Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Lemak pada Burung Kenari yang Kegemukan

Sponsors Link

Melihat burung kenari yang dipelihara tampak gemuk dan sehat serta memiliki suara yang merdu tentu suatu kesenangan atau hiburan tersendiri ya sobat, yakni menandakan bahwa perawatan yang dilakukan tepat serta berhasil memberi kehidupan yang layak untuk burung kenari tersebut.

ads

Namun sobat, segala sesuatu yang berlebihan tentu berdampak tidak baik, termasuk masalah gemuk itu, burung kenari yang kegemukan atau terlalu banyak lemak di tubuhnya, beresiko beragam penyakit dan burung kenari menjadi malas, malas bergerak, juga malas berkicau.

Tentu membuat khawatir ya sobat? sebab itu, bisa dilakukan diet sehat agar burung kenari yang dipelihara memiliki tubuh yang sehat dan proporsional. Nah sobat, berikut tips lengkapnya, 12 Cara Menghilangkan Lemak pada Burung Kenari yang Kegemukan.

1. Pahami Ciri Burung Kenari Kegemukan

  • Kalau bulu di area sekitar perut atau pangkal ekor ditiup, maka permukaan kulitnya akan terlihat jelas dan berwarna kekuningan. Warna kuning ini muncul akibat timbunan lemak berlebihan. Pada burung kenari peliharaan yang sehat, permukaan kulit sering berwarna merah muda. (Baca juga mengenai cara menghilangkan kutu pada burung kenari)
  • Ada benjolan besar di sekitar perutnya. Saat berjalan, burung kenari peliharaan terlihat seperti menggembol sesuatu. Kalau ditekan, benjolan terasa agak kenyal dan berwarna kekuningan.
  • Burung kenari peliharaan lebih rajin pakan, namun malas bergerak.
  • Burung kenari peliharaan banyak lemak cenderung macet bunyi.  (Baca juga mengenai cara membuat sarang burung lovebird)

2. Periksa Sebab Burung Kenari Kegemukan, seperti :

  • Burung kenari peliharaan selalu diberi pakan berlebihan, terutama burung kenari peliharaan pepakan biji bijian.
  • Pakan yang diberikan kurang bervariasi. Contohnya hanya berupa voer atau bijian saja, tanpa mendapat pakan tambahan/ extra fooding (EF).  (Baca juga mengenai cara hilangkan kutu pada lovebird)
  • Asupan nutrisi tidak seimbang. Contohnya, terlalu tinggi kadar lemaknya, atau terlalu tinggi kadar proteinnya.
  • Burung kenari peliharaan kurang aktif/ tidak banyak bergerak akibat sempitnya ruangan (sangkar). Kondisi tersebut memicu lemak berlebih yang menyebabkan obesitas.

3. Kurangi Pakan

Kurangi pakan bijiannya, dan tambahkan EF buah dan sayuran yang sesuai seperti tomat, mentimun, dsb. Untuk sayuran, berikan yang berwarna hijau gelap. Pakan bijian dapat diberikan setelah diolah menjadi biji berkecambah (sprouted seed).  (Baca juga mengenai cara burung lovebird cepat bertelur)

4. Rangsang Burung kenari Banyak Bergerak

Burung kenari peliharaan perlu diberi kesempatan bergerak lebih banyak. Contohnya dengan memindahkan ke sangkar umbaran selama beberapa jam. Dengan banyak bergerak, proses pembakaran lemak di dalam tubuh bisa berjalan lebih baik.  (Baca juga mengenai cara mengobati katarak pada burung)

Sponsors Link

5. Ganti Menu Pakannya

Batasi pemberian voer atau biji bijian untuk burung kenari peliharaan pepakan biji. Untuk burung kenari peliharaan pepakan voer namun juga rajin diberi ekstra fooding kroto atau jangkrik, maka batasi saja voernya sampai sesendok teh sehari dan kurangi atau stop pemberian jangkrik dan hanya diberikan satu ekor sebanyak sekali dalam tiga hari. Lakukan selama dua pekan.

