Sponsors Link

11 Cara Ternak Tokek

Sponsors Link

Tertarik memelihara atau penasaran mengenai cara ternak hewan tokek dari rumah Sobat? hewan tokek cocok jadi hewan peliharaan karena mudah dirawat. hewan tokek keuntungannya ialah tidak berisik, tidak berantakan,

ads

dan tidak memerlukan banyak perhatian dan ruang. Selain itu, hewan tokek kini juga banyak diburu sebab dipercaya mampu menjadi obat yang manjur untuk beragam penyakit, berikut 11 Cara Ternak Tokek selengkapnya.

1. Cari Bibit Tokek

Sobat bisa mendapatkan bibit tokek dengan berbagai cara, mulai dari membelinya di toko atau dengan mencarinya secara langsung. Untuk lebih mudahnya, sobat bisa membeli bibit tokek yang kini banyak dijual oleh peternak atau melalui online, sobat bisa menentukan atau memilih dari awal tokek jenis dan warna apa yang akan dibudidayakan. (Baca juga mengenai cara ternak rangrang kroto)

2. Persiapan Kandang

Setelah bibit hewan tokek telah didapatkan, selanjutnya siapkan area kandang. Area kandang untuk budidaya cara ternak hewan tokek ini biasanya adalah akuarium yang berukuran 20 hingga 30 galon. Untuk mencegah agar hewan (Baca juga mengenai cara ternak cacing tanah)

tokek tidak keluar atau melarikan diri dari akuarium maka bagian atas akuarium diberi jala atau jaring dengan mesh kecil. Selain dengan menggunakan akuarium sobat juga bisa menggunakan triplek untuk membuat area kandang cara ternak hewan tokek. (Baca juga mengenai cara ternak maggot)

3. Berikan Kandang Berbeda untuk Tiap Tokek yang Dipelihara

Cara ternak hewan tokek yang akan dibudidayakan dikelompokan dalam area kandang yang berbeda berdasarkan ukuran hewan tokek tersebut. Cara ternak hewan tokek betina sebenarnya bisa dijadikan dalam satu area kandang, namun sebaiknya untuk hewan tokek jantan di area kandangkan sendiri sendiri agar tidak terjadi persaingan yang membuat para hewan tokek jantan tersebut berkelahi dan saling membunuh. (Baca juga mengenai cara budidaya madu kelulut)

4. Kandang untuk Reproduksi

Cara ternak hewan tokek jantan dewasa sudah dapat dimasukkan dalam area kandang bersama dengan beberapa hewan tokek betina yang memiliki ukuran sama. Cara ternak hewan tokek betina yang memiliki ukuran kecil sebaiknya jangan bereproduksi terlebih dahulu karena akan berdampak buruk pada kesehatan hewan tokek betina tersebut. (Baca juga mengenai cara budidaya gurita)

Selain pakanan, faktor lain yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya cara ternak hewan tokek adalah lingkungan. Sobat harus mengkondisikan area kandang layaknya habitat cara ternak hewan tokek, dimana sepi dari manusia. Hal ini dilakukan untuk menghindari hewan tokek menjadi stress dan nafsu pakan berkurang.

Buatlah area kandang dari bambu dan kayu yang tertutup, hanya sedikit cahaya yang bisa masuk. Berikan sebatang bambu di dalamnya sebagai tempat sembunyi cara ternak hewan tokek. Taruh area kandang di tempat yang jarang dilewati orang.

Sponsors Link

Namun jika cara ternak hewan tokek sobat merupakan hasil ternak yang sudah terbiasa dengan manusia, sobat dapat menempatkannya di area kandang yang lebih terbuka. Suhu dalam area kandang juga sangatlah perlu dipantau setiap saat, suhu yang baik untuk budidaya cara ternak hewan tokek ini adalah 90°F (derajat fahrenheit).

