Sponsors Link

11 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Anjing

Sponsors Link

Apabila Sobat menyadari anjing peliharaan Sobat menggaruk telinganya, menggoyang goyangkan kepala, atau keluar kotoran berbau dari telinganya, barangkali anjing peliharaan Sobat mempunyai infeksi telinga.

ads

Infeksi telinga  normal terjadi pada bagian dalam atau luar telinga anjing peliharaan. Infeksi telinga biasanya dimulai dengan peradangan di area terluar telinga yang dikarenakan oleh bakteri atau jamur. Akan tetapi, infeksi juga dapat dikarenakan oleh alergi makanan, parasit, benda asing, trauma, kelebihan kelembapan pada telinga, dan sebab keturunan.

Apabila anjing peliharaan Sobat terlihat mempunyai infeksi telinga, bawalah ke dokter hewan untuk diobati. Kemudian pelajarilah cara untuk emngobati infeksi telinga secara lanjutan dengan benar yakni sebagai berikut, 11 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Anjing.

1. Pahami gejala infeksi telinga

Perhatikan perubahan kebiasaan pada anjing peliharaan Sobat yang tidak biasa. Adapun gejala gejala yang bersifat fisik dapat berupa (Baca juga mengenai menghilangkan trauma pada anjing)

  • Menggaruk telinga
  • Muncul kotoran berwarna kuning, cokelat, atau berdarah
  • Telinga berbau
  • Telinga kemerah merahan
  • Bengkak  (Baca juga mengenai menghilangkan gatal pada anjing)
  • Kulit keras atau terdapat keropeng sekitar daun telinga
  • Kebotakan bulu di sekitar telinga
  • Menggosok gosokkan area telinga pada lantai atau perabotan rumah
  • Menggoyang goyangkan atau memiringkan kepala
  • Kehilangan keseimbangan  (Baca juga mengenai mengatasi anak anjing sembelit)
  • Pergerakan mata yang tidak biasa
  • Berjalan berputar putar
  • Kehilangan pendengaran  (Baca juga mengenai agar anjing tidak galak)

2. Pahami kapan saatnya Sobat harus membawa anjing peliharaan Sobat ke dokter hewan

Apabila anjing peliharaan Sobat mempunyai gejala seperti infeksi telinga, bawalah anjing peliharaan Sobat ke dokter hewan sesegera barangkali. Beberapa anjing peliharaan dapat menjadi lebih galak atau akan memberi Sobat isyarat bahwa mereka kesakitan. Adapun, sebagian anjing peliharaan lainnya tidak menunjukkan rasa sakitnya.

  • Bagaimanapun juga, penanganan yang cepat penting dilakukan karena infeksi telinga yang dibiarkan akan merusak telinga mulai dari penampilannya hingga fungsi keseluruhan dari telinga anjing peliharaan sobat tersebut.  (Baca juga mengenai agar anjing tidak berkelahi)

3. Obati infeksi telinganya

Infeksi telinga seringnya dikarenakan oleh jamur, bakteri, atau keduanya dalam satu waktu. Dokter hewan barangkali akan meminta Sobat untuk memberikan obat untuk mengatasi infeksi yang dikarenakan oleh bakteri. Untuk infeksi telinga, Sobat barangkali akan diminta untuk menggunakan pencuci telinga anti jamur, obat obatan suntikan, dan obat anti jamur oral.

Sponsors Link

4. Hindari melepaskan benda apa pun yang tersangkut pada telinga anjing peliharaan Sobat

Apabila Sobat mengetahui atau mencurigai benda asing tersangkut pada telinga anjing peliharaan Sobat, infeksi telinga barangkali saja telah terjadi. Infeksi telinga tidak akan sembuh hingga benda tersebut dihilangkan. Jangan pernah mencabut atau menghilangkannya sendiri.  Mintalah bantuan dokter hewan untuk melakukannya.

  • Karena kanal telinga anjing peliharaan berbentuk huruf L, benda asing tersebut barangkali tidak terlihat. Peralatan dan zat kimia khusus biasanya diperlukan untuk menghilangkan benda asing tersebut. Oleh karena itu, Sobat perlu dokter hewan untuk menanganinya.
ads

5. Batasi aktivitas anjing peliharaan Sobat

Saat anjing peliharaan Sobat terkena infeksi telinga, pastikan telinganya tidak lembap berlebihan. Jangan biarkan anjing peliharaan Sobat bermain di air, berenang, mandi, atau didsobatni hingga infeksinya sembuh. Kelembapan yang berlebihan akan memperburuk infeksi telinga dan membuatnya lama disembuhkan.

