Sponsors Link

13 Cara Ternak Entok Cepat Panen

Sponsors Link

Seiring banyaknya budidaya hewan yang menghasilkan keuntungan, salah satu yang tidak terlewatkan serta adalah ternak entok. Ada beberapa cara ternak Entok cepat panen seperti yang akan di jelaskan pada halaman kali ini.

ads

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara ternak entok, kita perlu terlebih dulu memahami tentang unggas tersebut.

Entok juga mempunyai nama sebutan lain yakni mentok untuk di beberapa daerah termasuk di jawa. Hewan yang satu ini merupakan spesies unggas yang pemasarannya cukup populer diseluruh wilayah indonesia.

Di kampung, entok sering di ternak entah untuk peliharaan atau sengaja untuk menjadi potensi tersendiri. Sebagian orang memanfaatkan ternak entok untuk mengisi waktu luang.

Akan tetapi, mengingat kembali akan kebutuhan hidup semakin besar, beberapa diantaranya memanfaatkan ternak entok sebagai peluang bisnis. Pasalnya entok menghasilkan uang cukup besar baik di pasarkan secara pedaging atau petelur.

Tidak sedikit rumah makan yang ada di Indonesia menyediakan kuliner lezat dari daging entok. Disisi lain, telurnya juga kaya akan gizi dan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Inilah alasan mengapa anda perlu ternak entok untuk dijual kembali maupun buat dikonsumsi sendiri.

Cara Ternak Entok Cepat Panen

  1. Menentukan Lokasi

Salah satu langkah sebelum memulai ternak entok adalah menentukan lokasi. Apakah tempat anda sudah cukup layak untuk budidaya entok atau belum. Lokasi ini nantinya di perlukan untuk lahan pembuatan kandang. Tanpa ada lokasi yang pas dan strategis, tentu saja akan sulit untuk merealisasikan keinginan anda tersebut. Biasanya lokasi yang di gunakan terletak di pekarangan rumah seperti di belakang rumah. (Baca Juga: Cara Ternak Entok di Belakang Rumah)

  1. Pembuatan Kandang

Setelah anda menentukan lokasi, berikutnya adalah mulai melakukan pembuatan kandang. Dalam langkah ini anda juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa cara dalam pembuatan kandang entok. Salah satunya adalah alat dan media yang di pakai. Sebaiknya gunakan bambu yang sudah umur tua dan keadaan tidak basah agar lebih awet. Jika ingin lebih awet lagi, anda bisa menggunakan kandang yang terbuat dari kawat. Akan tetapi lambat laun kawat bisa mengalami pengkaratan.

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit memang sangat penting dalam beternak entok. Sebelum kandang telah selesai di buat, anda tidak bisa terlebih dahulu membeli bibitnya. Pembelian bibit baru bisa di lakukan setelah anda benar-benar selesai menentukan area untuk entok nantinya. Dengan melihat luas kandang atau area yang anda miliki, tentukan kapasitas entok.

Jangan sampai entok yang anda beli melebihi ukuran kandang. Satu hal yang sangat penting, anda juga harus pandai dalam memilih bibit unggul berkualitas. Tentukan mana entok dengan kondisi sehat dan kenali ciri-cirinya. (Baca Juga: Cara Merawat Bibit Lele di Musim Hujan)

  1. Pemberian Pakan

Pakan adalah asupan pokok yang harus di konsumsi semua makhluk hidup, termasuk juga dengan entok. Ternak entok tentu harus menyiapkan segala sesuatunya termasuk pakan. Berikan pakan kesukaannya seperti ikan runcah, menir, eceng gondok, bekatul, dedak, keong, ampas tahu, nasi aking, atau lainnya minimal sehari dua kali.

