Sponsors Link

10 Cara Menjinakkan Kucing Persia Dewasa

Sponsors Link

Bagaimana sih cara menjinakkan kucing persia dewasa? Pertanyaan ini seringkali kita jumpai pada salah seorang teman atau tetangga.

ads

Hal itu cukup wajar saja, mengingat rasa cinta seseorang yang cukup besar pada kucing. Hewan peliharaan yang umum di rawat yakni kucing karena selain jinak juga mempunyai wajah menggemaskan. Dari beberapa spesies kucing, persia salah satu jenis yang banyak diminati.

Kucing persia adalah jenis kucing yang mempunyai wajah berbeda dengan kebanyakan kucing liar di sana. Persia membawa bentuk wajah bulat dan hidung pesek. Salah satu yang membuatnya makin mengagumkan adalah bulunya yang sangat tebal. Baik persia kecil ataupun dewasa, semuanya sama-sama di butuhkan pecinta kucing untuk di pelihara.

Ketika seseorang menemukan kucing persia dewasa atau mungkin membeli yang sudah dewasa, tentu sebagian besar kalangan akan mencari tau cara menjinakkan kucing persia dewasa. Hal itu dikarenakan kucing yang sudah memiliki umur dewasa relatif lebih sulit di latih dan membuatnya luluh terhadap si pemilik

Nah, untuk mengetahui seperti apa langkah anda dalam menjinakkan kucing persia dewasa, berikut ini ada 10 tips mudah yang bisa di terapkan pada kucing anda.

  1. Kenalkan Kucing Pada Lingkungan

Jika Anda mempunyai kucing persia dewasa yang masih agresif, sebaiknya kenalkan pada lingkungan baru di tempat anda terlebih dahulu. Jangan terburu-buru membawanya masuk dalam kandang, Anda bisa mengajak kucing keliling di area sekitar untuk mengenali setiap sisi ruangan agar lebih mudah untuk beradaptasi sehingga tidak mudah stress juga. (Baca Juga: Cara Memelihara Kucing Persia)

  1. Latih Mendengar Suara Bising

Ajak kucing ke dekat mesin cuci yang menyala, blender yang sedang di gunakan hingga mesin penggiling maupun benda lainnya yang menghasilkan suara. Hal ini bertujuan agar si kucing tidak kaget ketika sewaktu-waktu mendengar keramaian di sekitarnya. Karena suara yang bising akan membuat kucing merasa takut, ada beberapa lainnya mengalami stress jika terlalu sering dan bisa saja menjadi agresif hingga akhirnya kabur dari sang pemiliknya.

  1. Lakukan Interaksi

Sebagai penyayang kucing, rasanya tidak sulit untuk anda membuatnya luluh di pelukan. Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang”. Artinya, kucing yang belum mengenali anda tentu belum cukup akrab. Lakukan interaksi dengan lebih mendekati, menggendong maupun mengajak ngobrol. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Persia Medium)

  1. Berikan Makanan dan Minuman Secara Rutin

Makanan dan minuman bukan sekedar menarik perhatian atau memancing kucing untuk lebih dekat. Akan tetapi, ini adalah hal pokok yang harus anda berikan meski keadaan apapun. Hanya saja, beberapa orang tidak sama dalam memberikan asupan makan dan minum.

Ini yang perlu di perhatikan, karena jenis makanan mempengaruhi sifat bagaimana kucing terhadap pemelihara. Jangan asal memberikan makanan, tapi berikan menu dengan asupan gizi baik. Minimal berikan apa yang di sukai kucing, salah satu contohnya yakni seperti susu. Satu lagi yang perlu di perhatikan juga yaitu jangan sampai telat memberikan makan dan minum sehingga membuat kucing harus menahan rasa laparnya lebih lama.

  1. Perlakukan dengan Lembut

Jangan membuat kucing persia dewasa terlihat menyeramkan. Meskipun kucing adalah hewan jinak, namun pada dasarnya jiwa yang di miliki tetap jiwa hewan yang tidak berakal layaknya manusia. Untuk itulah, Anda tetap harus mewaspadai dengan menjaga kestabilan emosi. Jangan memperlakukan kasar kucing seperti membentak atau memarahi. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Jinak Kepada Kita)

Sponsors Link

  1. Buat Kucing Percaya Diri

Jangan pernah membuat kucing down, akan tetapi buatlah kucing bisa lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini nantinya bisa membangun insting baik kucing pada anda sebagai pemelihara. Sehingga ia merasa bahwa anda adalah orang yang membuatnya nyaman. Seringlah mengelus bulunya, menyentuh dengan lembut dan penuh pujian.

  1. Latih Kucing

Latihlah kucing ke dalam hal-hal baik seperti mengajarkan buang kotoran ke toilet. Meskipun kucing adalah salah satu binatang yang mempunyai cara lebih baik saat buang kotoran yakni menutup dengan pasir, akan tetapi jika anda sudah memeliharanya maka ia akan buang di sembarang tempat, terutama para area sekitar ia di pelihara. Untuk itu setiap jamnya membuang kotoran ajak ke toilet atau minimal sediakan pasir di Ruangan miliknya. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Agar Manja)

  1. Sering Mengajak Bercanda

Bercanda adalah cara yang efisien untuk membangun kedekatan kucing dengan anda. Ada banyak hal yang bisa di lakukan seperti mengajaknya bermain, menggelitik atau bersenang-senang layaknya sedang mengajak anak kecil bermain.

Sponsors Link

  1. Berikan Tempat yang Nyaman

Kucing persia sangat pilih-pilih tempat untuk istirahat. Apalagi jika kucing persia dewasa yang mampu mencium aroma lingkungan yang kotor atau bersih. Selain itu, keadaan yang berantakan bisa di lihatnya sehingga membuat kucing berpaling. Usahakan tempat kucing selalu bersih, rapi dan terawat.

  1. Berikan Nama

Nama membawa filosofi tersendiri pada hewan peliharaan. Dengan memberikan nama khusus sama artinya anda membuat kucing merasa bahwa dirinya di perlakukan baik serta dengan nama tersebut secara tidak langsung dapat merangsang kucing datang setiap kali di panggil. Hanya saja untuk membuat kucing terbiasa akan hal tersebut di butuhkan waktu setidaknya 1 bulan atau mungkin bisa lebih cepat. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Persia Flatnose Umur 2 Bulan)

Menjinakkan kucing yang sudah tumbuh dewasa memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi jika di lakukan dengan penuh rasa kasih dan sayang, maka semuanya menjadi lebih cepat dalam membuatnya jinak. Itulah 10 Cara Menjinakkan Kucing Persia Dewasa, semoga artikel ini sangat membantu pembaca semua yang ingin menjinakkan kucing.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 08th, May 2018 / 06:43 Oleh :
Kategori : Kucing