Sponsors Link

7 Cara Sukses Ternak Cacing Tanah

Sponsors Link

Cacing tanah menurut wikipedia adalah jenis cacing yang berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Mereka umumnya ditemukan hidup di tanah dan mudah ditemukan, memakan bahan organik hidup dan mati.

ads

Cacing tanah banyak digunakan sebagai bahan makanan burung peliharaan atau bisa juga digunakan sebagai umpan pancing.

Karena banyaknya permintaan dan tentunya membutuhkan usaha untuk mencari di tanah secara langsung, cacing tanah mulai banyak diternakan demi memenuhi pemintaan.

Bagi para pemula yang ingin melakukan ternak cacing tanah, berikut ini beberapa cara sukses ternak cacing tanah yang dapat memberikan hasil terbaik dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Perhatikan makanan untuk cacing tanah

Cara sukses ternak cacing tanah yang pertama adalah dengan memperhatikan makanan yang diberikan pada cacing tanah agar mampu berkembangbiak dengan baik dan cepat.

Cacing menyukai bahan bahan organik sebagai makanannya seperti pupuk kandang dan kompos. Pupuk kandang maupun kompos dapat dibuat sendiri dengan campuran yang telah di tentukan. Dalam pemberiannya sebaiknya makanan memiliki bentuk yang gembur atau halus agar mudah dicerna oleh cacing.

  1. Pilih jenis cacing tanah yang tepat

Diberbagai tempat pastinya memiliki jenis cacing yang berbeda satu sama lain serta memiliki ciri masing masing. Agar ternak cacing tanah dapat memberikan hasil yang melimpah maka pilihlah jenis cacing Lumbricus rubellus. 

Cacing jenis Lumbricus rubellus ini merupakan jenis cacing yang mudah berkembang biak dan memiliki cara penanganan paling mudah. Sebelum melakukan upaya ternak lainnya maka cara budidaya cacing ternak terkait pilihan cacing harus dilakukan dengan benar.

  1. Siapkan fasilitas penunjang dengan baik

Sebelum melakukan ternak cacing maka semua fasilitas penunjuang harus disiapkan dengan baik. Media dan tempat ternak cacing harus disiapkan terlebih dahulu bersamaan dengan pembuatan kompos secara mandiri sebagai makanan cacing nantinya. Media tanah dari cacing harus diganti secara berkala. Langkah awal ini penting dan sama halnya dalam cara budidaya cacing dengan kotoran sapi.

  1. Pahami cara dan langkah beternak cacing tanah yang benar

Berternak dan membiakkan cacing tentu memiliki tahapan tahapan yang harus diperhatikan dengan benar. Proses tahapan tersebut berkaitan dengan penyiapan media, pembibitan, pembesaran bibit, pemberian makanan untuk cacing yang sedang diternak, dan lain lain. Cara ternak tersebut juga harus dibedakan dengan cara ternak cacing sutra.

Sponsors Link

  1. Pelajari cara peternak yang sudah berpengalaman.

Aktivitas ternak cacing sebenarnya sudah mulai dilakukan oleh banyak orang sejak dulu sehingga pada saat ini sudah banyak dari mereka yang memulai dulu untuk memutuskan berternak cacing sudah sukses. Bagi para pemula, mempelajari pengalaman yang dialami oleh peternak sukses harus dilakukan dan tidak boleh malu. Mempelajari cara budidaya cacing tambak dari pengalamnnya secara langsung akan lebih efektif memberikan hasil.

  1. Kendalikan hama

Meskipun cacing tanah seolah olah merupakan jenis hewan yang tidak mudah terkana hama namun nyatanya pengendalian hama masih saja tetap dimasukkan sebagai salah satu langkah untuk menghasilkan panen yang melimpah. Hama yang menyerang cacing tidak hanya berasal dari makanan yang ada namun juga dari berbagai macam hewan kecil disekitar. Pengendalian hama juga perlu dilakukan dan termasuk cara budidaya cacing dengan baglog jamur.

  1. Hasil panen yang dapat dijual

Bagi peternak cacing tanah tentu sudah banyak yang mengetahui bahwa proses ternak cacing tanah dapat menghasilkan berbagai macam jenis hasil panen yang bukan hanya cacing tanah itu sendiri. Beberapa hasil panen yang dapat menghasilkan diantaranya biomas, cacing tanah itu sendiri, bekas cacing dan bekas media yang digunakan. Setiap komoditi hasil panen tentu dapat dijual dengan harga yang menyesuaikan kondisi pasar itu sendiri.

Itulah beberapa cara sukses ternak cacing tanah yang dapat dilakukan terutama bagi pemula. Cara diatas merupakan penjelasan sederhana yang dapat dipelajari secara perlahan dan jangan takut untuk melakukan percobaan karena sebelum membuahkan hasil tentu membutuhkan usaha dan kerja keras.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 30th, July 2018 / 09:46 Oleh :
Kategori : Burung