6. Cegah infeksi lanjutan

Sekali telinga anjing peliharaan Sobat terinfeksi, barangkali besar ia akan terus terkena infeksi seumur hidupnya. Kabar baiknya adalah Sobat dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mencegah infeksi terjadi lagi

  • Hindari berenang atau mandi yang terlalu sering
  • Sumbat telinga anjing peliharaan Sobat menggunakan kapas sebelum dimandikan
  • Taburi telinga anjing peliharaan Sobat dengan produk yang mengandung asam salisilat (yang dapat membantu mengeringkan saluran telinga yang basah)
  • Periksa dan obati alergi yang barangkali anjing peliharaan Sobat miliki
  • Bersihkan telinga anjing peliharaan Sobat secara rutin

7. Ketahui waktu yang tepat untuk membersihkan telinga anjing peliharaan Sobat

Ikuti petunjuk dokter hewan terkait seberapa sering dalam sehari atau seminggu Sobat harus membersihkan telinga anjing peliharaan Sobat. Apabila anjing peliharaan Sobat mempunyai infeksi telinga, minta tolonglah kepada dokter hewan

untuk memastikan gendang telinganya tidak rusak atau pecah. Membersihkan telinga anjing peliharaan yang gendang telinganya rusak hanya dapat memperparah keadaan. Membersihkan telinga anjing peliharaan terlalu sering juga dapat berdampak buruk pada kesehatan telinganya.

8. Aplikasikan cairan pembersih

Tuangkan pembersih secukupnya pada saluran telinga anjing peliharaan Sobat mengikuti petunjuk pada botolnya. Pijat dasar telinga anjing peliharaan selama 20 hingga 30 detik agar cairan merata dan merontokkan debris atau serpihan kotoran.

9. Sumbat dan pijat telinga

Gunakan bola kapas untuk menyumbat telinga anjing peliharaan. Ulangi teknik pemijatan bagian bawah bukaan telinga. Ini akan mendorong cairan pembersih agar terserap oleh bola kapas. Debris juga akan menempel pada bagian bawah bola kapas. Pastikan bola kapas ditekan ke saluran telinga vertikal hingga menyumbat bukaan telinga namun jangan sampai terlepas.

10. Lepaskan bola kapas dari telinga dan amati

Lepaskan bola kapas dan periksa apakah terdapat kotoran telinga pada bagian bawahnya. Gunakan bola kapas untuk membersihkan kotoran yang tampak pada bagian luar telinga. Dengan lembut, bersihkan bagian dalam telinga dan sekitarnya dengan handuk kering dan lembut agar kotoran terangkat dan melembapkan telinga.

11. Tindaklanjuti dengan dokter hewan Sobat

Terus periksakan infeksi pada dokter hewan hingga sembuh total. Beberapa infeksi telinga yang tidak terlalu parah dapat diobati dalam waktu 1 sd 2 minggu dengan obat obatan khusus atau pembersihan. Beberapa infeksi yang lebih parah

Sponsors Link

dan memerlukan waktu, pemeriksaan, perawatan, atau cara yang lebih untuk mengobatinya. Ikuti petunjuk dokter hewan Sobat terkait waktu pemeriksaan ulang. Dokter hewan dapat menentukan apakah infeksi telah sembuh atau diperlukan penanganan lain.

Nah sobat, dengan memberikan obat yang tepat sesuai dengan petunjuk dan resep dokter hewan tentu infeksi telinga yang diderita anjing peliharaan sobat dapat sembuh, jangan memberikan obat sembarangan atau obat manusia kepada anjing peliharaan ya sobat, sebab dapat berbahaya atau memperparah kondisi infeksi telinga yang diderita.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat menjadi wawasan dan panduan yang terbaik jika sobat mengalami masalah yang sama pada anjing peliharaan sobat. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 18th, October 2018 / 13:29 Oleh :
Kategori : Anjing