Sponsors Link

12 Cara Mengobati Ambeien pada Ikan Louhan

Sponsors Link

Sobat tentu mengetahui bahwa ikan hias louhan kesayangan sobat tidak bisa mengatakan dengan kata kata bahwa dia sedang merasakan sakit.

ads

Oleh karena itu, kebanyakan ikan hias ini hanya meninggalkan ciri tertentu apabila dia merasakan gangguan kesehatan atau rasa tidak nyaman.

Terdapat beragam gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh ikan hias louhan, termasuk ambeien. Hmmm, mungkin sobat sedikit menyerngitkan dahi begitu mengetahui bahwa ikan hias louhan dapat mengalami hal ini namun sebenarnya gangguan ini bukanlah hal yang langka lho sobat.

Penyakit ini tentu saja mengganggu si ikan hias louhan yang dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kematian, seram ya sobat? Untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai penyebab dan cara mengobatinya, yuk sobat simak selengkapnya dalam artikel kali ini, 12 Cara Mengobati Ambeien pada Ikan Louhan.

1. Obati dengan Pakan Probiotik

Pakan probiotik baik untuk kesehatan ikan louhan yang sedang sakit ambeien dimana pakan akan memberikan metabolisme yang sehat pada sistem pencernaannya, ketika pencernaan telah sehat maka ikan louhan akan memiliki bentuk kotoran yang normal dan perut yang nyaman sehingga ambeien sembuh dengan sendirinya, sobat bisa menggunakan pakan probiotik dicampur dengan pakan biasanya dengan perbandingan 2 ml probiotik per 1 kg pakan. (Baca juga mengenai cara agar ikan louhan tidak penakut)

2. Cara Pemberian Obat Probiotik

  • Siapkan air bersih kurang lebih 1 Liter, campur dengan 2 ml probiotik, kemudian masukkan pakan 1 kg.
  • Campuran pakan yang sudah dimasukkan ke dalam cairan Probiotik dibiarkan selama 1 (satu) malam untuk proses fermentasi.
  • Jika sudah siap, esok hari pakan yang sudah terfermentasi siap ditebarkan pada ikan hias louhan peliharaan sobat.  (Baca juga mengenai cara agar ikan louhan cepat jenong)

3. Buat Obat Probiotik dari Bahan Alami

Untuk membuat obat alami, sobat persiapan terlebih dahulu bahan berikut :

  • Tetes tebu / air gula 1 – 2 liter yang sudah direbus dan didinginkan.
  • EM 4 per sel multi 100 – 200 cc bisa juga menggunakan ragi 2 butir ditambah 1 botol yakult.
  • Azzolla micropil diblender jika ada ini juga bisa diganti dengan kulit pisang.
  • Dedak 1 – 2 kg dalam keadaan sudah dikukus atau direbus dan sudah didinginkan.
  • Nanas 1 buah diambil airnya dengan cara diblender.  (Baca juga mengenai jenis ikan hias air tawar mudah dipelihara)
  • Teumulawak yang sudah direbus dengan tetes tebu / air gula dan sudah didinginkan.
  • Air bersih 20 liter.

4. Cara Pembuatan Obat

Seting wadah fermentasi yang digunakan  dengan siapkan wadah / tong kemudian kasih lubang sebesar selang aeratot pada bagian atas wadah / tong, kalau bisa dibuat sesempit mungkin. Kemudian siapkan botol aqua dan di lubangi pada yang sebesar selang aerator.

Fungsi selang aerator sebagai penyetabil suhu adonan yang ada di dalam tong dengan di luar dengan lewat botol aqua yang diisi air dengan mencegah agar udara tidak masuk ke dalam.  (Baca juga mengenai agar ikan koi mau makan)

5. Cara Pengolahan Obat

Setelah penyetingan wadah siap, bahan bahan yang disebutkan tadi dicampur ke dalam ember atau wadah lainnya dan kemudian pindah ke wadah yang sudah dipersiapkan tadi kira kira ukuran wadah minimal 30 liter dan tutup rapat