5. Hindarkan Tokek dari Stres

Dalam area kandang jangan diberi lampu pijar karena hal tersebut dapat menyebabkan hewan tokek stress, tidak mau pakan, dan akhirnya hewan tokek tersebut akan mati. Jadi, kondisi gelap adalah kondisi terbaik bagi hewan tokek tapi jika ingin memberi lampu maka pasang lampu yang berwarna merah karena hewan tokek tidak dapat melihat warna merah.

ads

6. Pakan

Pakan merupakan hal terpenting dalam melakukan cara ternak hewan tokek ini agar asupan nutrisi hewan tokek terpenuhi. Sebainya pakan yang diberikan pada cara ternak hewan tokek adalah pakan berupa ulat, jangkrik, cacing ataupun anak tikus.

Hewan tokek adalah reptil predator, mereka bisa mepakan hewan tokek yang lebih kecil, cicak dan serangga kecil seperti nyamuk, jangkrik, belalang dll. Kebanyakan peternak hewan tokek mengunakan jangkrik sebagai pakanan utama, hal ini dikarenakan jangkrik cukup murah dan sangat mudah untuk didapatkan.

Banyak yang menyarankan memberikan pakanan cara ternak hewan tokek berupa bayi tikus yang masih merah, pakanan ini dipercaya memiliki banyak nutrisi dan dapat membantu hewan tokek agar cepat besar. Sobat juga dapat memberikan pakanan kucing pada cara ternak hewan tokek. Jangan menyentuh cara ternak hewan tokek langsung dengan tangan, selain demi keamanan sobat sendiri juga agar hewan tokek tidak mudah stress.

Cukup taruh pakanan dalam wadah. Perlu diperhatikan, jangan terlalu sering memberi pakanan enak dan mahal karena setelah itu hewan tokek akan manja dan pilih pilih pakanan (maunya pakan yang enak enak). Pakanan terbaik adalah yang mudah didapatkan dan tentu ekonomis.

7. Waktu Pemberian Pakan

Waktu pemberian pakanan cara ternak hewan tokek yang paling tepat adalah di malam hari dimana hewan tokek ini sedang aktif. Pemberian pakan bisa dilakukan 3x dalam semalam, sobat dapat memulainya di senja  selepas maghrib. Porsi sekali pakan yakni 3 jangkrik, supaya penyerapan nutrisinya berjalan maksimal. Jangan sampai telat memberi pakan. Untuk minum cukup air putih saja.

8. Minum dan Vitamin

Selain pakan beri juga minum, walaupun hewan tokek tidak membutuhkan minum dalam jumlah yang banyak namun setidaknya beri minum hewan tokek dalam seminggu diberi dua hingga tiga kali. Vitamin juga perlu diberikan pada cara ternak hewan tokek untuk membantu pembesaran hewan tokek.

9. Kelembaban Kandang

Hewan tokek juga dapat berganti kulit sama seperti halnya ular. Nah, pada saat pergantian kulit tersebut sebaiknya sobat selalu mengecek tingkat kelembaban area kandang cara ternak hewan tokek tersebut atau gunakan media kotak

stereoform. Pergantian kulit cara ternak hewan tokek tersebut harus sempurna walaupun itu hewan tokek rumahan. Terus lakukan perawatan, pengontrolah dan pengecekan pada cara ternak hewan tokek hingga hewan tokek dapat dijual.

Sponsors Link

10. Target Tokek yang Bisa Dijual

Banyak pembeli yang hanya mencari hewan tokek dengan panjang lebih dari 40 cm dan berat lebih dari 4 ons. Cara ternak hewan tokek dengan kriteria tersebut sulit untuk didapatkan jika tidak beri nutrisi yang cukup.

11. Agar Menghasilkan Tokek Berharga Mahal

Kunci agar bisa menghasilkan hewan tokek yang berharga mahal ialah pada ukuran tubuh dan warnanya, sobat harus bisa mengkreasikan dengan cara mengkawinkan hewan tokek yang berbeda warna atau jenis untuk menghasilkan warna baru sehingga memiliki harga jual yang mahal dan unik.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 27th, October 2018 / 00:26 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan