tubuh sapi khususnya area kaki dan perut yang biasanya dihinggapi lalat.
  • Hindari menyemprotkan larutan pada kepala ternak karena bisa menimbulkan sensasi pedas pada mata ternak.
  • Selain itu, cairan juga bisa langsung disemprotkan pada lalat agar lebih aman.
    Sponsors Link

  1. Bakar Sisa Makanan Ternak

Cara lain untuk mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan membakar sisa pakan ternak yang tidak habis khususnya jerami termasuk untuk budidaya kambing biri biri. Pembakaran sisa pakan ternak yang tidak habis ini bertujuan untuk menghasilkan asap agar bisa mengusir lalat.

Agar hasil asap semakin banyak, maka bisa tutupi jerami yang sudah terbakar dengan kotoran sapi baik yang masih basah atau sudah kering atau juga bisa ditutupi dengan sisa rumput yang masih basah dan sudah terinjak oleh sapi.

Asap yang dihasilkan nantinya akan mengusir lalat dan bahkan nyamuk sehingga sapi bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari. Selain untuk membasmi lalat serta nyamuk, cara ini juga baik dilakukan untuk membersihkan lantai kandang dan juga hasil pembakaran atau abu bisa digunakan untuk pupuk sebab mengandung banyak silika. Ketika anda membakar jerami, maka jauhkan dari berbagai barang yang mudah terbakar.

  1. Daun Pandan

Tidak hanya berguna sebagai pewarna alami dan perasa untuk masakan atau kue, daun pandan juga bisa digunakan untuk menghilangkan lalat pada peternakan sapi atau hewan ternak lainnya. Cara menggunakannya juga sangat mudah yakni dengan mengiris halus beberapa helai daun pandan lalu masukkan ke dalam wadah dan langsung tempatkan di dalam kandang sehingga lalat tidak akan datang ke dalam kandang karena bau yang dihasilkan dari daun pandan tersebut.

ads

  1. Bunga Lavender

Aroma bunga lavender yang menyengat juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat di kandang sapi dan juga untuk cara beternak kambing etawa. Bunga lavender yang dikenal sebagai tanaman pengharum ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk sehingga sering dijadikan bahan pengusir nyamuk berbentuk lotion, bakar atau semprot dan juga sangat tidak disukai lalat.

Anda hanya perlu menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam kandang untuk mengusir lalat sekaligus nyamuk dalam kandang sapi atau hewan ternak lainnya.

  1. Cengkeh

Cara selanjutnya untuk mengusir lalat di kandang sapi bisa menggunakan cengkeh. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat pada kandang sapi, yakni dengan merendam cengkeh secukupnya di dalam air lalu letakkan wadah berisi air tersebut di dalam kandang. Untuk cara kedua, anda bisa memadukan cengkeh dengan buah apel yang sudah matang.

Anda bisa mengolesi permukaan apel dengan air cengkeh atau juga bisa menusuk nusuk permukaan apel dengan cengkeh lalu letakkan di dalam kandang. Aroma dari cengkeh tersebut juga tidak disukai lalat sehingga bisa mengusir lalat dari kandang sapi, kambing atau ternak lainnya.

  1. Jeruk Lemon

Cara selanjutnya untuk mengusir lalat baik di dalam rumah atau kandang sapi atau untuk cara ternak domba jantan bisa menggunakan jeruk lemon. Cara untuk menggunakannya cukup mudah yakni dengan menyiapkan beberapa buah lemon lalu potong masing masing lemon tersebut menjadi 4 potong memanjang. Tancapkan cengkeh kering pada setiap potongan lemon dan letakkan di dalam kandang.

Lalat nantinya bisa mendeteksi aroma jeruk lemon dan cengkeh tersebut sehingga tidak mau berada di area yang berbau tersebut sehingga bisa digunakan sebagai pengusir serangga yang sangat baik.

  1. Tanam Tanaman Pengusir Lalat

Cara lain untuk mengusir lalat sekaligus memperindah area sekitar kandang sapi bisa dilakukan dengan cara menanam beberapa tanaman pengusir lalat. Beberapa tanaman tersebut diantaranya adalah mint, selasih, false indigo, lavender dan juga elderberry yang bisa ditanam di sekitar kandang untuk membasmi lalat dan bahkan nyamuk dengan cara yang aman dan mudah.

  1. Membuat Perangkap Lalat dari Botol

Langkah selanjutnya untuk mengusir lalat dari kandang sapi dan juga bisa digunakan dalam teknik dasar ternak kambing adalah dengan membuat perangkap lalat dari botol bekas minuman air mineral.

Cuci botol tersebut dengan air hangat lalu potong leher botol tersebut memakai gunting caranya dengan membuat lubang lalu potong memakai gunting hingga kedua bagian tersebut terpisah.

