Sponsors Link

12 Cara Mengobati Kucing Belekan

Sponsors Link

Kucing ialah hewan yang aktif dan suka bermain dimana saja dimana ketika bermain di luar ruangan terkadang terkena debu yang jika tidak segera dibersihkan akan menumpuk dan menyebabkan sakit mata seperti belekan.

ads

Melihat kucing peliharaan kesayangan yang sobat peliharaan dalam kondisi sakit walaupun sakit yang ringan tentu menjadi sedih melihatnya sebab membuatnya

idak nyaman seperti sering menggaruk garuk mata dan kadang mata kucing menjadi sering berair. Sebelum membawa ke dokter hewan, sobat bisa melakukan Cara Mengobati Kucing Belekan di rumah terlebih dahulu untuk menyembuhkannya, berikut selengkapnya.

1. Pisahkan Kucing yang Sakit

Jika sobat memelihara kucing lebih dari 1 dan salah satunya sakit belekan, sobat harus memisahkan kucing yang sehat dengan yang sakit agar keduanya tidak saling tertular serta dapat mempercepat kesembuhan kucing yang sakit. (Baca juga mengenai jenis vaksin pada kucing)

Sobat bisa meletakkan mereka di area yang berbeda untuk sementara, terkadang ada beberapa sebab belekan yang bisa menular dengan mudah hanya dengan saling melihat saja sebab itu sobat harus mengantisipasi sejak awal. (Baca juga mengenai jenis sakit mata pada kucing)

2. Jaga Kebersihan

Cara terbaik untuk mencegah penyakit semakin parah tentu dengan menjaga kebersihan ya sobat, dimana di dalam area yang sehat kuman tidak akan mampu berkembang dengan leluasa, pastikan lingkungan tempat tinggal kucing peliharaan sobat serta tubuh dan mata kucing peliharaan sobat tersebut selalu bersih sehingga kucing peliharaan terus merasa nyaman dan mempercepat kesembuhannya. (Baca juga mengenai fungsi kumis pada kucing)

3. Jangan Biarkan Kucing Sering Keluar Rumah

Diluar rumah tentu banyak debu ya sobat, kucing yang sakit tentunya cegah agar tidak terlalu sering keluar rumah terlebih dahulu agar tidak terkena debu dan kotoran lainnya sehingga sakit mata belekan yang dideritanya tidak semakin parah karena kondisi kotoran yang bertebaran. (Baca juga mengenai vitamin bulu kucing agar bagus)

4. Membersihkan Mata Kucing peliharaan

Jika mata kucing peliharaan terlihat kotor dna berair, lakukan cara awal untuk mengobati kucing belekan, segeralah obat lakukan cara untuk membersihkan dan  memperhatikan kucing peliharaan. Supaya tidak melukai atau membuat mata kucing peliharaan infeksi, bersihkan dengan kapan halus.

Cara awal yang bisa dilakukan supaya mencegah kucing peliharaan sakit belekan tidak menjadi parah yakni dengan membersihkan mata kucing peliharaan agar bebas dari kuman kuman dan kotoran. (Baca juga mengenai efek minyak kayu putih pada kucing)

Sponsors Link

5. Menaruh Kucing peliharaan di Area Nyaman

Tentu sobat sudah paham untuk memisahkan kucing peliharaan yang terkena sakit mata belekan dengan kucing peliharaan lainnya. Dengan dengan menaruh pada area nyaman yang tidak sama supaya tidak menulari kucing peliharaan lainnya. Apabila sobat hanya memiliki seekor kucing peliharaan saja, tetaplah lakukan untuk menaruh

kucing di area nyaman dan  perhatikan kebersihan area pula. Jika kucing peliharaan dibiarkan berkeliaran, akan memungkinkannya bermain pada kawasan kotor yang menyebabkan memperparah penyakit mata yang diderita si kucing peliharaan kesayangan sobat.

ads

6. Memberi Obat Alami

Cara mengatasi kucing peliharaan terkena sakit mata belekan selanjutnya dengan menggunakan memberinya obat mata khusus kucing, jika terlihat mata kucing peliharaan sudah tertutup karena sakit belekan. Sobat bisa memakai daun sirih

menjadi obat alternatif yang tidak mempunyai efek samping sebab terbuat berasal bahan alami. Seperti yang diketahui bahwa penyakit mata kucing dapat ditimbulkan karena virus dan untuk mengatasinya dengan antibiotik alami.

7. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Daun sirih mengandung antibiotik yang cukup baik buat mengatasi berbagai penyakit. Hal pertama yang dilakukan dengan dengan membersihkan cara mengobati kucing belekan menggunakan kapas hapus dan  usap secara perlahan hingga bersih total.

Namun untuk memberikannya, jangan asal ya sobat, sebab jika sobat salah dalam memberikan, sobat justru bisa membuat sakitnya tambah parah, konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu mengenai cara pemberian daun sirih dan dosisnya.

8. Penggunaan Obat Alami

Secara umum, daun sirih dapat digunakan dengan cara menyiapkan daun sirih yang sudah dipetik dan  bersihkan dengan air bersih serta dipanaskan sampai air mendidih. Air dari rebusan daun sirih yang telah dingin diteteskan pada

mata kucing peliharaan yang cara mengobati kucing belekan. Syarat utama intinya adalah kebersihan sebab bahan alami memang tidak memiliki efek samping namun penggunannya harus dilakukan dengan maksimal kebersihannya agar kegunaan dari obat alami tersebut dapat berfungsi secara maksimal.

9. Penggunaan Daun Kitolod

Daun kitolod juga terkenal baik untuk mengobati sakit mata ya sobat, caranya hampir sama dengan penggunaan daun sirih, yakni dengan mencucinya dan emerebusnya serta meneteskan airnya ketika telah dingin, untuk dosisnya, sobat tentunya harus konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu agar tidak berbahaya bagi kucing.

10. Makanan Bergizi

Untuk mempercepat penyembuhan, jangan lupa berikan makanan bergizi yang tinggi protein dan air minum yang bersih ya sobat, sehingga daya tahan tubuh kucing tidak melemah dan dapat mempercepat kesembuhannya, jika kebutuhan atau gizinya terpenuhi tentu kucing bisa melewati segala penyakit dengan mudah ya sobat.

11. Evaluasi Kesembuhan

Pengobatan mata kucing yang belekan dengan bahan alami umumnya bisa sembuh dalam waktu maksimal 3 hari, jika dalam 3 hari kucing peliharaan sobat belum sembuh juga, maka sobat harus menghentikannya dan membawa ke dokter hewan untuk pengobatan lanjutan sehingga dapat mendapatkan pengobatan yang terbaik, jangan asal memberi obat yang lain untuk percobaan ya sobat.

Sponsors Link

12. Hindari Obat Manusia

Jangan asal memberikan obat sakit mata manusia untuk kucing ya sobat walaupun mungkin dari beragam pengalaman ada yang bisa sembuh, sebab kebutuhan kucing tentu berbeda dengan manusia, jikapun memberi obat tertentu tetap harus dengan konsultasi dokter hewan terlebih dahulu. Memang cara terbaik ialah dengan membawa ke dokter hewan ya sobat,

jangan sepelekan penyakit pada kucing ketika sobat sudah mencoba mengobatinya sebab bisa jadi merupakan tanda dari penyakit lain, sebab itu jaga kesehatan kucing kesayangan sobat untuk jangka panjang dengan memberikan segala perawatan yang terbaik sesuai kebutuhan dan anjuran dari ahlinya atau dokter hewan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat dan menjadi panduan untuk selalu menjaga kesehatan kucing pelharaan yang sobat sayangi. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 23:11 Oleh :
Kategori : Kucing