Sponsors Link

  1. Asupan Nutrisi

Bukan hanya makanan pokok yang harus selalu ada, tetapi anda juga harus memberikan gizi yang seimbang bagi perkembangan entok agar cepat panen. Salah satu yang bisa di lakukan adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang bisa di dapatkan dari tepung ikan, jagung kuning, dedak/katul, Nasi aking, ampas tahu, minyak ikan, Roti bs/ sisa, tepung daun, Susu. (Baca Juga: Cara Pemberian Pakan Pada Bebek Petelur)

  1. Memperhatikan Porsi Pakan

Ternak entok yang baik agar cepat panen adalah dengan memperhatikan pakan yang di berikan untuk setiap usia. Pasalnya tidak semua usia entok bisa menerima pakan yang anda berikan.

  1. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah hal terpenting dalam beternak apa saja. Perhatikan betul kondisi lingkungan entok, usahakan selalu bersih dan terhindar dari kotoran menumpuk.

Meski pada dasarnya entok adalah hewan yang sering buang kotoran sembarangan atau berserakan di mana-mana, bukan menjadi alasan bagi anda untuk malas-malasan membersihkan kandang. Minimal bersihkan satu kali dalam sehari menjelang petang, disaat entok mulai kembali di kandang untuk istirahat. Dengan kondisi bersih, kesehatan entok terjaga dan tidak rentan sakit.

  1. Air Bersih

Sediakan air bersih untuk minum sang entok. Pastikan wadahnya higienis dan selalu tercuci meskipun nantinya mudah kotor. Air sangat bagus bagi perkembangan entok dibandingkan dengan pemberian minuman lain, meskipun mineral seperti susu juga banyak kandungan gizi. (Baca Juga: Cara Pencegahan Penyakit Pada Bebek)

  1. Rutin Memandikan Entok

Jangan merasa enggan untuk membersihkan diri entok. Salah satu yang membuat unggas terserang penyakit adalah bakteri atau virus yang melekat pada tubuhnya. Jika hal itu terjadi maka masa hidup entok tergantung pada kesembuhan penyakitnya. Tentu saja hal ini mengganggu perkembangan dan merugikan untuk budidaya anda.

  1. Vaksinasi

Entok memerlukan metode vaksinasi untuk tetap tumbuh sehat. Dengan langkah pemberian vaksinasi ini, Anda sudah memperhatikan tingkat kesehatan pada entok dan meri. Tujuan pemberian vaksin yakni untuk kekebalan sang entok dan anaknya yang di sebut meri. Vaksinasi sangat baik untuk kesehatannya, sehingga tidak perlu takut akan serangan virus atau bakteri. (Baca Juga: Cara Pemberian Vaksin Ayam Petelur)

  1. Memperhatikan Kapasitas

Memperhatikan kapasitas adalah mengalokasikan entok-entok dalam jumlah tertentu pada satu kandang. Jangan terlalu banyak menempatkan entok pada satu kandang saja, karena semua itu akan membuat entok merasa sesak dan tidak nyaman. Selain itu, entok juga mudah mengalami stres. Sebagai seorang yang sedang menjalankan ternak tersebut anda tentu tidak ingin melihat unggas anda seperti itu dan akhirnya nafsu makan berkurang.

Sponsors Link

  1. Perawatan

Langkah perawatan ini dilakukan dengan memberikan konsentrat starter. Hanya saja pemberian ini untuk entok usia 1 sampai dengan 2 minggu. Anda bisa mencampurkan konsentrat pada air minum entok. Disamping ini perlu di lakukan juga pemeriksaan ekor-ekor sehat. Apabila di temui ekor yang tidak sehat segera ambil dan pisahkan dari yang lain. (Baca Juga: Cara Perawatan Kucing Setelah Vaksin)

  1. Suntik Penisilin

Suntik penisilin di lakukan untuk menghindarkan entok terhadap penyakit kolera. Karena penyakit ini sangat serius, menular dan mematikan.

Inilah 13 Cara Ternak Entok Cepat Panen yang bisa anda terapkan sendiri pada hewan ternak Anda supaya bisa cepat mendapatkan keuntungan dari ekor-ekor entok yang sudah mencapai umur jual yang pas.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 27th, May 2018 / 02:37 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak