Sponsors Link

Ciri – Ciri Kucing Sehat yang Perlu Kamu Tahu

Sponsors Link

ads

Memiliki hewan peliharaan sekarang ini sudah menjadi hobi yang banyak dilakukan oleh setiap orang dari berbagai kalangan.

Salah satu hewan peliharaan yang banyak dimiliki sekarang ini adalah kucing.

Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan mampu menjadi penghibur bagi pemiliknya.

Dalam proses memelihara hewan ternak seperti kucing tersebut tentu harus ada upaya perawatan yang dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan kucing.

Kondisi kucing yang sehat dapat terlihat melalui beberapa ciri ciri fisik maupun psikis yang ditunjukan oleh kucing.

Berikut ini beberapa ciri ciri kucing sehat yang perlu dipahami oleh setiap pemilik kucing dan dapat menjadi patokan bahwa proses perawatan yang dilakukan sudah benar. (Baca juga : cara mengatasi luka bakar pada kucing)

  1. Bulu yang bersih dan tidak rontok

Hal pertama yang dapat menjadikan ciri ciri kucing sehat adalah ketika bulunya terlihat bersih dan tidak mengalami kerontokan.

Kucing yang sehat akan secara rutin membersihkan bagian bulunya sendiri. Kondisi bulu yang mengalami kerontokan dapat menjadi pertanda bahwa ada parasit atau jamur yang menginfeksi daerah permukaan kulit pada kucing. (Baca juga : cara menghilangkan stes pada kucing anggora)

  1. Mata, hidung, dan mulut yang tampak sehat. 

Kondisi lain yang juga dapat menandakan kucing dalam keadaan sehat adalah keadaan dimana mata, hidung, dan mulut kucing dalam kondisi yang sangat baik. Mata yang sehat akan terlihat cerah dan tidak ditemukan kotoran apapun.

Hidung yang sehat tak terlalu terlihat basah dan tak terlalu terlihat kering serta dalam kondisi yang bersih tanpa ada tanda tanda jamur. Mulut kucing yang sehat tidak akan mengeluarkan bau dan tidak terlalu banyak mengeluarkan liur yang tak terkontrol. (Baca juga : Penyebab kucing tidak mau makan)

  1. Telinga bersih

Kondisi bagian tubuh selanjutnya yang dapat menunjukan bawah kucing dalam kondisi yang sehat adalah terlinganya yang bersih.

Selain bersih, telinga kucing juga harus berfungsi dengan baik sehingga ketika kucing dipanggil maka keadaannya yang sehat akan segera dengan cepat memberikan respon pada panggilan tersebut. Kucing yang sehat juga tidak akan menggaruk garuk bagian terlinga maupun mengeleng gelengkan kepalanya sebagai tanda ada permasalah pada daerah telinga dan kepala. (Baca juga : dampak kucing tidak divaksin)

  1. Aktif dan lincah

Selain terlihat dari beberapa gejala fisik yang disebutkan diatas, ciri ciri kucing sehat juga akan diketahui dari pola perilakunya yang aktif dan lincah ketika diajak bermain.

Selain memiliki pola tingkah laku yang lincah, kucing sehat pastinya juga akan memiliki nafsu makan yang baik sehingga tubuhnya akan terlihat gemuk. Pup atau kotoran kucing juga akan menunjukan kondisi yang sehat yakni berwarna kucing kecoklatan.

  1. Gusi dan gigi yang sehat

Bagian tubuh lain yang juga dapat menunjukan bahwa kondisi kucing dalam keadaan yang baik tanpa adanya masalah kesehatan terlihat pada gusi dan gigi yang sehat. Gigi kucing harus terlihat putih tanpa adanya flek dan tentu kokoh atau kuat.

Gusi yang sehat ditunjukan dengan warna merah muda tanpa ditemukannya darah yang keluar dari gusi. (Baca juga : proses pertumbuhan pada kucing)

Itulah beberapa ciri ciri kucing sehat yang harus selalu diperhatikan oleh setiap pemilik kucing sehingga ketika ada masalah pada beberapa bagian tubuh tersebut dapat segera diatasi dan diobati dengan baik.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:17 Oleh :
Kategori : Kucing