Sponsors Link

14 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat

Sponsors Link

Tentunya memiliki kucing yang sehat dan indah akan menajdi salah satu kebanggan bagi pemilik kucing.

ads

Dan salah satu keindahan kucing terletak pada bulu mereka.

Jadi apapun jenis kucing yang sedang anda pelihara akan terlihat indah jika bisa mempertahankan dan menumbuhkan bulu lebat dan indah meskipun kucing kampung sekalipun.

Nah, bagi yang memelihara jenis kucing lain mungkin tidak terlalu membutuhkan tips untuk bisa menumbuhkan dan menjaga agar bulu kucing tumbuh lebat.

Berikut kita akan membahas beberapa cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat jadi tak kalah indah dengan kucing mahal lainnya.

1. Diet atau perubahan makanan

Kucing perlu diberi makan secara seimbang dan sesuai dengan sifat alami mereka.

Diet satu sisi yang hanya terdiri dari makanan kering, misalnya dapat memiliki efek negatif pada penampilan bulu.

Jadi lakukanlah pemberian pola makan yang baik dan teratur agar bulu juga tumbuh dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan. (Baca juga tentang : cara mengatasi gatal pada kucing)

2. Cukupi vitamin

Kadang-kadang dapat membantu untuk mengkompensasi kekurangan diet dengan memberikan vitamin kucing Anda.

Dokter hewan Anda pasti akan dapat menyarankan Anda, dalam kasus seperti itu, apakah makanan seperti biji gandum, salmon atau minyak zaitun, atau makanan khusus mungkin, dapat memiliki efek positif pada bulu.

3. Mengatasi parasit

Ketika mereka penuh tungau dan kutu, kucing secara alami cenderung untuk menggaruk banyak.

Dalam skenario terburuk, ini dapat menyebabkan mereka menarik seluruh rumpun bulu.

Infestasi perlu didiagnosis secara kategoris oleh dokter hewan, setelah itu Anda dapat menerapkan obat yang tepat. Perawatan teratur terhadap cacing juga penting, karena kutu dapat menularkan cacing. (Baca juga tentang : cara agar kucing jantan mau kawin)

4. Mengatasi kerontokan yang berhubungan dengan stres

Masalah pendatang baru di rumah, situasi kompetitif dengan kucing lain, pindah rumah ada banyak alasan mengapa kucing merasa stres sehingga mulai kehilangan bulu.

Dalam beberapa kasus obat bunga Bach telah ditemukan efektif, sebagai cara memulihkan keseimbangan emosional kucing.

Setelah operasi, demam atau bahkan kehamilan, beban fisik luar biasa yang terlibat dapat menyebabkan kucing berambut panjang kehilangan bulu.

Sponsors Link

5. Mengatasi penyimpangan Hormon, Gangguan Metabolisme, penyakit auto-imun

Jika semua kemungkinan penyebab masalah bulu pada kucing berambut panjang yang disebutkan di atas telah dikecualikan, seringkali satu-satunya cara yang tersisa adalah tes darah menyeluruh untuk menentukan apa yang mengganggu kucing. (Baca juga tentang : cara agar kucing tidak kabur dari rumah)

6. memberikan makanan kucing yang tepat

Kita adalah apa yang kita makan dan tentu saja itu berlaku untuk kucing juga.

ads

Dan makanan yang baik, dalam sifat hal-hal, akan menghasilkan bulu tebal yang indah.

Kucing adalah karnivora , jadi hal yang penting untuk pilihan makanan kucing adalah ia harus memiliki proporsi daging yang mudah dicerna.

Ini harus setidaknya rasio dua pertiga. Sistem pencernaan kucing kampung terutama diarahkan untuk daging dan protein yang dikandungnya.

Daging juga mengandung taurin atau asam amino penting yang tidak bisa diproduksi oleh kucing.

Ketika kucing memiliki diet alami dan berkualitas tinggi, bulu mereka akan menjadi lebih baik untuk itu.

Jika bahan-bahan tercantum dalam paket, Anda memiliki peluang lebih baik untuk menilai kualitas.

7. Temukan saat yang tepat untuk merawat bulunya

Ketika kucing Anda dalam suasana yang santai dan suka diemong, dan Anda juga punya waktu untuk melakukan pekerjaan dengan benar, maka itu adalah saat yang tepat untuk memberikan kucing perawatan bulu menyeluruh.

Akan sangat bagus jika Anda dapat menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.

Kucing berbulu panjang Anda akan berterima kasih kepada Anda dalam segala hal, pertama-tama dengan penghargaan penuh kasih sayang, dan kemudian juga dengan perawatannya yang indah untuk bulu.

8. Menyikat Bulu

Yang penting adalah memasukkan karakter individu kucing Anda ke dalam akun. Jangan memaksa kucing untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukannya. Ini berlaku tentu saja apakah hewan itu muda atau tua.

Hidup bersama kucing adalah pelajaran dalam kesabaran. Jadi Anda harus menjadwalkan sekitar lima belas menit untuk ritual perawatan bulu harian meskipun setiap hari juga merupakan pilihan yang memungkinkan, jika Anda tidak dapat menemukan waktu.

9. Pakai alat perawatan bulu terbaik untuk kucing

Sebuah sikat khusus untuk pengobatan pelebatan bulu juga akan memancing bulu kucing kampung untuk tumbuh lebat.

Jadi perhatikan dnegan baik alat perawatan yang anda gunakan untuk mendapatkan bulu kucing yang terawat dan indah ini. (Baca juga tentang : cara mengatasi penyakit kulit pada kucing)

10. Menggunakan produk perawatan untuk bulu kucing

Di belakang telinga, di bawah ketiak, di kaki bagian dalam dan di sekitar bagian bawah ini adalah tempat di mana kucing secara alami sensitif, sama seperti kita manusia.

Anda akan disarankan untuk mengobati area ini terlebih dahulu dengan sedikit bedak, atau busa perawatan. (Baca juga tentang : cara agar induk kucing mau menyusui anaknya)

11. Membiasakan Mandi

Kucing kampung secara alami agak pemalu, meskipun mungkin sering terjadi pengecualian terhadap aturan.

Semua orang tahu kucing mereka sendiri yang terbaik, dan akan dapat menilai berapa banyak atau sedikit yang akan dinikmati di bak mandi.

12. Gunakan sampo yang tepat

Pada dasarnya mencuci tubuh kucing secara keseluruhan adalah kegiatan saat mandi, gunakan sampo kucing khusus dan harus menjadi pilihan terakhir yang sangat dibutuhkan, misalnya jika kucing berbulu panjang Anda mengalami diare, telah bersentuhan dengan zat beracun atau sudah kotor karena beberapa alasan lainnya.

13. Air Hangat

Ini karena mandi sangat membuat stres bagi kucing, dan sering mencuci dapat menyebabkan masalah kulit.

Atau Anda dapat dengan hati-hati membersihkan area yang berlapis atau kusut dengan air hangat.

Kain pembersih juga dapat digunakan secara hati-hati yang tidak diberi wewangian untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing.

14. Alihkan perhatiannya

Ide yang bagus untuk menemukan ruangan di mana tidak ada suara keras yang mengejutkan akan mengalihkan perhatian hewan.

Kemudian letakkan kucing di depan Anda mungkin di atas meja tapi pastikan itu tergeletak di atas kain.

Kemudian Anda membelai untuk sementara waktu terlebih dahulu, sebelum memulai dengan kepala dan terus menyikat ke arah ekor. Kemudian sikat bulunya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 12th, October 2018 / 02:52 Oleh :
Kategori : Kucing