Sponsors Link

7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Kucing

Sponsors Link

Kucing anda mungkin pernah mengalami radang tenggorokan.

ads

Ya, semua kucing pasti pernah mengalaminya. Anda sebagai pemilik tentu harus melakukan penanganan jika tidak menginginkan sesuatu terjadi pada hewan peliharaan anda.

Bagi pecinta kucing, memperhatikan kesehatan kucing adalah yang paling utama. Tak heran jika mereka seringkali mencari apa saja cara mengobati Radang Tenggorokan pada Kucing.

Artikel ini akan menyampaikan tentang apa saja yang bisa menjadi langkah pengobatan jika kucing telah mengalami radang.

Radang tenggorokan menjadikan kucing akan sulit menerima asupan yang di sebabkan karena, mungkin terlalu banyak makan namun jarang minum atau lainnya.

Bukan karena rasa sakit yang mencekam, akan tetapi radang tenggorokan memberikan efek nyeri dan tidak enak di mulut. Hasilnya kucingpun enggan untuk makan atau minum.

Dengan melihat kondisi ini, tentunya anda tahu betul apa yang harus di lakukan?

Oleh karena itu ketika Kucing mengalami radang tenggorokan sebaiknya segera lakukan berbagai cara berikut:

7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Pada Kucing

  1. Berikan Air

Seperti yang tersirat pada kalimat di atas, kucing mengalami sakit tenggorokan lantaran kebanyakan makan di banding minum. Jika biasanya kucing anda mengkonsumsi susu, cobalah untuk memberikan minum air biasa.

Pastikan air tersebut steril alias bersih agar tidak memberikan peluang kuman masuk pada tubuhnya dan menjadikan kondisinya semakin parah. Air putih membantu memulihkan tenggorokan Kucing yang sakit, dan sementara waktu kurangi pemberian susu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gatal Pada Kucing)

  1. Berikan Makanan Basah

Selama tenggorokan kucing anda mengalami radang, usahakan anda bisa mengatur bagaimana caranya agar kesayangan bisa menikmati makan tanpa rasa sakit.

Radang tenggorokan menimbulkan rasa sakit saat menelan, jadi kurangi memberikan makanan kering dan sebisa mungkin lumatkan makanan yang akan anda berikan.

Umumnya makanan kucing berupa snack kering seperti whiskas dan sebagainya.

Nah, supaya makannya tidak terlalu berat dan keras Anda perlu menambahkan sedikit air pada makanannya.

Dengan begini nantinya Kucing bisa memakan dan melumat makanan tersebut dengan lembut sehingga tidak akan terasa keras pada tenggorokan.

  1. Hentikan Pemberian Daging

Sementara waktu, hentikan pemberian daging kepada kucing. Tujuan ini agar tenggorokan kucing bisa pulih terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan daging mempunyai tekstur kasar dan ulet sehingga Kucing juga akan kesulitan menguyah, sehingga ketika belum lumat secara menyeluruh sudah ditelan sehingga akan menyebabkan rasa sakit. (Baca Juga: Cara Agar Kucing Tidak Kabur dari Rumah)

Sponsors Link

  1. Pemberian Antibiotik

Antibiotik sepertinya memang selalu disebutkan untuk perawatan kucing. Antibiotik memang menjadi salah satu cara memberikan kekebalan tubuh kucing.

Dalam kondisi kurang sehat apapun, antibiotik akan berperan sekali untuk menghentikan virus atau bakteri yang akan menyerang.

Begitu juga dengan radang tenggorokan, pemberian antibiotik bisa anda lakukan sebagai penanganan tambahan. Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan antibiotik atau dengan membelinya sendiri di Pet Shop.

  1. Vaksin

Vaksinasi merupakan tahapan seperti pemberian antibiotik. Hanya saja vaksin dilakukan dengan cara di suntikkan pada tubuh kucing.

Vaksinasi memberikan efek sehat untuk kucing, dan anda bisa mengunjungi dokter karena biasanya yang akan melakukan vaksin hanya dokter.

Sponsors Link

Cara ini tidak bisa sembarang orang, mengingat langkahnya adalah suntik. (Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing)

  1. Suplai Vitamin

Jangan lupa untuk menyuplai vitamin kepada kucing untuk mengatasi radang.

Vitamin secara tidak langsung bekerja dari dalam untuk mengurangi radang tersebut.

Harga vitamin untuk kucing sangat terjangkau, jadi jangan sampai anda tidak memberikannya.

Vitamin bekerja dan membantu memulihkan rasa sakitnya dengan nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Berikan Obat

Obat memang menjadi alternative mengatasi kondisi kesehatan menurun apapun pada kucing.

Termasuknya radang tenggorokan, berikan obat untuk kucing agar bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan yang terlebih pada saat menelan.

Obatnya bisa anda campurkan ke dalam makanan atau minuman jika merasa kesulitan memberikannya secara langsung.

Kucing yang sedang mengalami radang tenggorokan akan terlihat dari kondisinya yang lemah, lemas, dan panas.

Badan demam bukan pertanda buruk atau kondisi kesehatan sedang drop kritis, akan tetapi ini efek samping dari radang tenggorokan yang sakit.

Pastinya kucing yang mengalami radang tenggorokan akan terlihat nafsu makan berkurang.

Sebagai majikan pastinya anda lebih peka terhadap gerak gerik kucing kesayangan anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Kulit Pada Kucing)

Masalah seperti ini menjadi boomerang bagi pecinta kucing, dan pastinya perawatan demi perawatan akan di lakukan tanpa berfikir panjang.

Akan tetapi tidak banyak yang mengerti bagaimana cara untuk mengatasinya.

Dengan panduan yang telah di berikan ini, semoga bisa memberikan pandangan kepada anda tentang apa saja yang harus di lakukan jika melihat kucing dengan kondisi yang telah di sebutkan.

Demikian cara mengobati Radang Tenggorokan pada Kucing yang telah di sampaikan, berikan kasih sayang penuh dan perhatikan dalam pemberian makanan kepada kucing.

Jangan lupa perbanyak dalam memberikan air minum, sebab dengan pemberian Air steril pada kucing lama kelamaan bisa juga menyembuhkan radang tenggorokan yang terjadi. Semoga artikel ini membantu pembaca semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 02:24 Oleh :
Kategori : Kucing