Sponsors Link

15 Cara Mengobati Flu Pada Burung Dara yang Paling Ampuh

Sponsors Link

Saat masuk musim hujan, makan cara memelihara burung dara juga harus semakin diperhatikan karena ada banyak jenis penyakit yang paling sering dialami burung dara salah satunya adalah flu. Penyakit ini bisa menyerang burung dara jantan maupun betina yang disebabkan karena virus.

ads

Jika sudah dalam tahap kronis, maka penyakit ini semakin sudah disembuhkan dan semakin lama akan membuat kesehatan burung semakin menurun kemudian mati serta bisa menular dari satu burung ke burung lainnya.

Penularan penyakit ini bisa terjadi dengan kontak langsung antara burung yang terinfeksi dengan burung yang sehat seperti anak burung dara yang tertular dari induknya pada saat meloloh. Selain itu, penularan flu juga bisa terjadi lewat pakan dan minuman yang sudah tercemar dan juga lingkungan kandang yang tidak terjaga kebersihannya.

Jika sudah terlanjur terserang penyakit, maka ada beberapa cara mengobati flu pada burung dara yang bisa anda lakukan baik dengan cara alami atau memakai beberapa bahan alami seperti yang kami berikan dalam kesempatan kali ini.

  1. Sulfamix

Sulfamix adalah jenis obat antibiotik dari Medion Bandung yang banyak dijual pada toko unggas atau poultry. Dalam obat Sulfamix ini mengandung 750 mg sulfadimethyl pyrimididine dan juga 6 gm metyl parasept dalam setiap 1 sendok teh takaran. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi flu pada burung dara, namun obat ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit berak darah atau coccidiosis, pilek atau coryza, berak kapur atau pullorum, berak hijau atau acute kolera dan juga batuk ngorok atau CRD yang bisa digunakan sebagai cara merawat burung dara di musim hujan. Untuk aturan dan dosis bisa dilihat pada kemasan.

  1. Tetra-Chlor

Tetra-Chlor juga merupakan obat antibiotik dalam bentuk kapsul warna merah yang memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B1, B2, B12, potassium chloride, tetracyclin He, sodium sulfate dan juga erythromyein. Obat antibiotik yang juga mengandung vitamin dan mineral ini bisa digunakan untuk menyembuhkan flu pada burung dara, berak hijau, batuk ngorok, snot,pilek, muka bengkak dan berak kapur.

  1. Baytrill

Baytrill merupakan obat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit infeksi seperti flu yang disebabkan bakteri gram positif, mycoplasma dan juga gram negative. Obat berbentuk cair ini mengandung 5 mg enrofloxacin yang bisa digunakan untuk menyembuhkan flu pada burung dara dan juga menyembuhkan penyakit pada burung nuri.

  1. Mycocoli

Mycocoli adalah obat dengan bentuk larutan anti bakteri spektrum yang bisa digunakan hampir pada semua infeksi karena bakteri gram negatif, bakteri gram positif dan juga mycopasma sp. Obat ini bisa digunakan untuk menyembuhkan flu, nafas berbunyi atau ngorok, diare, berak kapur, hidung berlendir, kepala bengkak, berak hijau dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Terafit

Terafit juga menjadi obat untuk mengatasi burung dara yang sakit flu serta bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit lain yang disebabkan karena bakteri seperti ngorok, infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernapasan, cara mengobati snot pada lovebird, infeksi telinga dan penyakit lainnya. Obat Terafit ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab penyakit pada burung dara dan secara bertahap, kondisi tubuh burung dara akan semakin baik.

Sponsors Link

  1. Nafas 2

Nafas 2 merupakan obat yang memang dibuat oleh dokter hewan khusus burung berpengalaman untuk semua jenis burung dan berbagai penyakit pernafasan lain yang dialami burung dara. Tidak hanya untuk burung dara, obat ini juga bisa digunakan untuk burung kicau yangs edang sakit flu seperti burung kacer, kenari, tledekan dan lainnya.

  1. Daun Sirih

Daun sirih juga dapat digunakan untuk cara mengobati burung dara flu, serak dan berbagai penyakit umum lainnya. Untuk menggunakan sirih ini, silahkan buat air rebusan sirih dengan cara  meremas remas 3 lembar daun sirih lalu rebus dengan 1 liter air dan biarkan hingga air berubah warna menjadi kecoklatan. Dinginkan air rebusan tersebut dan gunakan untuk air minum dan memandikan burung dara.