6. Berikan Buah dan Sayuran

Untuk burung kenari peliharaan pepakan biji, kenari contohnya, berikan bijian hanya sekitar setengah sendok teh dan sebagai ganti, perbanyak pemberian buah mentimun atau sayuran. Untuk mentimun, belah saja secara memanjang satu buah mentimun dan berikan separuh bagian sebagai ekstra fooding. Lakukan selama sepekan sampai dua pekan.

ads

7. Sering Dimandikan

Lakukan cara penghilangan lemak pada burung kenari dengan sering dimandikan. Burung kenari peliharaan yang sering dimandikan akan banyak mengeluarkan energi.

8. Sering Dijemur

Perlu diperhatikan bahwa hubungan penjemuran dan pengurusan adalah tidak langsung. Dalam arti bahwa penpenjemuranan bukanlah cara “melumerkan” lemak. Lemak tidak akan cair seberapa lama pun burung kenari peliharaan penjemuran. Hanya saja, dengan banyak penjemuran, burung kenari peliharaan hanya akan banyak minum, dan kurang dalam “ngemil” voer atau biji sehingga bisa lebih kurus.

9. Minum Suplemen Diet Khusus Burung

Cara penghilangan lemak yang telah dilakukan bisa dibarengi dengan pemberian Suplemen diet khusus burung. Suplemen diet khusus burung adalah larutan oral yang mengandung Carnitine HCL, Sorbitol, Magnesium Sulfat dan Extract Vegetable untuk bermanfaat memecah lemak pada burung kenari peliharaan yang banyak lemak.

10. Olahraga di Umbaran

Olahraga diumbaran akan memaksa burung kenari peliharaan lebih banyak bergerak dan tentunya menjadi memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Jauh berbeda dengan burung kenari peliharaan yang jarang atau bahkan tak pernah olahraga di umbaran yang memiliki tubuh gemuk, cenderung membulat tak enak dilihat.

11. Terapi Sauna

Terapi ini bisa dibilang terapi tingkat tinggi. Dimana burung kenari peliharaan dipaksa berkeringat dengan cara dijemur di bawah terik matahari dalam keadaan dikerodong. Terapi ini tidak dianjurkan untuk burung kenari peliharaan yang kondisinya kurng fit, sebab berhubungan dengan kekuatan atau kekebalan tubuhnya. Selama menjalankan terapi sauna, sebaiknya burung kenari peliharaan tetap sambil dipantau. Kalau burung kenari peliharaan sudah terlihat lemas atau pucat, sebaiknya terapi segera dihentikan dan lakukan keesokan harinya.

12. Bawa ke Dokter Hewan

Dalam kasus lebih tinggi, contohnya terdapat benjolan lemak besar di perut atau pangkal ekor, cara terbaik adalah membawa ke dokter hewan untuk dilakukan pembedahan mengeluarkan lemak dari dalam tubuh. Tentunya ini untuk kondiis burung kenari yang gemuknya sudah benar benar parah ya sobat.

Nah sobat, sebagai informasi tambahan, banyak lemak pada burung kenari peliharaan harus disembuhkan, sebab kalau terus banyak lemak dapat menimbulkan bahaya, yakni sebagai berikut :

  • Munculnya benjolan mirip tumor jinak, namun sebenarnya hanya lapisan lemak yang terus membesar yang disebut lipoma.
  • Terjadi kegagalan fungsi hati karena terhambat oleh jaringan lemak. Dalam jangka panjang, hal ini bisa memicu pertumbuhan paruh dan kuku yang terus memanjang, nafsu pakan makin berkurang, dan luka/ infeksi yang tidak mudah disembuhkan.
Sponsors Link

  • Gangguan pernafasan bisa terjadi saat timbunan lemak mengganggu organ pernafasan atau kantung udara di dalam tubuhnya.
  • Burung kenari peliharaan tidak bisa berkembang biak secara baik, akibat terjadinya gangguan reproduksi.
  • Berakhir dengan kematian kalau tidak ditangani segera.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa jaga kesehatan diri sendiri dan burung kenari yang sobat pelihara, memiliki tubuh sehat proporsional tentu lebih baik dan lebih indah dipandang, oke sobat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 16th, September 2018 / 01:16 Oleh :
Kategori : Burung