Sponsors Link

13 Cara Mengobati Katarak Pada Burung Secara Alami

Sponsors Link

Penyakit katarak bisa menyerang siapa saja.

ads

Tidak hanya manusia namun penyakit ini bisa mnyerang hewan peliharaan seperti burung kicauan.

Untuk mengatasi masalah ini maka berikut kita akan membahas tentang 13 cara mengobati katarak pada burung secara alami yang bisa dilakukan oleh saiapa saja termasuk anda jika memiliki burung peliharaan yang kemungkinan terinfeksi dan mengalami masalah katarak ini.

Nah berikut 13 cara mengobati katarak pada burung secara alami tersebut :

1. Kenali Gejala

Selain menentukan beragam perawatan alami yang mungkin bisa mengatasi masalah dan keluhan dari katarak yang dialami oleh burung.

Maka sebagai peternak, seharusnya kita bisa terlebih dahulu mengenali gjala apa saja yang ditimbulkan oleh masalah katarak ini.

Karena nantinya inilah yang akan membuat para pemilik burung menjadi lebih waspada dan bisa menjaganya dengan baik.

Tanda yang terlihat seperti burung sering menabrak sesuatu, karena memang akan menganggu penglihatan sang burung tersebut nantinya.

Jika ini kerap dirasakan terjadi menimpa sang burung, maka sebaiknya periksa bagian matanya.

Jika terdapat bercak putih ini menandakan bahwasanya burung tersebut kemungkinan terkena katarak. (Baca juga tentang : cara mengobati katarak pada burung kacer)

2. Mengetahui Beberapa Opsi Perawatan

Dengan mengetahui apa-apa saja yang mungkin bisa menjadi opsi perawatan bagi burung yang terkena katarak ini akan memudahkan anda untuk mengatur pilihan pengobatan.

Nantinya ini akan menjadi hal penting, dimana ada banyak sekali pengobatan seperti yang berasal dari pengobatan medis maupun pengobatan secara alami.

Dengan mengetahui beberapa pilihan pengobatan ini, sebagai sang pemilik anda bisa menentukan mana yang akan dijalani.

Sponsors Link

3. Isolasi

Isolasikan atau pisahkan burung yang terkena masalah katrak dengan burung yang memiliki penglihatan dan mata yang sehat.

Ini berfungsi untuk membuat burung yang sakit tidak terluka atau terkena masalah dengan berkumpul dengan para burung lain yang masih sehat dan tidak terkena masalah apa-apa. (Baca juga : cara mengobatai katarak pada burung)

4. Menggunakan Obat tetes Madu Asli

Ini merupakan salah satu jenis obat yang kerap digunakan untuk penyembuhan dari katarak yang diderita oleh para burung kicauan.

Obat ini merupakan obat yang diambil dari madu yang mana madu tersebut dicampur dengan air liur lebah dan campuran dari madu yang didapat dari pucuk daun muda.

Ini merupakan obat yang sebenarnya digunakan oleh para lebah untuk mensterilkan sarang dan menambal kerusakan pada sarangnya.

Ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah serangan jamur, bakteri dan virus.

ads

5. Cara Memberikan Obat Tetes Madu Alami

Karena ini merupakan salah satu dari cara mengobati katarak pada burung alami maka sangat diperlukan pemberian yang diberikan dalam jumlah atau dosis yang sesuai.

Karena tidak hanya bagus untuk mengobati katarak pada burung, bahkan ini adalah salah satu jenis obat yang bagus untuk mengatasi banyak penyakit burung lainnya. (Baca juga mengenai : cara menghilangkan lemak pada burung kenari)

Hanya saja pemberian dari obat katarak ini harus dalam dosis yang sesuai.

Dimana cara memberikannya adalah dengan mencampur sekitar 5 hingga 7 tetesan air dengan i tetes obat madu asli.

Teteskan seperlunya kepada mata burung peliharaan anda yang terkena katarak. Jika bersisa maka simpan untuk hari berikutnya.

6. Daun Kitolod

Embun yang menempel pada bunga Kitolod tersebut diteteskan pada mata burung sebagai obat gangguan mata.

Sebenarnya, tujuan pemberian obat tetes kitolod adalah untuk membersihkan dan membuka lapisan (kotoran) yang menempel pada kornea mata.

Sedangkan untuk mengobati katarak pada burung peliharaan, caranya dengan mengambil beberapa tangkai bunga kitolod lalu diperas dan diambil airnya, air perasan ini dapat disimpan dalam wadah bekas obat tetes mata atau dapat juga disimpan dalam wadah lainnya.

7. Mengenali Cara Menggunakan Daun Kitolod

Walaupun kita mengetahui bahwasanya penggunaan dari daun kitolod ini sangta baik untuk mengatasi dan mengobati katarak, namun kita juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya.

Karena penggunaan yang benar akan menghasilkan pengobatan yang efektif.

Dan caranya adalah meneteskan ke daerah mata burung yang terkena masalah katarak ini.

8. Bunga Melati

Salah satu alternatif pengobatan lain untuk katarak yang diderita oleh burung adalah dengan menggunakan air kompres dari rendaman bunga melati.

Kemudian pijat dengan baik di daerah sekitar mata burung yang terkena masalah katarak tersebut. (Baca juga mengenai : cara menghilangkan kutu pada burung lovebird)

9. Daun Sirih

Penggunaan daun sirih tentu bukan hal yang asing lagi. Katena daun sirih memang terkenal akan banyak fungsi berguna yang bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Bahkan inijuga bisa menyembuhkan dan mengobati masalah katarak yang diderita oleh burung peliharaan.

10. Daun Sirih dan Daun Kitolod

Mengkombinasikan kedua jenis daun ini akan memberikan perawatan alternatif yang lebih baik agar bisa mengatasi masalah katarak yang diderita oleh para burung tersebut.

Haluskan kedua jenis daun tersebut hingga menjadi lunak dan kemudian teteskan air rebusan dari campuran kedua daun tersebut ke bagian mata yang terkena katarak.

11. Daun Pegagan

Ada banyak sekali cara efektif dan praktis yang bisa digunakan untuk mengobati burung yang mengalami masalah katarak.

Salah satunya adalah dengan menggunakan pengobatan yang memang disediakan khusus dengan mengkombinasikan ramuan dari daun pegangan dan beragam ramuan lainnya yang nantinya akan membuat pengobatan ini menjadi lebih efektif bagi masalah katarak di mata burung.

12. Menggunakan Cream

Ada banyak sekali jenis obat katarak atau bota mata yang dijual di pasaran dalam kemasan atau berbentuk cream.

Obat ini biasanya ditujukan untuk cacar atau pox, kelopak mata burung yang meradang, infeksi yang terjadi akibat jamur virus atau bakteri did aerah mata hingga masalah katarak.

Ini merupakan jenis obat yang digunakan untuk langsung dioleskan ke kelopak mata atau langsung ke mata burung yang sedang meradang atau terkena masalah katarak ini.

Namun, pastikan tangan anda dalam keadaan steril sebelum melakukan ini. (Baca juga tentang : cara mengatasi penyakit kulit pada kucing)

13. Pengobatan Dokter

Ini merupakan jenis alternatif pengobatan terakhir bagi burung peliharaan yang terkena katarak.

Karena dengan langsung menemui dokter hewan maka akan ada banyak jenis pengobatan yang efektif hingga melakukan operasi agar tingkat pengobatan menjadi sangat baik.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 03:43 Oleh :
Kategori : Burung