  1. Larutan Penyegar

Untuk mengobati burung dara yang sedang flu memakai larutan penyegar, pilih yang tanpa rasa dan berikan untuk minum burung. Selain untuk mengatasi flu, larutan penyegar biasanya juga digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan masalah radang tenggorokan lain pada burung. Sesudah flu sembuh, maka hentikan pemberian larutan penyegar tersebut.

ads

  1. Gurah

Gurah umumnya dilakukan untuk membersihkan lendir dan juga kotoran pada tenggorokan serta mata yang biasanya umum terjadi saat burung terkena flu dan cara mengobati burung hilang suara. Untuk melakukan gurah ini bisa dilakukan dengan menggunakan 6 helai daun lenteng putih yang biasanya mudah di temukan di halaman rumah. Remas remas daun tersebut hingga keluar air dan teteskan pada burung. Sesudah itu, burung akan terlihat seperti sesak nafas dan membuka paruh yang biasanya akan berlangsung sekitar 10 menit. Pegang burung dengan posisi kepala di bawah supaya lendir bisa keluar dan hindari menjemur burung selama satu hari.

  1. Smart Bionic

Smart bionic merupakan obat untuk mengobati segala macam penyakit pada burung dara dan juga beberapa burung kicau seperti cucak jenggot, cendet, anis kembang, murai batu, kacer dan burung lainnya. Obat ini sudah terbukti ampuh bisa menyembuhkan berbagai penyakit pada sistem pernafasan, sistem pencernaan, gangguan pada saraf dan penyakit lain yang ditimbulkan bakteri gram negatif dan gram positif. Obat ini aman untuk diberikan pada burung tanpa menimbulkan efek samping. Obat yang sudah dicampur dengan air minum ini tidak boleh terkena sinar matahari langsung sebab antibiotik, mineral dan vitamin dalam obat tidak akan bekerja dengan maksimal.

  1. Bawang Putih

Tidak hanya untuk burung dara, namun bawang putih juga bisa diberikan pada jenis burung lain untuk menyembuhkan flu dan beberapa penyakit lain seperti penyakit yang disebabkan karena bakteri, penyakit virus, cara merawat burung agar rajin berkicau, penyakit dari parasit, virus, menghangatkan tubuh, menyembuhkan luka dan untuk menumbuhkan bulu di ekor. Haluskan beberapa siung bawang putih dan campur dengan 1 gelas air hangat. Diamkan sebentar lalu saring dan berikan sebagai air minum burung.

  1. Hangatkan Tubuh Burung

Burung dara yang sedang sakit juga harus di isolasi dengan burung lain yang sehat. Masukkan dalam sangkar khusus dan alasi dengan koran. Sediakan minum dan tambahkan lampu pijar 60 watt dan gunakan kain atau kertas untuk membungkus lampu supaya tidak terlalu panas. Sebaiknya, atur suhu supaya tidak melebihi dari 37 derajat celcius.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau juga bisa diberikan untuk menyembuhkan sakit flu pada burung dara dan penyakit pada burung dara lainnya. Rendam kacang hijau dalam air hangat selama 30 menit sebanyak 5 hingga 7 butir hingga lunak dan tiriskan. Campur kacang hijau yang sudah lunak dengan air dan 1 sendok terafit lalu diamkan kembali selama 5 menit dan berikan pada burung yang sakit.

  1. Berikan Vitamin

Vitamin sangat penting untuk diberikan pada burung dara yang sedang flu untuk meningkatkan kesehatan tubuh burung. Pemberian ini bisa dilakukan setiap hari sebab vitamin yang tidak digunakan akan segera dikeluarkan dari tubuh burung lewat kotoran.

Sponsors Link

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin juga berguna untuk meningkatkan vitalitas dan juga produktivitas burung dara. Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan untuk burung dara khususnya saat sedang sakit adalah vitamin A, vitamin B Kompleks, vitamin C, vitamin D dan juga vitamin E. Salah satu vitamin yang sudah mencukupi segala jenis vitamin ini diantaranya adalah BirdVit.

  1. Tambahkan Mineral

Selain vitamin, mineral juga sangat dibutuhkan burung dara supaya bisa menyembuhkan flu lebih cepat dan juga cara mengatasi burung ganti bulu. Beberapa jenis mineral yang baik diberikan pada burung dara diantaranya adalah magnesium, potasium, zinc, mangan dan beberapa mineral lain yang bisa didapatkan dalam suplemen khusus burung. Mineral ini tidak hanya dibutuhkan tubuh burung untuk menyembuhkan sakit flu, namun juga berguna untuk menjaga fungsi saraf, menjaga kesehatan tulang, darah dan juga seluruh fungsi dalam tubuh burung.

Demikian ulasan dari kami tentang cara mengobati flu pada burung dara yang bisa dilakukan dengan memberikan suplemen dan beberapa bahan alami. Selain itu, selama burung dara sedang sakit dan akan diberikan obat, sebaiknya dijemur lebih dulu sekitar 1 jam dan jangan diberi air minum saat sedang dijemur. Sesudah dijemur, maka burung bisa dipindahkan ke tempat sejuk dan berikan salah satu dari beberapa obat flu diatas dengan cara dicampur pada minuman. Sesudah burung sembuh, maka pemberian obat bisa dihentikan namun untuk suplemen dan vitamin bisa terus diberikan untuk menjaga kesehatan tubuh burung dara.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 26th, March 2018 / 07:35 Oleh :
Kategori : Burung