Sponsors Link

12 Cara Merawat Kucing Agar Tidak Kabur

Sponsors Link

Kucing adalah hewan peliharaan yang senang bermain, kucing sering merasa bosan ketika ia harus tinggal di rumah sepanjang hari. Jika kucing dipelihara

ads

di lingkungan yang kurang nyaman atau kurang menarik baginya, secara otomatis kucing akan sering bermain ke luar rumah untuk mencari kesenangan.

Nah sobat, sebab itu diperlukan trik khusus untuk memelihara kucing agar ia tidak sering keluar rumah atau tidak kabur tanpa membuatnya merasa terpaksa atau stres, berikut selengkapnya, 12 Cara Merawat Kucing Agar Tidak Kabur.

1. Menyediakan Area yang Nyaman

Maksudnya disini bukan kandang kucing ya sobat, melainkan area yang ada di dalam rumah agar kucing dapat beradaptasi lebih baik. Sobat bisa menyediakan area seperti keranjang atau kardus, semudian di dalamnya diberi baju bekas atau kain agar lebih hangat. (Baca juga mengenai cara merawat kucing liar agar nurut)

Perlu diperhatikan, area tersebut harus berada di dekat sobat agar mudah diperhatikan dan dijaga kebersihannya. Kamar sobat bisa menjadi areaalternatif agar kucing tidak kaburatau tidak keluar rumah namun kucing tersebut tidak suntuk atau stress sebab masih dapat jalanjalan serta bermain dengan sobat. (Baca juga mengenai jenis jamur pada kucing)

2. Jaga Kebersihan Tempat Tinggalnya

Tak hanya area yang nyaman, sobat juga harus memperhatikan kebersihannya juga. Pada dasarnya, semua kucing peliharaan suka dengan area yang bersih. Tak hanya membuat kucing nyaman saja, namun kesehatan dan kebersihan lingkungan dapat menjadi cara merawat kucing agar tidak kabur karena kucing merasa betah. (Baca juga mengenai jenis parasit pada kucing)

3. Perhatikan Porsi Pakan

Selain area, hal yang dapat dilakukan untuk merawat kucing agar tidak kaburdan betah di rumah adalah memberi pakanan yang cukup baginya. Hal ini dilakukan agar kucing peliharaan tak jalanjalan keluar rumah untuk mencari pakanan.  Cobalah memberi pakanan yang dapat mengunggah selera atau kesukaan kucing agar tidak kabur, baik itu pakanan kering atau pakanan basah. (Baca juga mengenai fungsi kumis pada kucing)

4. Berikan Kotak Pasir Di Sekitar Kandang

Selain lapar, biasanya kucing kabur keluar rumah sebab ingin membuang kotoran. Cara mengatasinya bisa dengan mendekatkan kotak pasir di sekitar kucing agar tidak kabur. Selain membuat nyaman, hal ini dapat menangani agar kucing peliharaan tak membuang kotoran sembarang di sekitar rumah yang mengakibatkan bau tidak sedap. (Baca juga mengenai fungsi kucing dijemur)

5. Sering Mengajaknya Bermain

Salah satu penyebab kucing kabur dan tidak betah di dalam rumah sebab merasa bosan, untuk itu sobat dapat mengajaknya bermain.  Seperti menggunakan bola, tali atau mainan khusus kucing agar tidak kabur. Sobat juga dapat memanjakan kucing agar tidak kabur dengan mengeluselus bulunya.

Sponsors Link

6. Jangan Pernah Menghukum Kucing

Saat cara merawat kucing agar tidak kabur, hindari menghukum atau meneriaki (atau dengan aksi galak lain). Umumnya, jika kucing merasa diperlakukan dengan baik dan disayang ia tidak akan pergi ke tempat lain karena sudah merasa cukup dengan kasih sayang yang sobat berikan. Jangan pernah memukul kucing sebab pukulan hanya akan memperparah keadaan.

7. Terima Kepribadian Kucing

Meskipun perilaku berbeda beda atau bisa berubah sesuai dengan moodnya. Ketahui hal yang disukai dan dibenci sebagai cara merawat kucing agar tidak kabur. Mengetahui dan menghormati kepribadian unik kucing Sobat adalah kunci agar Sobat dicintai dan membuat kucing selalu betah di rumah.

ads

8. Jauhkan Kucing Dari Bahaya

Jika kucing merasa aman dan terlindungi, kucing tidak akan kaburdan akan semakin mencintai Sobat. Pastikan kucing agar memiliki area aman untuk tidur dan bermai, merasa aman saat menggunakan tempat buang air, dapat pakandan minum dengan cukup, dan tidak merasa terancam oleh orang atau hewan lain di rumah.

  • Pastikan kucing tidak dapat mengakses bahan beracun.
  • Tutuplah pintu dapur dan lemari pakan. kucing itu hewan penuh rasa ingin tahu, sehingga bisa terjebak di dalamnya.
  • Kalungi kucing agar tidak kabur dengan kalung yang dilengkapi gesper (untuk berjagajaga jika ia terjebak) dan informasi kontak Sobat (untuk berjagajaga jika ia kabur).

9. Jangan Mengabaikan Kucing

Saat meninggalkan rumah, pastikan kucing telah diberi cukup pakanan, dan dapat mengakses air bersih. Jika Sobat meninggalkan rumah dalam waktu lama, pastikan ada orang yang menjaga kucing agar tidak kabur, membersihkan kotak mainannya, dan memberi permainan. kucing yang terabaikan tidak akan mencintai Sobat.

  • Meskipun kucing adalah hewan mandiri, cara merawat kucing agar tidak kabur juga memerlukan perhatian manusia dan pembersihan berkala.
  • Jika Sobat berlibur, pertimbangkan untuk menyewa pengasuh khusus sebagai cara merawat kucing agar tidak kabur, atau membawa kucing agar tidak kabur ke area penitipan hewan yang terpercaya.

10. Belilah Papan Garuk

Kucing umumnya suka menggaruk barang di rumah Sobat, misalnya furniture. Namun, mereka bisa dilatih untuk menggaruk barang tertentu, misalnya barang dengan permukaan keras seperti karpet padat. Jika Sobat menyediakan daerah untuk menggaruk, kucing akan semakin menyukai Sobat.

11. Berikan Area Hiburan untuk Memanjat

Kucing adalah hewan yang senang memanjat sebagai naluri alaminya sebagai hewan pemburu, berikan ia mainan dari kayu yang bisa digunakan untuk memanjat sehingga kucing yang sobat pelihara tidak merasa bosan dan dapat bermain kapan saja ia mau, jika tidak tersedia area bermain yang memadai, maka kucing akan mudah keluar rumah dari rumah untuk menuruti kesenangan yang dicarinya.

12. Sekali Kali Ajak Keluar dan Biarkan Kucing Melihat Alam Bebas

Kucing tentu seperti manusia yang bisa bosan ketika sepanjang hari hanya melihat itu itu saja. Bayangkan jika sobat berada di suatu rumah di dalamnya dan tak pernah sekalipun bermain atau berjalan jalan keluar, tentu akan menjadi bosan bukan? sebab itu perlakukan kucing seperti sobat ingin diperlakukan,

Sponsors Link

sekali waktu seminggu sekali biarkan kucing berjalan jalan di sekitar area rumah dengan pengawasan atau ajak kucing jalan jalan, jika kucing memang senang dengan sobat dan selalu diperlakukan dengan baik, tentu kucing hanya bermain di luar rumah sebentar saja dan akan segera kembali ke rumah.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, intinya jika kucing merasa senang dan nyaman dengan pemiliknya serta lingkungan tempat tinggalnya, ia tidak akan kabur dari rumah ya sobat. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 13:31 Oleh :
Kategori : Kucing