Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Selaput Pada Mata Kucing

Sponsors Link

Selaput putih yang ada pada kucing merupakan membran niktitan atau bisa disebut juga dengan tertia palpebra. Bahkan nama lainnya adalah membran pengerjap atau kelopak mata ketiga. Sedangkan munculnya selaput putih ini pada mata kucing bisa menjadi salah satu petunjuk bahwa adanya masalah pada kucing tersebut. Masalah itu mungkin saja bisa karena penyakit mata atau penyakit-penyakit pada kucing secara umum.

ads

Hal lain bisa juga di picu oleh faktor stress pada kucing yang disebabkan adanya perubahan cuaca, makanan, kondisi tidak nyaman, ada hewan lain atau faktor yang lainnya. Sebagai informasi bahwa selaput putih pada kucing ini cukuplah lebar dan bisa menutupi seluruh matanya. Fungsi dari selaput putih secara normal yakni untuk melindungi kornea dari gangguan yang bisa mengakibatkan trauma atau luka pada kornea kucing.

Anatomi dari membran niktitan terjadi sangatlah kompleks dengan lipatan jaringan yang ditutupi oleh selaput lendir khusus atau konjungtiva. Keadaan ini yang menghadap permukaan bagian dalam kelopak mata atau permukaan palpebral di satu sisi dan juga kornea di sisi lain atau permukaan bulbar. Pada permukaan bulbar telah terdapat folikel limfoid yang fungsinya sebagai kelenjar getah bening mata guna mengusir kotoran yang telah masuk dalam mata. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belek Pada Kucing Peaknose)

Salah satu misalnya yakni ketika kucing tengah waspada, sebagian besar selaput putih pada matanya otomatis akan tersembunyi di dalam rongga mata dan hanya sebagian kecil saja yang terlihat di sudut bagian dalam mata. Akan tetapi jika kucing sedang terlihat santai, saat tidur atau bahkan pada saat berkedip, menyebabkan adanya retraksi bola mata oleh satu set otot rangka yang nantinya akan membuat selaput putih bergerak melintasi permukaan matanya.

Pergerakan ini dimulai dari sudut, tepatnya adalah bergerak dari bagian bawah mata menuju ke sudut bagian atas. Gerakan dari selaput putih/ membran niktitan juga sebagian besar diatur oleh sistem saraf simpatik dan juga oleh sel otot polos dalam membran niktitan. Sedangkan untuk pengobatan munculnya selaput putih seperti ini yang pastinya menutupi mata kucing kesayangan anda, harus dicari penyebabnya terlebih dahulu. Secara umum pengobatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membasuh dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan kapan saja adalah menggunakan air hangat. Trik yang satu ini memudahkan anda mencari solusi yang alami, yakni membasuh matanya dengan menggunakan air hangat. (Baca Juga: Makanan Untuk Kucing Hamil)

Caranya yakni sebagai berikut:

  • Ambilah waslap atau kain lembut bersih, bisa juga dengan menggunakan tisu
  • Sediakan air hangat di dalam baskom
  • Celupkan waslap dan peras sedikit saja
  • Usapkan pada mata kucing yang mengalami gangguan selaput
  1. Pemberian Obat Tetes Mata

Berikan obat untuk meringankan kondisi mata kucing akibat selaput. Karena pemberian obat ini merupakan salah satu cara menghilangkan Selaput pada Mata Kucing yang paling mudah dan umum di kalangan para pemilik Kucing. Obat yang di sarankan adalah obat tetes, bisa anda beli di Pet Shop dan konsultasikan terlebih dahulu keluhan anda terkait kucing kesayangan.

  1. Berikan Insto

Masih banyak jenis obat tetes yang bisa anda berikan pada kucing yang matanya mengalami gangguan selaput putih. Adapun obat yang di maksud seperti insto. Memang pada dasarnya anda mengerti jenis obat tersebut banyak di gunakan oleh seseorang. Akan tetapi tidak ada salahnya di berikan pada kucing, asalkan dengan dosis yang masih wajar dan untuk menghindari keraguan anda bisa menanyakan pada dokter. (Baca Juga: Cara Mencegah Virus Tokso Pada Kucing)

  1. Bersihkan dengan Air

Sebenarnya tidak harus air hangat, bahkan air biasa pun bisa anda gunakan untuk membersihkan mata kucing. Caranya tidak jauh-jauh seperti yang diulas pada langkah pertama tadi, yakni mengusapnya dengan lembut menggunakan waslap.

Sponsors Link

  1. Pemberian Antibiotik

Berikan antibiotik pada kucing anda ketika mendapati matanya seperti ini. Antibiotik akan membunuh semua bakteri yang kemungkinan masuk dalam mata. Minimal obat ini mampu meringankan kondisi sang kucing sehingga pengelihatannya sedikit lebih baik ketimbang sebelumnya.

  1. Ramuan Daun Binahong

Daun binahong berkhasiat cukup banyak, salah satunya meringankan kondisi pada kucing. Cobalah untuk memberikan ramuan ini pada kucing anda. (Baca Juga: Obat Untuk Burung Murai Lumpuh)

Caranya sebagai berikut:

  • Ambilah 5 helai daun binahong
  • Rebuslah dengan air sebanyak setengah gelas
  • Tunggu sampai mendidih
  • Biarkan dingin untuk di berikan pada kucing

Apabila kucing anda masih tidak mau meminumnya, campurkan saja ke dalam susu kucing.

  1. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi terhadap kucing, ini adalah salah satu cara menghilangkan Selaput pada Mata Kucing yang mudah dan praktis untuk dilakukan. Vaksin di berikan dengan cara di suntikkan, memberikan kekebalan pada kucing dan membunuh semua bakteri dan virus yang masuk. (Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Belekan)

  1. Periksakan ke Dokter

Bawalah kucing anda ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan memberikan solusi yang terbaik untuk kucing anda. Selain itu dokter lebih tahu kondisi kucing anda, khususnya adalah dokter hewan.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan selaput putih yang mengganggu mata kucing. Sayangilah kucing anda, berikan perawatan terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 01st, November 2018 / 16:57 Oleh :
Kategori : Kucing