Sponsors Link

8 Efek Bawang Putih Pada Anjing

Sponsors Link

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang di gunakan sebagai pelengkap masak. Bisa di katakan bahwa bawang putih adalah komponen penting dalam memasak. Tanpa adanya bawang, semua hidangan terasa ada yang masih kurang. Misalnya saja untuk hal kecil seperti membuat sambal, tentu saja anda memerlukan bawang. Memang rasanya sangat pahit atau getar jika hanya di makan begitu saja atau di goreng. Tetapi ketika sudah menyatu dengan masakan sangat berbeda sekali.

ads

Fakta menarik dari bawang putih, ternyata bukan hanya bisa menjadi pelengkap dari masakan. Akan tetapi bawang juga berguna bagi anjing dalam mengatasi berbagai gejala. Ternyata bawang putih mampu menjadi obat tradisional bagi anjing untuk hot spot. (Baca Juga: Cara Mengobati Anjing yang Terkena Virus Parvo)

Hal ini dikarenakan kandungan kimia di dalamnya mampu membersihkan hot spot dari dalam darah. Disamping itu semua bawang putih mampu menjadi antibiotik alami bagi anjing. Adapun untuk cara pemberiannya adalah sebagai berikut:

  • Ambilah satu siung bawang putih
  • Bagilah bawang putih tersebut menjadi potongan kecil mengingat bahwa satu siung bawang putih terdiri dari kumpulan beberapa potong yang bisa dipisah-pisah. Lalu untuk anjing besar silakan diberikan 2 potong dengan catatan jangan terlalu besar, sedangkan untuk anjing kecil cukup dengan 1 potong saja. Anda bisa menambah bila dirasa kurang takarannya dan semua tergantung dari parahnya hot spot.
  • Iris tipis-tipis terlebih dahulu, pemberian ini dapat di masukkan ke dalam makanannya. Apabila anjing anda tidak bisa, maka anda bisa membantunya alias di cekoki. Satu hal lagi berikanlah bawang putih ini setelah makan. Karena jika anda memberikannya sebelum makan pasti akan menyebabkan perutnya terasa panas.

Bawang putih bisa menimbulkan beberapa efek, dan berikut ini akan di sampaikan tentang Efek Bawang Putih pada Anjing:

Efek Bawang Putih Pada Anjing

  1. Panas

Untuk efek pertama yang ditimbulkan yakni Anjing akan mengalami panas pada perutnya. Bisa jadi karena hal ini diberikan sebelum si anjing makan. Akan tetapi panas pada perut bisa juga memang menjadi bagian dari efek pemberian bawang putih.

Tunggulah beberapa saat, kalau memang nantinya kondisi badan Anjing kembali pulih maka anda tidak perlu khawatir. Sedangkan jika hal ini akan terjadi secara lama sebaiknya periksakan kondisi anjing anda kepada orang yang lebih berpengalaman alias Dokter. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Anjing)

  1. Cenderung Diam

Bawang putih di gunakan sebagai penghilang hot spot. Jika anda memberikannya pada anjing kesayangan anda, jangan khawatir jika menemui si anjing akan cenderung diam. Ini sebagai bentuk komunikasi anjing yang merasa tenang setelah melalui tahap pengobatan.

  1. Nafsu Makan Bertambah

Biasanya nafsu makan anjing akan bertambah ketika di berikan bawang putih untuk mengobati hot spotnya. Ini menjadi efek paling bagus untuk si anjing, sehingga anda pun bisa berkesempatan memberikan pakan lebih banyak dan biarkan anjing yang memakannya sendiri.

Sponsors Link

  1. Pusing

Biasanya efek dari pemberian bawang adalah pusing. Akan tetapi ini adalah hal yang cukup wajar. Seperti yang anda ketahui bagaimana aroma dari bawang putih. Memang pada dasarnya memang sangat enak jika di cium oleh manusia. Tetapi berbeda bagi anjing yang mungkin merasa aneh. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Bulu Anjing)

  1. Mual

Anjing mungkin saja akan mengalami rasa mual hingga muntah. Bisa jadi hal ini karena aroma dari bawang putih yang membuat si anjing merasa tak nyaman. Tetapi hal ini terjadi jika bawang putih di oleskan pada tubuhnya, namun jika di berikan pada anjing sebagai makanan maka akan berbeda lagi karena aroma Bawang Putih berada di mulutnya langsung, bukan di badannya.

  1. Sakit Perut

Ketika setelah mengkonsumsi bawang putih dan mengalami sakit perut, maka jangan panik terlebih dahulu sebab penyakit ini bukan seperti sakit perut yang sebenarnya melainkan hanya ingin membuang kotoran. Akan tetapi sakit pada perut ini lebih kepada rasa nyeri saja, dan biasanya akan berlangsung sesaat. Namun jika hal ini terjadi secara lama maka anda harus melakukan tindakan yang tepat.

  1. Mengantuk

Mengantuk mungkin saja akan di rasakan bagi anjing yang telah di berikan bawang putih. Memang beberapa anjing akan merasa ngantuk seperti yang di perlihatkan yakni diam, lemas, dan ujung-ujungnya akan mudah tertidur. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Gemetar Pada Anjing)

Sponsors Link

  1. Mata Sayu

Seperti yang sudah di sebutkan pada point di atas, mengantuk menjadi bagian dari dari efek anjing setelah di berikan bawang putih. Nah, bagian yang tak terlewatkan membuat mata anjing terlihat lebih sayu. Mata sayu membuat si anjing terlihat seperti tak merespon. Akan tetapi ini adalah hal yang wajar selama kondisinya baik-baik saja.

Beberapa efek di atas nantinya akan terjadi pada sang Anjing setelah Anda memberikan bawang putih. Meskipun tidak semua anjing akan mengalami gejala yang sama. Namun jika hal ini membuat anda merasa khawatir sebaiknya hentikan pemberian bawang putih dan tanyakan pada dokter. Demikian artikel tentang Efek Bawang Putih pada Anjing yang bisa anda perhatikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, September 2018 / 04:28 Oleh :
Kategori : Anjing