Sponsors Link

rapat wadah atau tong tersebut, jangan lupa pasang selangnya. Setelah itu tunggu hingga selalu di cek bila wadah menggelembung segera buka pelan pelan kemudian tutup kembali.  (Baca juga mengenai agar ikan mas koki tidak cepat mati)

6. Tambahkan Protein pada Pakan Ikan

Tambah makanan yang mengandung protein 45 – 60 % dan lemak 5 – 7 % untuk kesembuhannya. Udang baik untuk ikan Louhan karena memiliki astaxanthin yang bagus untuk daya tahan tubuhnya melawan penyakit. Pemberian udang adalah dengan memisahkannya terlebih dahulu dengan kulitnya. Protein yang tinggi pada udang dapat memacu kesembuhan ambeien.

ads

7. Berikan Pakan yang Bergizi

Selama perawatan, pastikan sobat memberikan pakan yang bergizi pada ikan hias louhan peliharaan sobat, yakni :

  • Artemia
  • Kutu air
  • Jentik nyamuk
  • Cacing-cacingan (cacing darah, acing sutera, cacing beku)
  • Jangkrik
  • Udang
  • Ikan cakalang
  • EPA Salmon
  • Kelabang

8. Beri Aquarium yang Nyaman Agar Ikan yang Sakit tidak Terbatas Geraknya

Volume aquarium tergantung ukuran, ikan hias louhan peliharaan kecil 5 – 7,5 cm bisa menggunakan aquarium 20×30 cm².. Ikan besar, 10-15 cm memerlukan aquarium lebih besar, 40×60 cm².  ikan hias louhan peliharaan berukuran di atas 25 cm gunakan aquarium 60×120 cm². Agar ikan hias louhan peliharaan berukuran 40 cm dapat bergerak bebas, aquarium yang dapat digunakan yakni ukuran 80×166 – 180 cm².

9. Perbaiki Suhu Air

ikan hias louhan peliharaan hidup baik pada suhu cukup hangat, 28-30 derajat Celcius. Air dingin dapat menyebabkan nafsu makan ikan kurang dan pertumbuhannya lambat yang bisa memperlama kesembuhan ambeiennya.

10. Berikan Makanan Sehat untuk Mengurangi Rasa Sakit akibat Ambeien

Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik untuk ikan hias louhan peliharaan sobat yang sakit ambeien. Untuk pemberian pelet dibiasakan sejak kecil.

11. Bersihkan Kotoran

Bersihkan kotoran ikan hias louhan peliharaan yang ada di dalam aquarium selama 2-3 hari sekali untuk menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, dapat memelihara ikan sapu sapu, dengan ikan satu ini, ikan hias louhan peliharaan “segan” sehingga tidak menjahilinya.

12. Perawatan dan Pencegahan Lanjutan

Ketika ikan louhan yang sobat pelihara telah sembuh dari ambeien, tentu harus dijaga agar tidak terkena penyakit itu lagi ya sobat, lakukan dengan cara berikut :

  • Samakan ukuran aquarium dengan Ikan hias louhan peliharaan milik sobat, idealnya ukuran aquarium harus lebih besar ¾ dari ukuran Ikan hias louhan peliharaan.
  • Pastikan memakai sirkulasi air yang sesuai dengan ukuran aquarium.
  • Selalu memakai heater pada aquarium yang berisi Ikan hias louhan peliharaan.
Sponsors Link

  • Usahakan untuk mengganti air aquarium minimal 1-2 minggu sekali sebanyak 1/4 dari seluruh air aquarium.
  • Usahakan untuk sering berinteraksi dengan Ikan hias louhan peliharaan peliharaan sobat, dengan cara   mengajak bermain main dengan tangan atau cermin yang ditempelkan ke aquarium.
  • Jangan sesekali memberikan makanan Ikan hias louhan peliharaan yang sudah kadaluarsa, ini untuk  menghindari dari  keracunan yang bisa mengakibatkan Ikan hias louhan peliharaan sakit bahkan matI.
  • Berikan makan yang cukup, cacing, pelet, udang, cacing beku, jangkrik, yang teratur.
  • Jangan memberikan cahaya lampu yang terlalu berlebihan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 13:48 Oleh :
Kategori : Ikan