Sponsors Link

12 Cara Merawat Burung yang Sedang Mabung

Sponsors Link

Burung peliharaan yang sedang mabung ialah sebagai suatu proses pergantian bulu atau bisa diartikan sebagai masa cuti bagi burung peliharaan. Burung peliharaan yang sedang mabung itu sendiri memiliki nama lain yaitu moulting, ngurak atau mbodol.

ads

Selama burung peliharaan sedang mabung, burung peliharaan akan cenderung mengurangi beberapa aktifitasnya, termasuk berkicau. Maka dari itu, perlu berhati hati dalam menangani burung peliharaan sedang dalam kondisi mbodol, bisa bisa mengakibatkan hal buruk,

mengurangi tingkat kecerdasan serta perilaku atau karakter dapat berubah. Proses burung peliharaan yang sedang mabung ini terjadi jika bulu bulu yang sudah tua,

memang selayaknya rontok untuk digantikan dengan bulu yang baru. Bahkan tersebut biasanya bisa terjadi sebanyak 2 atau 3 kali selama setahun. Nah sobat, bagaimana cara merawatnya? berikut selengkapnya, 12 Cara Merawat Burung yang Sedang Mabung.

1. Pahami Ciri Utama

  • Burung peliharaan menjadi tidak bergairah serta malas untuk berkicau.
  • Mata burung peliharaan yang tadinya terang menjadi terlihat sayu diiringi tatapan kosong.
  • Bulu bulu rontok berjatuhan sampai 1 sd3 helai serta bertambah banyak setiap harinya.
  • Ekor tampak rusak. (Baca juga mengenai cara mengatasi burung gelatik mabung)
  • Bulu tampak kusam serta tidak mengkilap lagi.
  • Fighter pada burung peliharaan berkurang.
  • Apabila dilakukan trek dengan burung peliharaan lain maka hasilnya tidak maksimal.

2. Berikan Pakan Berkualitas

Burung peliharaan yang sedang mabung diharuskan cukup dalam mengonsumsi pakan dengan kandungan asam amino tinggii, agar terserap oleh tubuh serta disimpan sebagai protein (keratin) khusus untuk keperluan pertumbuhan bulu yang baru.  (Baca juga mengenai cara mengatasi burung gagal mabung)

Yang paling utama untuk diingat ialah ketika burung peliharaan alami masa sedang mabung, Sobat harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu bulu sesempurna mungkin.  (Baca juga mengenai cara merawat cucak ijo mabung)

3. Jenis Nutrisi yang Harus Diberikan

  • Sobat harus berupaya meningkatkan produksi asam amino pada burung peliharaan cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung yang mengandung metionin serta sistin.
  • Memberikan suplemen multivitamin serta suplemen multimineral.  (Baca juga mengenai cara merawat murai batu mabung)
  • Memberikan protein lewat daging namun dalam jumlah yang kecil.
Sponsors Link

4. Hindari Memandikan Burung peliharaan

Sangat keliru apabila ada yang beranggapan bahwa ketika merawat burung peliharaan yang sedang mabung, burung peliharaan harus sering dimandikan. Setelah burung peliharaan menyelesaikan masa mabungnya, barulah mandi

bisa dilakukan, atau ketika tunas tunas bulu baru tumbuh. Jadi, memandikan burung peliharaan ketika bulu baru saja luruh atau rontok adalah pilihan yang kurang tepat.  (Baca juga mengenai cara membuat inkubator burung lovebird)

5. Hindari Menjemur Burung Peliharaan

Menyimpan burung peliharaan sedang mabung di tempat yang kering serta sedikit lembab dapat membantu burung peliharaan tersebut untuk segera menjatuhkan bulu bulu lamanya. Jika dipaksakan untuk tetap menjemur, bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu kurang sempurna, bahkan bisa mengakibatkan kelainan sampai abnormal. Di mana tampilan bulu menjadi sedikit kering, cepat rusak, bulu sampai terbalik atau melintir.

ads

6. Hindari Burung Peliharaan Sering Bunyi

Banyak yang tetap melombakan burung peliharaan yang sedang dalam kondisi mabung. Bahkan sebagian pemain mempercayai jika hal tersebut justru bisa membuat burung peliharaan ambrol total. Namun yang sebenarnya akan terjadi adalah burung peliharaan justru rontok ekornya saja, tidak ambrol secara menyeluruh.

7. Memberikan Pakan dengan Kadar Protein yang Pas

Pakan dengan kadar protein 16 sd 20% sudah cukup untuk burung peliharaan yang sedang mabung. Jika proteinnya mencapai lebih dari 30%, justru dari dapat membuat birahi burung peliharaan meningkat serta lebih rajin berkicau. Itu mengakibatkan proses merawat burung peliharaan yang sedang mabung terhambat.

8. Hindari Terus Menerus Dikrodong

Mengerodong burung peliharaan selama merawat burung peliharaan yang sedang mabung memang dianjurkan. Tetapi hindari terus menerus menutup tanpa pernah membuka. Perhatikan suhu serta pencahayaan lampu.

9. Pemasteran

Masa merawat burung peliharaan yang sedang mabung adalah fase yang sangat ideal untuk melakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan dengan metode mp3 player yang murah serta mudah digunakan. Saat istirahat, contohnya pukul 6 sore sd pagi hari, perdengarkanlah suara master. Sobat bisa menggunakan burung peliharaan seperti kenari, lovebird serta cucak jenggot saat melakukan pemasteran.

10. Pemberian Vitamin

Vitamin sangat penting untuk membuat cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung cepat tuntas atau cepat berganti bulu baru. Selain bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru, vitamin pun berguna untuk menjaga kondisi burung peliharaan tersebut. Kondisi yang sehat akan mudah membuat burung peliharaan gacor lagi setelah cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung.

11. Rutin Membersihkan Sangkar

Faktor utama burung peliharaan macet bunyi sehabis cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung yaitu sang pemilik tidak rutin dalam hal kebersihan. Kebersihan sangkar sangat berpengaruh bagi kesehatan burung peliharaan itu sendiri. Sangkar bersih membuat burung peliharaan sehat serta cepat gacor lagi setelah proses merawat burung peliharaan yang sedang mabung selesai.

12. Jauhkan Dari Tempat Yang Ramai

Cobalah untuk menempatkan burung peliharaan Sobat di tempat yang sunyi untuk menunjang konsentrasi dalam merontokkan bulu bulu. Tips ini bisa dilakukan untuk mempercepat proses cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung.

Selain itu, cara ini bisa dilakukan jika burung peliharaan terlalu semangat dalam berkicau serta bisa menghabiskan energinya. Masa cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung adalah fase di mana pengeluaran energi sangat banyak, jadi tetap jaga asupan energinya.

Jika semua cara di atas sudah dilaksanakan, maka cara terakhir merawat burung peliharaan cara merawat burung peliharaan yang sedang mabung adalah melakukan cara tersebut secara rutin. Mungkin sekilas cara yang satu ini dianggap sepele,

Sponsors Link

padahal cara ini sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan burung peliharaan yang sedang mabung. Sebab jika melakukan semua cara di atas tidak rutin, maka hasilnya pun pun tidak akan maksimal terhadap burung peliharaan tersebut.

Nah sobat, memang setiap perawatan akan memiliki hasil sesuai yang sobat usahakan, intinya ialah membiarkan siklus alaminya tersebut terjadi dengan tidak lupa memebrikan perawatan serta pakan yang terbaik sehingga mabung dapat berjalan lancar dan bulu kembali tumbuh dengan indah.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat untuk sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 12:35 Oleh :
Kategori : Burung