Sponsors Link

Cara Mengobati Katarak Pada Burung Kacer

Sponsors Link

Burung Kacer merupakan jenis burung hias dan burung kicauan yang banyak digemari oleh masyarakat untuk dipelihara. Burung yang pada awalnya memiliki habitat liar seperti hutan, perkebunan, dan lainya ini mulai banyak dibudidayakan untuk menghindari punahnya burung akibat perburuan liat yang terus masif dilakukan.

ads

Dalam memelihara burung kacer tersebut tentu akan muncul berbagai macam masalah yang disebabkan oleh kondisi kondisi tertentu yang salah satunya adalah katarak. Katarak merupakan salah satu penyakit mata pada burung yang harus segera diatasi dengan baik.

Berikut ini beberapa cara mengobati katarak pada burung kacer tersebut dalam penjelasan dibawah ini. (Baca juga : cara merawat kacer bakalan)

  1. Melakukan penanganan khusus

Burung kacer yang mengalami kondisi katarak tentu perlu mendapatkan perlakuan khusus agar kondisinya tidak semakin parah dan masih dapat diobati. Penanganan khusus tersebut diantaranya terkait dengan penempatan dari burung kacer. Selama masih mengalami katarak, pemilik burung sebaiknya tidak menggantang burun ditempat yang dekat dengan cahaya langsung atau pantulan cahaya yang menyilaukan termasuk di tempat tempat yang memiliki warna mencolok. (Baca juga : cara mengatasi kutu pada burung kacer)

  1. Menggunakan bunga kitolod

Pengobatan katarak pada burung kacer selanjutnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan bahan alami yang salah satunya adalah bunga dari tanaman kitolod. Bunga tanaman kitolod sudah sangat umum digunakan sebagai salah satu cara mengobati katarak pada burung kacer. Bunga dari tanaman kitolod tersebut dapat langsung ditempelkan pada mata ataupun dibuat perasannya dan ditetaskan pada bagian mata burung yang mengalami katarak secara rutin. (Baca juga : cara melatih mental kacer petarung)

  1. Menggunakan daun kitolod

Selain bunganya, daun tanaman kitolod juga dapat digunakan dalam upaya mengobati katarak pada burung kacer. Daun kitolod dapat diolah menjadi rebusan daun yang kemudian diminumkan ke burung ataupun dengan membuat perasan daun tanaman kitolod dan kemudian meneteakan perasan daun tersebut langsung pada mata.

  1. Embun daun kitolod

Selain bagian tanaman dari kitolod, embun yang menempel di atas daun kitolod juga ternyata dapat digunakan sebagai salah satu obat alami untuk membantu mengatasi mata burung kacer yang katarak tersebut. Dalam pengobatan ini maka pemilik harus secara rutin mencari tetesan embun yang menempel pada daun kitolod setiap pagi. (Baca juga : cara menjinakan kacer grabagan)

  1. Menggunakan propolis

Selain obat alami yang harus dibuat terlebih dahulu terutama dari tanaman kitolod, cara mengobati katarak pada burung kacer lainnya adalah dengan menggunakan propolis. Propolis merupakan zat yang dihasilkan oleh lebah madu dan saat ini sudah banyak tersedia dalam kemasan jadinya.

  1. Memberikan makanan bergizi

Pengobatan katarak pada burung kacer selanjutnya adalah dengan memberikan makanan bergizi secara rutin pada burung dan usahakan agar nafsu makannya tidak hilang. Pemberian makanan bergizi dimaksudkan untuk menjaga kondisi kesehatan dan sistem imun dari burung sehingga kondisi katarak akan tidak lebih memburuk lagi. (Baca juga : cara ternak burung kacer dalam sangkar)

Itulah beberapa cara mengobati katarak pada burung kacer yang cukup efektif secara alami sehingga tidak akan menimbulkan permasalah atau efek samping lain. Kondisi munculnya katarak pada burung perkutut perlu segera ditangani karena dapat memiliki resiko kebutaan pada burung tersebut yang tentunya menjadi sangat merugikan baik bagi kesehatan burung maupun bagi pemiliknya.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Monday 17th, September 2018 / 04:43 Oleh :
Kategori : Burung