Sponsors Link

10 Cara Penangkaran Nuri Pelangi yang Baik dan Benar

Sponsors Link

Dari banyaknya spesies burung yang ada di alam, Nuri Pelangi adalah salah satu jenis burung yang paling cantik. Cara Merawat Nuri Pelangi juga tidak mudah, ada tahapan-tahapan tertentu yang harus di ikuti agar bisa berhasil.

ads

Sama halnya memelihara hewan unggas yang lain, Nuri Pelangi juga membutuhkan fase-fase tertentu karena tidak bisa orang menangkar Nuri dengan cara yang sembrono. Usaha dalam perawatan Nuri akan berpengaruh pada hasilnya nanti.

Jika Anda ingin melakukan penangkaran Nuri, berikut 10 Cara Penangkaran Nuri Pelangi.

Cara Penangkaran Nuri Pelangi

  1. Mengenali Spesifik Nuri Pelangi

Sebelum Anda merawat unggas cantik ini, tentunya Anda sebagai pemilik harus tahu habitat Nuri sendiri. Burung ini terdapat di wilayah Papua, Ambon dan Ternate. Harganya juga relative mahal, sehingga sangat rugi jika Anda mempunyai namun tidak merawatnya. (Baca Juga: Cara Ternak Emprit Sawah Paling Mudah)

  1. Memilih Jenis Nuri yang bagus

Percuma saja jika memelihara namun hasilnya itu dan itu saja. Nuri di setiap wilayah atau daerah mempunyai ciri khas berbeda. Tergantung pada Anda memilih jenis Nuri yang bagaimana. Namun, kebanyakan orang akan memilih jenis Nuri dengan kepala hitam dan kicauannya yang merdu. Nuri adalah jenis burung yang cerdas karena mampu menirukan berbagai suara.

  1. Menentukan Kandang yang Ideal untuk Nuri

Nuri Pelangi membutuhkan kandang yang pas. Anda harus menyiapkan ukuran kandang cukup besar sekitar 40 sampai dengan 45 cm. Pemberian kandang tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keleluasan pada burung agar tidak stress.

  1. Menjaga Kebersihan Pada Kandang

Dalam membudidayakan unggas, hal penting yang dominan di lakukan adalah menjaga kebersihan kandang. Dengan kondisi kandang yang kotor memicu burung Nuri Pelangi susah berproduksi hingga terancam virus atau penyakit.

Namun jika Anda rutin membersihkan kandang, akan membuat burung nyaman. Namun, jika membersihkannya terlalu sering terkadang akan membuat burung tersebut merasa terganggu juga. Minimal membersihkan kandang dalam waktu sewajarnya saja. (Baca Juga: Budidaya Burung Branjangan Bagi Pemula )

  1. Memberikan Gizi Seimbang dan Rutin

Burung Nuri Pelangi bukan sekedar hidup. Di alam liar, dia dapat mencari makan sesukanya. Tapi berbeda dengan burung Nuri yang sudah Anda rawat. Dalam masa penjagaanya, Anda juga harus memperhatikan makanan untuk si burung. Tidak bisa asal segala jenis makanan Anda berikan karena bisa menghambat kesehatan burung. Nuri Pelangi yang sudah dalam masa penangkaran lebih menyukai makanan seperti wortel, pepaya, Kacang-kacangan, lele dan pelet. Anda bisa memberikan makanan tersebut secara bergulir. Ini salah satu bentuk pemberian nutrisi pada sang unggas.

  1. Memberikan Air Minum yang Higinis

Meski Nuri adalah hewan, namun tidak berarti Anda bisa memberikan minum secara sembarangan juga. Tubuh Nuri juga cukup peka untuk meneguk air yang kotor. Jika kalian terlalu sering memberikan air tidak steril atau wadahnya yang kotor, Nuri Pelangi bisa sakit.

  1. Hindari Penggunaan Rantai Pada Kandang

Menggunakan sangkar burung tanpa adanya jeruji memang sangat ekonomis. Selain mudah di pindahkan, hal itu terlihat lebih praktis. Terlebih lagi, jika ada rantai pada kandang maka akan membuat Nuri tidak nyaman dan justru membelenggu. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Anis Cendana)

Sponsors Link

  1. Rutin Dalam Pemberian Suntikan Pada Nuri Pelangi

Jika Anda menginginkan Nuri tidak mudah jatuh sakit, maka lakukan pemberian suntikan secara teratur.

  1. Rajin Memandikan burung

Bukan hanya manusia, namun burung juga butuh mandi. Aktivitas yang harus Anda lakukan untuk menjaga burung Nuri Pelangi adalah dengan memandikannya. Selain burung bisa lebih merasa segar dan semangat, tujuan ini akan membuat Nuri lebih jinak nantinya. Cara memandikan burung Nuri tidak selayaknya manusia atau cara seperti memandikan kucing.

Untuk memandikannya, Anda hanya perlu menyemprotkan air pada tubuhnya dalam kondisi Nuri tetap di sangkar. Setelah burung terlihat basah, selanjutnya adalah dengan menjemurnya. Sebagai informasi, sebaiknya memandikan burung di pagi hari agar saat menjemurnya bisa mendapatkan sinar yang pas. Cahaya matahari yang ideal untuk burung adalah di jam 6 pagi sampai dengan di jam maksimal adalah 9 pagi.

  1. Jangan Pernah Bosan Melatih Nuri Bicara

Mungkin kedengarannya cukup aneh, manusia harus melatih hewan untuk berbicara. Pemikiran seperti ini cukuplah wajar, namun perlu Anda tahu kalau tidak semua hewan tanpa akal sehat seperti manusia. Salah satunya adalah spesies burung yang beberapa mempunyai kemampuan berbeda dengan binatang lain. Nuri Pelangi adalah sejenis unggas yang bisa menirukan suara apa saja. Jadi, jika Anda melatihnya juga tidak akan rugi. Pada dasarnya Nuri telah mempunyai jiwa yang cerdas. (Baca Juga: Cara Melatih Burung Pleci Agar Cepat Buka Paruh)

Nuri Pelangi adalah salah satu jenis burung yang cukup langka. Bahkan keberadaanya saat ini sudah hampir punah. Dengan melakukan penangkaran burung Nuri, maka Anda telah mencoba menghidupkan populasi Nuri Pelangi menjadi lebih banyak dan terjaga.

Itulah 10 Cara Penangkaran Nuri Pelangi yang bisa Anda terapkan sendiri pada burung kesayangan Anda untuk memperoleh hasil yang maksimal dan tetap sehat.Baca juga cara memelihara burung pentet agar gacor.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 04:51 Oleh :
Kategori : Burung