Sponsors Link

11 Cara Merawat Kucing Lokal Agar Bagus

Sponsors Link

Setiap jenis kucing tentu memiliki keindahan dan ciri khas fisik masing masing ya sobat, keindahan dan kecantikan kucing tergantung dari perawatan hariannya dan kecukupan akan segala kebutuhannya,

ads

kucing yang memiliki fisik biasa atau kurang populer jika dirawat dengan baik akan menjadi kucing yang indah layaknya kucing ras yang mahal.

Nah sobat, jika saat ini sobat memelihara kucing lokal, bukan tak mungkin ia tetap bisa tampil bagus dan menarik asalkan dirawat dengan sungguh sungguh. Berikut 11 Cara Merawat Kucing Lokal Agar Bagus sehingga memiliki tampilan yang membuat senang setiap orang yang melihatnya.

1. Menjaga Kebersihan

Cara ini dilakukan agar bulu kucing lokal bagusdan terhindar dari kotoran serta mencegah bulu tidak mudah kusut. Langkah ini pun dapat membantu menyebarkan minyak natural yang dihasilkan kucing lokal keseluruh tubuh, sehingga bulunya akan terlihat mengkilat. Lakukan cara ini minimal satu kali dalam seminggu sekali secara teratur. (Baca juga mengenai cara merawat kucing agar tidak kabur)

Sisir bulunya untuk merontokkan bulu yang sudah mati, agar regenerasi bulunya lebih cepat. Merontokkan bulu kucing lokal juga menghindarkannya dari hairball, yakni bulu rontok yang tertelan saat kucing lokal menjilat tubuhnya sendiri. (Baca juga mengenai cara merawat kucing liar agar nurut)

2. Memandikannya Secara Teratur

Memang ini bukan perkara gampang, apalagi buat kucing lokal yang tidak dirawat semenjak lahir. Walaupun mereka agak susah, tapi sobat tetap harus berusaha untuk memandikannya secara teratur, minimal dua minggu sekali. Cara ini membantu merawat kucing lokal agar bagus tetap bersih dan terhindar dari kotoran menumpuk (Baca juga mengenai cara mengatasi gatal pada kucing)

yang kadangkala menjadi ladang tumbuhnya jamur yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing lokal. Jangan lupa gunakan shampoo khusus untuk merangsang pertumbuhan bulu dengan baik dan maksimal. Untuk memandikan, gunakan alat alat : (Baca juga mengenai cara agar kucing jantan mau kawin)

  • Bak mandi seukuran lebih besar kucing lokal sobat
  • Air hangat yang nyaman
  • Shampo cair khusus, terutama untuk mengatasi bakteri, jamur dan kutu.
  • Sikat lembut untuk bulu
  • Handuk kering lembut
  • Pengering rambut (Baca juga mengenai jenis vaksin pada kucing)
Sponsors Link

3. Memperhatikan Makanan

Upayakan makanan untuk cara merawat kucing lokal agar bagus memiliki kandungan protein dan lemak yang pas supaya bulu kucing lokal bagusdan bisa tetap terawat. Sobatpun dapat memberikan susu sebagai tambahan vitamin agar bulu kucing lokal bagusdan dapat tumbuh lebat dan sehat. Selain itu usahakan untuk selalu memberikan air minum yang bersih.

4. Beri Vitamin untuk Nafsu Makan

Sobat harus bisa menambah atau memancing nafsu makan kucing lokal. Ada beberapa cara untuk membuat kucing lokal nafsu makan, seperti memoleskan sedikit makanan basah di hidung, lalu mendekatkan makanan ke kucing lokal sobat.

ads

5. Memberikan Makanan dengan Protein Tinggi

Ini merupakan salah satu kunci sukses untuk membuat kucing lokal bagusdan menjadi gemuk dimana sobat memberikannya makanan berprotein tinggi. Protein seperti ini biasanya bisa didapatkan dengan mudah dari daging, sobat bisa membeli ayam atau ikan sebagai makan utamanya. Ketika sobat ragu makanan itu higienis atau tidak, sobat bisa merebusnya terlebih dahulu.