Balik leher botol yang sudah terpotong tersebut dan masukkan dalam potongan botol dibawahnya sehingga bagian mulut botol akan menghadap ke arah bawah. Rekatkan kedua bagian botol tersebut dengan stapler, selotip atau lem super. Lanjutkan dengan membuat campuran gula leleh yakni memasak 5 sendok gula pasir bersama air hingga rata dan mendidih lalu biarkan sampai hangat.

Tuang larutan gula tersebut dalam botol hingga tertampung di bagian dasar botol lalu tambahkan dengan potongan buah apel lalu letakkan di bawah sinar matahari agar buah bisa cepat membusuk sekaligus mempercepat penguapan cairan sehingga menjadi sebuah feromon yang bisa menarik lalat untuk masuk ke perangkap. Letakkan di dalam kandang dan nantinya lalat akan masuk ke perangkap tersebut.

  1. Perangkap Dari Kaleng Susu Kental Manis

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi banyak lalat di dalam kandang termasuk untuk cara ternak domba modern bisa dilakukan dengan membuat perangkap dari kaleng bekas susu kental manis atau kaleng bekas sup. Lepaskan tutup bagian atas kaleng beserta label di bagian pinggir kaleng kemudian cuci bersih dengan air hangat dan lanjutkan beberapa langkah berikut ini.

  • Lilitkan lakban pada seluruh bagian sisi kaleng dan tekan tekan memakai tangan agar bagian lengket pada lakban atau selotip bisa tertinggal pada dinding kaleng tersebut.
  • Lepaskan lakban tersebut sehingga bagian sisi kaleng akan terasa lengket. Jika masih kurang, ulangi sebanyak beberapa kali memakai potongan lakban yang baru.
  • Rekatkan senter kecil di bagian dalam kaleng dan pilih senter yang memakai lampu UV sebab lalat sangat tertarik dengan sinar UV.
  • Nyalakan senter tersebut dan letakkan kaleng di dalam kandang sapi supaya lalat bisa berdatangan dan menempel pada dinding kaleng yang sudah lengket tersebut.
  1. Campuran Minyak Esensial

Mengusir lalat di kandang sapi atau kandang ternak lain juga bisa dilakukan dengan menggunakan campuran dari beberapa minyak esensial. Pengusir lalat berupa minyak atsiri ini akan menyebarkan aroma ke udara sehingga akan menjauhkan lalat dari kandang sapi.

  • Siapkan beberapa bahan seperti kaleng kecil dengan tutup. selembar kain atau spons pencuci piring baru, 2 sendok makan minyak sayur, 2 sendok makan witch hazel atau vodka dan 100 tetes minyak atsiri.
  • Minyak atsiri yang bisa dipilih diantaranya adlaah minyak lavender, minyak citronella, minyak eucalyptus dan minyak pepermint.
  • Tuangkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk sampai rata lalu tambahkan 1/2 sendok teh vodka dalam campuran.
  • Masukkan kain dan spons dalam kaleng dan tuangkan campuran minyak tersebut kemudian tutup rapat dan biarkan selama 24 jam.
  • Tempatkan dalam kandang sapi kemudian buka tutup kaleng tersebut agar minyak bisa menguap ke udara untuk mengusir lalat.
  1. Semprotan Cuka Apel

Semprotan yang terbuat dari cuka apel dan beberapa bahan lain ini sudah sejak lama digunakan untuk mengusir serangga karena baunya yang sangat tajam sehingga cocok digunakan untuk menyingkirkan lalat di kandang sapi dalam cara ternak sapi skala rumahan atau skala besar.

  • Siapkan beberapa bahan seperti 1/2 cangkir witch hazel, 1/2 cangkir cuka apel dan 30 hingga 50 tetes minyak atsiri yang bisa dipilih seperti minyak pohon teh, rosemary, sereh, cengkeh, lavender, kayu cemara atau mint.
  • Tuangkan semua bahan ke dalam botol semprot lalu kocok hingga rata.
  • Semprotkan pada tubuh sapi khususnya kaki dan juga perut lalu biarkan hingga mengering.
  • Campuran ini juga bisa disemprotkan pada dinding kandang untuk mengusir lalat dari kandang sapi.
  1. Minyak Basil

Minyak basil bisa digunakan untuk mengusir lalat karena bau yang dihasilkan tidak disukai lalat dan juga berguna untuk mengusir ngengat sehingga bisa digunakan dalam budidaya sapi potong atau lainnya. Buatlah larutan 2% dengan memasukkan 12 tetes minyak basil dalam setiap 30 ml minyak pembawa seperti minyak zaitun lalu oleskan campuran tersebut pada tubuh sapi.

  1. Minyak Mint

Minyak mint juga bisa digunakan untuk mengusir lalat secara alami. Buat 2% larutan dengan mencampur 12 tetes minyak peppermint ke setiap 30 ml minyak pembawa seperti zaitun dan oleskan pada tubuh sapi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 04:22 Oleh :
Kategori : Sapi