Selain daging, sobatpun bisa menambahkan kuning telur pada menu makanan kucing lokal agar bagus, ingat hanya kuningnya saja. sobat bisa menambahkan kuning telor pada makannya 2 sd 3 kali saja per minggu. Protein selain berguna

untuk menumbuhkan dan membentuk jaringan tubuh kucing lokal, juga berkhasiat menjaga kesehatan bulunya. Sedangkan lemak juga tak kalah pentingnya. Selain sebagai sumber energi utama buat kucing lokal, kandungan lemak berupa asam omega 3 dan 6 juga membantu dalam merawat bulu kucing.

6. Berikan Dry Food

Makanan dry food tetap boleh sobat berikan tapi hanya sebagai camilan saja. Pilihlah dry food yang kandungan proteinnya lebih banyak serta tidak mengandung banyak pewarna. Karena pewarna pada dry food berbahaya untuk ginjal kucing lokal.

7. Berikan Ikan yang Bergizi

Ikan baik untuk kucing lokal, didalam ikan mengandung banyak sekali protein yang bagus untuk tubuh kucing lokal, selain kenyang, tubuh kucing lokal pun bisa jadi lebih sehat, jangan beri ikan teri sebab bisa membuat bulu kucing lokal jadi rontok.

8. Berikan Biskuit Sehat Sebagai Cemilan

Selain ikan sobatpun bisa berikan biskuit yang sekarang banyak dijual di supermarket, belilah biskuit yang lebih banyak mengandung protein daripada karbohidrat atau lemaknya, untuk minumnya bisa diberi air putih saja atau diselangi dengan susu agar sehat. Tentunya susu yang diberikan harus susu khusus kucing ya sobat, sebab susu untuk manusia yang mengandung gula berbahaya bagi kucing lokal.

9. Berikan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu kunci sukses untuk membuat kucing lokal menjadi gemuk. Vitamin seperti minyak ikan punbaik untuk nafsu makan, membantu kucing lokal untuk menjadi gemuk dan bulunya menjadi sehat.minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat penting bagi kesehatan kulit dan bulu kucing, termasuk juga melebatkan bulu dan mencegahnya dari kerontokan.

Berikan vitamin E. sobat bisa mendapatkan dengan mudah di petshop dalam bentuk tablet dan sachet. Vitamin E berguna untuk menjaga kelembapan kulit, dan yang terpenting menghindarkan kucing lokal dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang dapat mengeringkan kulit dan bulunya.

10. Vaksin

Kesehatan kucing lokal merupakan salah satu hal yang penting jadi, Jangan sampai lupa untuk memberikan vaksin untuk menjaga kucing lokal agar tidak sakit. Dengan menjaga kesehatan cara merawat kucing lokal, maka nafsu makannya pun terjaga dan ia bisa cepat gemuk.

Sponsors Link

11. Ajak Bermain dan Hindarkan dari Stres

  • Sayangi kucing lokal sobat sepenuh hati walau itu hanya jenis kucing biasa yang jarang diminati orang.
  • Belai kucing lokal sobat setiap hari, ini akan meningkatkan kedekatan sobat dengan kucing lokal, karena kucing lokal sangat suka dibelai, sebab merasa diperhatikan dan disayangi.
  • Jaga perasanya jangan sampai sobat terlihat menelantarkan dia.
  • Buat kucing lokal sobat nyaman di tempat tinggalnya sekarang.
  • Jangan lupa ajak dia bermain ketika sobat ada waktu.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, maksimalkan kesehatan dan kecantikan kucing yang sobat pelihara apapun jenisnya ya sobat, sampai jumpa di artkel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 13:38 Oleh :
Kategori : Kucing